Jenis Usaha Manusia dalam Memenuhi Kebutuhannya
Ide Bisnis

Jelaskan Empat Jenis Usaha Manusia dalam Memenuhi Kebutuhannya di Indonesia

Jawaban atas pertanyaan jelaskan jenis usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya di Indonesia sangatlah beragam. Setiap orang pasti memiliki keinginan yang tidak ada habisnya. Namun keinginan tersebut tidak selalu dapat terpenuhi.

Jadi manusia harus bijak dalam memenuhi keinginannya di mana mereka harus memprioritaskan pemenuhan kebutuhan untuk kelangsungan hidup. 

Kebutuhan manusia sangat beragam mulai dari makanan, tempat tinggal, pakaian, kesehatan, dan kebutuhan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia mempunyai dua posisi yaitu manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi. 

Sebagai makhluk sosial, manusia harus berhubungan dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Sementara itu sebagai makhluk ekonomi, manusia harus memperhatikan prinsip dan motif ekonomi. 

Seorang ahli bidang humanisme, Abraham Maslow, mencetuskan teori tentang hierarki kebutuhan manusia yang terbagi menjadi 5 kategori. Kebutuhan paling dasar adalah kebutuhan fisiologis. Sebelum memenuhi kebutuhan lainnya, kebutuhan fisiologis harus dipenuhi terlebih dahulu. Contoh kebutuhan fisiologis adalah makan dan minum. 

4 Jenis Usaha Manusia dalam Memenuhi Kebutuhannya di Indonesia

Empat Jenis Usaha Yang dibutuhkan Manusia

Untuk memenuhi kebutuhannya baik primer, sekunder, maupun tersier, manusia harus bekerja. Terdapat berbagai macam pekerjaan yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah empat di antaranya yang paling banyak dilakukan di Indonesia. 

Bertani 

Sebagai negara agraris, sebagian besar masyarakat Indonesia memilih bertani sebagai mata pencaharian. Iklim tropis dan tanah subur adalah dua faktor utama yang menjadikan lahan di Indonesia cocok untuk pertanian.

Tak heran jika masyarakat terutama yang tinggal di pedesaan mengandalkan sektor pertanian untuk mendapatkan keuntungan. 

Bekerja dalam bidang pertanian mempunyai arti yang sangat luas. Banyak orang berpikir bahwa bertani berarti menanam padi atau tanaman lainnya. Padahal tugas petani tak hanya menanam padi.

Di bidang ini banyak jenis pekerjaan seperti mechanic, product designer, biochemist, food innovator, dan sebagainya. 

Setiap pekerjaan di bidang pertanian memiliki tantangan tersendiri. Sebagi petani di lapangan misalnya, tantangan paling besar adalah bagaimana agar tanaman dapat sukses dipanen. Kegagalan panen dapat terjadi karena faktor alam, serangan hama, dan kesalahan teknik bercocok tanam. 

Faktor alam seperti banjir dan kekeringan merupakan faktor di luar kendali namun masih dapat diantisipasi. Sementara itu untuk mencegah serangan hama, banyak metode yang dapat dilakukan seperti penyemprotan pestisida dan memperhatikan musim tanam. Poinnya adalah agar berhasil dalam bertani, petani harus memperhatikan banyak hal. 

Nelayan

Selain dikenal sebagai negara agraris, Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim atau kelautan. 70 persen wilayah Indonesia adalah laut. Luasnya laut Indonesia memberi banyak peluang bagi masyarakat untuk bekerja di sektor ini. Sama halnya dengan pertanian, di sektor kelautan, terdapat berbagai jenis pekerjaan. 

Menjadi nelayan adalah salah satu pilihan. Indonesia kaya akan hasil laut. Nelayan menangkap ikan dan menjualnya ke TPI (tempat pelelangan ikan), pengumpul ikan, dan  tengkulak. Terdapat ribuan jenis ikan yang hidup di laut Indonesia dan di antaranya memiliki nilai yang sangat tinggi seperti teripang, lobster, kerapu, dan tuna sirip kuning.

Selain ikan, potensi kekayaan laut Indonesia dapat berupa garam, rumput laut, dan terumbu karang. Semua sumber daya ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan tindakan ekonomi. Misalnya mereka bisa menjadi petani garam, petani rumput laut, atau spesialis konservasi terumbu karang. 

