Jelaskan Pengertian Pemanasan Global Warming dan Penyebabnya

 

Saat mengerjakan ujian, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pertanyaan jelaskan pengertian pemanasan global warming. Lantas, sebenarnya apa itu global warming. Agar lebih jelas dan dapat menurunkan potensi pemanasan global, maka pahami pengertiannya terlebih dahulu.

Jelaskan Pengertian Pemanasan Global Warming

Pemanasan global atau global warming merupakan salah satu bentuk ketidakseimbangan ekosistem yang ada di bumi. Hal ini umumnya terjadi akibat adanya proses peningkatan suhu rata-rata di atmosfer, daratan, maupun laut. Tidak heran jika dapat menimbulkan bahaya tersendiri.

Terlebih, keberadaan pemanasan global tersebut dapat terjadi karena beberapa penyebab. Tentu sangat penting untuk segera menghindari penyebab tersebut seefektif mungkin agar bumi lebih mudah terhindar dari global warming.

Keberadaan global warming sendiri ditandai dengan adanya kenaikan suhu baik pada atmosfer, daratan, maupun lautan. Terlebih, rata-rata suhu global pada permukaan bumi semakin naik dari waktu ke waktu sehingga pemanasan global juga bisa jadi masalah tersendiri bagi manusia.

Apa Saja Penyebab Pemanasan Global?

Anda tentu semakin penasaran sebenarnya apa saja hal yang dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global. Hal ini tentu akan menjadikan bumi tampak lebih panas karena mengalami kenaikan suhu. Oleh sebab itu, pastikan mencari tahu apa saja penyebab tersebut. Di bawah ini diantaranya:

  • Pembakaran Hutan

Seperti yang Anda ketahui, penebangan hutan sekarang ini tentu sudah terjadi di berbagai belahan dunia. Tujuannya tidak lain hanyalah untuk memenuhi kepentingan secara komersil. Seperti produksi kayu untuk mebel dan kertas, hingga membuka lahan peternakan, pertanian, maupun industri.

Pada proses pembukaan lahan sendiri umumnya tidak hanya dengan menebang pohon-pohon yang ada di hutan saja. Akan tetapi, tidak segan pula untuk melakukan pembakaran agar dapat lebih cepat dalam menggunduli hutan tersebut. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan kenaikan suhu rata-rata di daerah tersebut.

  • Emisi Gas Bahan Bakar

Pada emisi gas buangan kendaraan bermotor ternyata juga menjadi salah satu penyebab adanya pemanasan global. Gas tersebut juga lama kelamaan akan merusak kualitas udara, air, maupun tanah di bumi. Terlebih, sekarang ini sudah lebih dari 90% transportasi digunakan.

Baik itu yang ada di darat, udara, maupun laut. Adapun bahan bakar yang digunakan berupa petroleum yakni diesel ataupun bensin. Nantinya, asap knalpot kendaraan bermotor disini dapat menyebabkan munculnya kandungan karbon dioksida sekaligus polutan lainnya Tidak heran jika kenaikan suhu di bumi terjadi.

  • Limbah Industri

Penyebab lainnya adalah gas limbah dari industri rumah tangga. Hal ini juga akan menjadi penyebab pemanasan global yang cukup besar selain dari gas kendaraan bermotor. Hal ini juga menjadi penyebab awal adanya global warming. Terlebih, hal tersebut sudah terjadi sejak pertengahan abad yang ke-19.

Kemudian terjadi revolusi industri di Amerika Serikat serta beberapa negara lainnya. Industri yang cukup besar menyumbang global warming sendiri seperti industri plastik dan industri kertas. Tidak heran jika keberadaan suhu bumi cukup meningkat dari sebelumnya.

  • Efek Rumah Kaca

Perlu Anda ketahui, bahwa karbon dioksida yang dihasilkan oleh kegiatan bumi dapat menyebabkan seperti kaca yang menutup permukaan bumi. Terlebih jika kadarnya sudah terlanjur berlebihan. Umumnya hal ini terjadi akibat adanya pernapasan maupun hasil pembakaran bahan bakar.

Tidak hanya unsur tersebut saja, sulfur dioksida maupun metana juga dapat menyelubungi lapisan bumi. Seperti sifat sebuah kaca, gas-gas yang melapisi tersebut dapat memantulkan infrared matahari. Padahal seharusnya dikembalikan ke arah angkasa. Tidak heran jika bumi semakin panas suhunya.

Itu tadi informasi mengenai jelaskan pengertian pemanasan global warming yang dapat Anda ketahui. Seiring dengan banyaknya penyebab pemanasan ini, maka tentu saja perlu mengimbanginya agar suhu udara di dalam bumi dapat berkurang panasnya.

Leave a Comment