Jelaskan Pengertian Kebugaran Jasmani dan Manfaatnya Lengkap

 

Kebugaran jasmani termasuk sebuah kebutuhan yang perlu Anda penuhi. Tujuannya adalah agar tubuh dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik dan sehat. Sebelum itu, pastikan memahami dahulu tentang jelaskan pengertian kebugaran jasmani dan manfaatnya lebih lanjut.

Jelaskan Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah sebuah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas setiap harinya tanpa adanya kelelahan. Dengan begitu, hal tersebut berhubungan juga dengan kemampuan seseorang dalam menjaga tubuh mereka. Agar dapat terhindar dari kelelahan, penyakit, ataupun stres berlebihan.

Jika semakin baik kebugaran jasmani dari tubuh seseorang, maka tentu saja semakin baik pula kemampuannya dalam mengatasi aktivitas sehari-hari. Dari situ, dapat dikatakan bahwa kebugaran jasmani termasuk salah satu faktor penentu kesehatan serta ketahanan tubuh seseorang.

Contohnya seperti lebih banyak berolahraga agar tubuh lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk memperbaiki pola hidup dengan lebih sering melakukan kegiatan fisik sekaligus olahraga agar ketahanan tubuh semakin terjaga.

 Berbagai Manfaat Kebugaran Jasmani

Tahukah Anda, bahwa kebugaran jasmani memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Pasalnya, untuk menjaga kebugaran tersebut seseorang tentu akan lebih banyak latihan dan berolahraga sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Di bawah ini berbagai manfaat selengkapnya:

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Saat Anda menjaga kebugaran jasmani, maka dapat membantu memperkuat tulang. Hal ini tidak lain karena seseorang yang selalu aktif berolahraga akan mempunyai kepadatan tulang lebih bagus daripada orang yang tidak pernah  atau jarang berolahraga.

Selain itu, aktivitas olahraga juga dapat mencegah penyakit osteoporosis. Terutama pada seseorang yang masih berumur 20-30 tahun. Aktivitas olahraga juga dapat Anda lakukan dengan berbagai kegiatan. Seperti angkat beban, naik turun tangga, berlari, dan masih banyak lagi.

  • Mengontrol Kadar Gula Darah

Tidak banyak orang mengetahui, bahwa kegiatan kebugaran jasmani juga dapat Anda manfaatkan untuk membantu mengontrol kadar gula di dalam darah seseorang. Kadar gula sendiri mengandung energi. Apabila Anda berolahraga, maka dapat menjadikan kadar gula darah menjadi berkurang.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk berolahraga secara rutin. Hal ini dilakukan agar nantinya kadar gula di dalam darah jauh lebih stabil. Cara ini juga akan membantu seseorang agar terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan gula darah seperti diabetes.

  • Menjaga Berat Badan

Ketika seseorang berolahraga atau melakukan kegiatan kebugaran jasmani lainnya, maka tentu saja dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh. Dengan begitu, tentu saja semakin efektif dalam menjaga berat badan. Dapat pula menurunkan berat badan jika sebelumnya berlebihan.

Akan tetapi, selama melakukan olahraga tersebut sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga asupan kalori agar tidak kekurangan karena terus terbakar. Oleh sebab itu, pastikan tetap menjaga pola makan yang sehat serta tidak berlebihan.

  • Membantu Mengurangi Stres

Kegiatan kebugaran jasmani juga dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi tingkat stres maupun depresi. Seperti olahraga yang mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Tentu saja sangat efektif untuk menurunkan stres di keesokan harinya agar lebih rileks.

Selain itu, aktivitas olahraga juga dapat membantu menurunkan kadar serotonin di dalam darah. Adapun manfaatnya adalah mengurangi depresi bagi seseorang. Tidak heran jika mereka yang selalu rutin dalam berolahraga memiliki kesehatan mental yang jauh lebih baik.

Itu tadi beberapa ulasan mengenai jelaskan pengertian kebugaran jasmani. Setelah mengetahuinya, tentu saja Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk menerapkannya. Cara ini juga akan membantu seseorang lebih rajin berolahraga sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Leave a Comment