Menjadi nelayan bukanlah satu-satunya pekerjaan di bidang kelautan. Masih banyak jenis pekerjaan lainnya. Di bidang transportasi laut, misalnya, manusia dapat berkerja sebagai nahkoda dan anak buah kapal. Pekerjaan ini cocok bagi orang yang menyukai berkerja di laut lepas.

Sama halnya dengan profesi lain, bekerja di laut mempunyai tantang tersendiri. Tantangan paling besar adalah menghadapi cuaca buruk seperti badai dan gelombang tinggi. Karena itulah nelayan, anak buah kapal, dan siapapun yang bekerja di laut harus mempunyai kemampuan membaca cuaca dan melindungi diri dari cuaca yang tidak terduga.

Berdagang

Kegiatan berdagang sudah dilakukan manusia sejak zaman dahulu kala. Dulu manusia berdagang dengan cara barter atau menukar barang bernilai sama. Ketika sudah mengenal mata uang, manusia mulai berdagang dengan cara  jual beli.

Berbeda dengan bertani atau melaut yang hanya terjadi di daerah yang mempunyai lahan pertanian atau laut, perdagangan terjadi di semua daerah. 

Bahkan saat ini banyak masyarakat mencoba berdagang atau berjualan online. Berkembang pesatnya teknologi semakin memudahkan masyarakat untuk jual beli. Siapapun dapat mencoba berjualan online. Bahkan sekarang banyak pelajar dan ibu rumah tangga yang mendapat penghasilan tambahan dari berjualan online. 

Produk yang diperdagangkan dapat berupa barang dan jasa. Berdagang atau berjualan adalah usaha paling mudah yang bisa dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini karena berjualan tidak memerlukan latar belakang pendidikan tinggi.

Tetapi bukan berarti kesuksesan berdagang datang dengan sendirinya. Apapun pekerjaannya, butuh usaha untuk sukses.

Agar sukses berdagang, penjual harus punya tekad kuat. Faktor lain penentu keberhasilan berdagang adalah modal yang cukup, pemasaran efektif, kemampuan membaca pasar, kreativitas tinggi, dan networking yang luas. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, penjual akan mendapat keuntungan yang besar. 

Bekerja di bidang pariwisata

Sektor pariwisata adalah salah satu penyumbang devisa negara terbesar di Indonesia. Seperti diketahui, alam Indonesia sangat indah. Keindahan alam Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun asing.

Banyak wisata alam Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara seperti Bali, Raja Ampat, Tanah Toraja, Kapuas Hulu, dan masih banyak lagi. 

Wisata alam bukanlah satu-satunya jenis pariwisata di Indonesia. Selain wisata alam yang menampilkan pesona kecantikan alam Indonesia, masih banyak jenis pariwisata lain seperti wisata religi, wisata budaya, wisata olahraga, dan wisata industri. 

Empat Jenis Usaha Manusia

Kunci utama penentu suksesnya pariwisata Indonesia dalah SDM yang unggul. Terdapat banyak sekali peluang pekerjaan di bidang pariwisata mulai dari tour guide hingga pengelola tempat wisata.

Adapun aspek-aspek yang tercakup di industri pariwisata antara lain restoran, penginapan, penerbangan, biro perjalanan, dan masih banyak lagi. Banyaknya aspek-aspek di industri pariwisata ini membuka peluang emas bagi para pencari kerja. 

Saat ini pekerjaan yang sedang populer adalah menjadi travel blogger. Siapapun bisa melakukan pekerjaan ini. Tidak perlu latar belakang pendidikan tinggi untuk menjadi travel blogger profesional. Tetapi ada beberapa skill yang harus dikuasai.

Travel blogger harus memiliki kemampuan menulis di plaform blog, kemampuan membuat konten menarik berupa cerita, foto, dan video, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. 

Demikianlah penjelasan tentang empat jenis manusia dalam memenuhi kebutuhannya di Indonesia. Intinya adalah manusia mempunyai kebutuhan yang beragam. Untuk memenuhi kebutuhannya, terutama kebutuhan dasar (fisiologis), mereka harus melakukan tindakan ekonomi yaitu dengan bekerja.

Di Indonesia, sektor pertanian, perdagangan, kelautan, dan pariwisata menawarkan masyarakat beberapa opsi untuk bekerja sebagai usaha memenuhi kebutuhan.

Baca Juga:   Ide dan Tips Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − three =