Jelaskan Pengertian Interaksi Sosial dan Syarat Terjadinya

 

Setiap orang tentu tidak dapat terlepas dari adanya interaksi sosial. Sebelum memahaminya lebih lanjut, maka pastikan mengetahui dahulu pembahasan mengenai jelaskan pengertian interaksi sosial. Terlebih setiap manusia tentu tidak luput sebagai makhluk sosial yang memerlukan bantuan satu dengan lainnya.

Jelaskan Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial berasal dari kata interaksi. Adapun artinya tindakan secara dua orang ataupun lebih dengan reaksi dan akan memberikan timbal balik. Baik itu  lewat kontak langsung ataupun secara tidak langsung. Sedangkan sosial artinya saling bekerja sama atau berkesinambungan.

Dengan begitu mirip seperti makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri karena memerlukan orang lain. Arti interaksi sosial jika digabungkan adalah hubungan timbal balik antara individu dan kelompok dengan tujuan menjalin pertemanan, kerjasama, diskusi atau yang lainnya.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Setelah mengetahui pengertiannya, maka penting bagi Anda untuk memahami apa saja syarat terjadinya interaksi sosial. Terlebih, setiap manusia tentu tidak lepas dari adanya kegiatan interaksi tersebut sehari-harinya. D bawah ini beberapa syarat tersebut selengkapnya:

  • Kontak Sosial

Kontak sosial tidak hanya interaksi yang terjalin lewat tatap muka saja. Akan tetapi juga dapat melakukan kontak tanpa bertemu secara langsung. Contohnya lewat informasi seperti telepon, radio, surat elektronik, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut termasuk sebagai interaksi sosial.

Terutama yang berkembang seiring kemajuan zaman. Tidak heran jika sekarang ini ada banyak jenis kontak sosial di masyarakat. Seperti secara langsung dengan bertatap muka dan secara tidak langsung dengan menggunakan media.

  • Komunikasi

Pada proses interaksi sosial, komunikasi adalah hal yang sangat penting dilakukan. Agar nantinya dapat saling mengungkapkan perilakunya. Baik itu dengan cara berbicara, gestur, sikap, dan lain sebagainya dengan tujuan menyampaikan pesan. Dalam komunikasi sendiri terdapat beberapa unsur pokok.

Seperti komunikator, komunikan, pesan, media, dan masih banyak lagi lainnya. Komunikasi yang terjalin antar satu individu dengan individu lainnya tersebut dikenal dengan sebutan komunikasi interpersonal dengan banyak teori di dalamnya.

Beberapa Jenis Interaksi Sosial di Masyarakat

Tahukah Anda, bahwa ada banyak jenis interaksi sosial yang hingga sampai saat ini terjadi di tengah-tengah masyarakat. Membuat kebanyakan orang mudah dalam menjumpainya. Agar lebih jelas, simak beberapa jenis selengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

  • Interaksi Sosial Kelompok dengan Kelompok

Interaksi yang satu ini terjadi antara kelompok dengan kelompok. Yakni sebuah pertemuan antara dua kelompok atau lebih dengan kelompok yang berbeda. Adapun tujuannya adalah untuk membicarakan tentang hal pribadi namun demi kepentingan kelompok ini sendiri.

Untuk komunikasi antar kelompok tersebut umumnya akan menghasilkan pro maupun kontra. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tetap berhati-hati. Pasalnya setiap pendapat seseorang dapat saja menyerang kelompok lainnya tanpa disengaja sekalipun.

  • Interaksi Sosial Individu dengan Individu

Merupakan pertemuan antara satu orang dengan orang lainnya. Adapun tujuannya adalah memberikan respon atau aksi agar menjadi teman serta mengarah pada bekerja sama dengan reaksi positif. Apabila reaksinya negatif, maka bisa saja memicu pertentangan ataupun konflik.

Saat ini sendiri tentu ada banyak contoh dari interaksi sosia seperti ini. Contohnya saja seperti saat bertemu dan saling menyapa, memberi informasi, bertanya, dan lain sebagainya. Terjadi pula sajat mengajak orang lain bermain bersama, atau seorang guru yang mengajar les muridnya.

  • Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok

Termasuk sebagai salah satu jenis interaksi sosial yang terjadi antar individu dan kelompok dengan jumlah lebih dari 3 orang. Umumnya interaksi ini akan memberikan informasi baik itu berupa seminar, promosi, atau hal lainnya sesuai dengan kepentingan masing-masing.

Tidak hanya itu saja, umumnya proses interaksi sosial ini akan disampaikan oleh beberapa orang saja. Selanjutnya, informasi yang disampaikan tersebut akan didengarkan oleh banyak orang atau sekelompok orang. Contohnya menyampaikan informasi ke komunitas atau kegiatan seminar.

Itu tadi pembahasan tentang jelaskan pengertian interaksi sosial yang dapat Anda ketahui. Sekarang ini siapa saja dapat melakukan hal tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Akan tetapi, kebanyakan orang lebih menerapkannya lewat smartphone agar dapat terhubung ke banyak orang.

Leave a Comment