Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Unsur-unsurnya

Saat membuat karya seni rupa dua dimensi, Anda tentu sudah sering menemukannya pada kehidupan sehari-hari. Sayangnya, masih ada banyak orang belum mengetahui tentang pengertian seni rupa 2 dimensi. Seni ini sendiri dapat dilihat oleh inda penglihatan serta dirasakan oleh indra peraba.

Mengenal Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Perlu Anda ketahui, bahwa seni rupa dua dimensi merupakan karya sendiri yang mempunyai dua ukuran/sisi. Hal ini berarti pada karya tersebut hanya memiliki ukuran panjang dan lebarnya saja. Keberadaannya juga tidak memiliki ruang pasalnya tidak mempunyai ketinggian ataupun ketebalan.

Saat ini sendiri seni rupa tersebut terdiri dari beberapa unsur pembentuk. Kemudian akan diolah kembali oleh para desainer yang ingin berkarya. Jika melihat di sekitar sendiri ada banyak contoh dari seni tersebut. Misalnya saja poster, batik, ilustrasi, seni grafis, lukisan, dan masih banyak lagi lainnya.

Unsur-unsur Pembentuk Seni Rupa 2 Dimensi

Sebelum disebut sebagai seni rupa dua dimensi, tentu saja perlu memenuhi beberapa unsurnya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, pastikan setiap unsur tersebut apabila ingin membuatnya. Agar lebih jelas, di bawah ini beberapa diantaranya:

  • Garis

Garis adalah kumpulan dari titik-titik dan dapat terbentuk lewat tarikan satu titik ke titik lainnya. Anda juga dapat membentuknya lewat goresan. Adapun contoh dari garis tersebut adalah melengkung, tebal, pendek, panjang, tipis, berombak, lurus, maupun patah-patah.

  • Titik

Titik merupakan salah satu unsur pada seni rupa yang terbilang paling fundamental. Nantinya, jika terdapat kumpulan titik-titik maka akan membentuk sebuah garis. Garis sendiri juga termasuk unsur dari seni tersebut. Kemudian jika titik dikumpulkan dengan warna berbeda, maka akan memberikan kesan 2 dimensi yang berbeda.

  • Bentuk

Bentuk adalah gabungan dari beberapa unsur bidang. Jika diartikan secara bahasa, maka bangun merupakan bentuk benda yang terlihat oleh mata kepala seseorang. Contohnya sendiri dapat dengan mudah ditemukan pada kehidupan sehari-hari setiap orang. Seperti bulat, persegi, atau tidak teratur.

  • Bidang

Perlu Anda pahami, bahwa bidang merupakan kumpulan beberapa garis yang nantinya akan membentuk bangun datar. Bidang yang dikumpulkan sendiri akan menghasilkan sebuah ruang. Hal ini juga lebih dikenal dengan sebutan dimensi. Contohnya saja panjang dan juga lebar.

  • Warna

Warna merupakan salah satu unsur paling penting apabila Anda ingin membuat karya seni. Hal ini tidak lain karena dengan adanya warna dapat memberikan rasa sekaligus pesan pada sebuah karya agar dapat disampaikan kepada penikmatnya. Yakni lewat gambaran kenyataan karya itu sendiri.

Sekarang ini sendiri keberadaan warna terbagi menjadi lima jenis. Mulai dari warna primer seperti merah, biru kuning, warna sekunder atau campuran, tersier, komplementer, hingga analogus.

  • Ruang

Merupakan salah satu unsur karya seni dua dimensi yang masih berhubungan dengan gelap dan terang. Dengan adanya kesan gelap dan terang, maka akan memberikan kedalaman tersendiri yang sifatnya semu. Hal ini tercipta akibat ilusi mata seseorang. Contohnya gelap dan terang pada sebuah lukisan akan menimbulkan kesan menjorok, menjauh, atau cembung.

  • Gelap dan Terang

Pahami dahulu bahwa keberadaan gelap dan terang dapat terjadi akibat adanya perbedaan intensitas cahaya saat jatuh ke permukaan bumi. Kedua unsur tersebut umumnya akan memberikan kesan serta kedalaman tersendiri pada sebuah karya seni yang dihasilkan.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai pengertian seni rupa 2 dimensi. Apabila Anda ingin membuatnya, maka pastikan memahami terlebih dahulu apa saja unsur-unsurnya sehingga dapat menciptakan sebuah karya yang berkualitas.

Leave a Comment