Cara Mengatasi Desktop Windows 11/10 Freeze, Cek Penyebabnya Di sini!

Bagaimana cara mengatasi desktop Windows 11/10 freeze? kamu mungkin belum pernah mengalami masalah tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kendala ini akan mengintai jika perangkat tidak dirawat dengan benar. Seseorang yang menggunakan laptop atau PC sembarangan, biasanya akan mengalami masalah tersebut.

Laptop merupakan salah satu benda elektronik yang membutuhkan perawatan khusus lho. Jika kamu tidak bisa melakukannya sebagaimana mestinya, risiko seperti kerusakan sedang hingga serius akan terjadi pada perangkat tersebut. Jangan heran kalau kamu bisa menghabiskan budget cukup banyak, tergantung tingkat kerusakannya juga.

Meski begitu, kalau laptop kamu mengalami kendala tertentu seperti freeze, ternyata masalah ini dapat diatasi oleh diri kamu sendiri, alias tidak perlu dibawa ke tukang service terlebih dulu. kamu pun harus tahu penyebab desktop Windows 11/10 mengalami freeze yang akan dibahas pada artikel ini.

Penyebab Desktop Windows 11/10 Freeze

Jika kamu masih belum tahu mengapa laptop kesayangan hampir sering hang alias freeze, kondisi ini biasanya disebabkan oleh hal-hal tertentu yang terkadang masih dianggap sepele. Maka dari itu, sebelum terjadi kerusakan serius sebaiknya kamu mengetahui berbagai macam penyebabnya di bawah ini:

Spesifikasi Rendah

Penyebab yang mengakibatkan laptop sering mengalami freeze dan hang adalah spesifikasi perangkat sangat rendah. Tak bisa dimungkiri banyak orang sering memaksakan diri untuk menggunakan laptop melampaui batas kapasitasnya.

Baca Juga:  Cara flash bios motherboard MSI Intel LGA 1700

Misalnya, kamu akan memasang program Windows 10 untuk laptop dengan RAM 2 GB. Walaupun programnya dapat berjalan tapi tetap saja tidak sesuai yang direkomendasikan. Hal ini dikarenakan laptop harus punya RAM minimum 4 GB.

Overheating

Masalah ini pun disebabkan oleh penggunaan perangkat dalam jangka waktu yang lama, bahkan terus menerus. Jangan heran kalau kebiasaan ini masih dilakukan, laptop akan mengalami kenaikan suhu yang membuat kinerjanya cepat error berujung kerusakan.

Sistem Bermasalah

Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan laptop mengalami freeze adalah file sistem perangkatnya bermasalah. Jika kamu ingin menyelesaikan masalah ini, sebaiknya jalankan perintah DISM dan SFC.

Driver Rusak

Jika driver bermasalah, jangan heran kalau beberapa komponen akan mengalami hal yang sama. Pasalnya, driver berfungsi sebagai bagian yang menyambungkan antar sistem dengan program aplikasi pada laptop.

Terlalu Multitasking

Kalau laptop kamu sering menjalankan beberapa aplikasi atau program dalam waktu yang sama, biasanya masalah pada bagian CPU dan RAM kerap terjadi lho. Apalagi kalau kamu menggunakannya untuk edit foto atau video secara bersamaan, sangat tidak dianjurkan.

Ada Bugs pada Program

Kalau kamu merasa laptop sering freeze atau hang saat mengakses aplikasi tertentu, kemungkinan besar ada bugs pada program tersebut. kamu harus memperbarui aplikasinya untuk mengatasi masalah tersebut.

Malware atau Virus

Penyebab terakhir yang mengakibatkan laptop mengalami freeze adalah adanya malware atau virus di dalamnya. kamu akan melihat perangkat mendadak lemot, bahkan tidak merespons saat digunakan untuk membuka program yang diinginkan.

Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Restart

Langkah paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan performa laptop adalah dengan melakukan restart. Siapapun mungkin familiar bahkan sering melakukannya, namun kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, tekan tombol Start di bagian kiri bawah.
  2. Tekan tombol berlogo Shut Down.
  3. Klik Restart.
Baca Juga:  Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Laptop akan mati dan nyala kembali, kemudian perangkat akan bekerja normal seperti biasa.

Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Cek Driver

kamu harus memastikan bahwa driver perangkat beroperasi dengan normal, bahkan tidak ada masalah apapun. Oleh karena itu, kamu dapat memeriksa komponen tersebut lewat panduan di bawah ini:

  1. Pertama, klik kanan pada menu Start.
  2. Tekan tombol Windows.
  3. Klik pada driver yang error.
  4. Kemudian, klik kanan pada driver yang harus diperbarui.
  5. Pilih menu Search Automatically for Drivers.
  6. Perangkat akan melakukan proses pencarian sekaligus pemasangan driver.
  7. Kalau sudah selesai, tekan tombol Close.
  8. Restart laptop kamu dan lihat perbedaannya.

Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Antivirus

Antivirus sudah menjadi bagian penting yang tidak dapat disepelekan pemakaiannya lho. Tools ini berguna untuk memindai semua virus berbahaya saat kamu sedang memasang suatu aplikasi. Kalau laptop kamu hang dan freeze, sebaiknya gunakan antivirus untuk mengatasinya. Berikut prosedurnya yang benar, yakni:

  1. Buka menu Setting dari laptop kamu.
  2. Tekan tombol Update and Security.
  3. Klik Windows Security.
  4. Tekan tombol Quick Scan untuk memulai proses pemindaian.

kamu bisa menunggu proses scan virus selesai untuk membersihkan semua malware yang ada.

Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Windows Update

Jika metode sebelumnya tidak memberikan hasil maksimal, sebaiknya kamu menjalankan Windows Update untuk mengatasi masalah hang atau freeze pada laptop. Bagaimana caranya? Berikut tutorialnya yang wajib dicoba, yaitu:

  1. Pertama, tekan tombol Start di bagian kiri bawah.
  2. Pilih menu Setting.
  3. Tekan tombol Update and Security.
  4. Klik Windows Update.
  5. Tekan tombol Check for Updates agar kamu dapat melihat ketersediaan pembaruan OS Windows.
  6. Kalau tersedia, ikuti petunjuk yang ada sampai selesai.
Baca Juga:  Cara Memberi Partisi Terpisah Pada Flashdrive Tanpa Bantuan Pihak Ketiga

Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Kurangi Aktivitas Multitasking

Informasi selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengurangi, bahkan menghentikan aktivitas multitasking pada laptop kamu. Seperti pembahasan sebelumnya bahwa salah satu faktor yang mengakibatkan laptop OS Windows 11/10 kerap kali mengalami masalah ini adalah kebiasaan tersebut.

Oleh karena itu, tidak salah bagi kamu untuk menjalankan satu program saja, apalagi kalau aplikasinya cukup berat saat digunakan. Tujuannya demi mencegah perangkat hang yang berujung kerusakan serius di kemudian hari.

Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Perintah DISM Tool

kamu pun dapat perintah DISM tool pada laptop untuk mengatasi hang atau freeze dengan mudah. kamu bisa melakukannya melalui Command Prompt, fungsinya untuk menyediakan berkas yang akan dilakukan perbaikan. Simak panduan lengkapnya sebagai berikut:

  1. Ketik CMD pada kolom pencarian laptop OS Windows 10 kamu.
  2. Klik kanan Command Prompt pada hasil pencariannya.
  3. Tekan tombol Run as Administrator.
  4. Klik Yes.
  5. Kalau sudah, ikuti perintah yang ditampilkan pada layar.
  6. Tekan tombol Enter.
  7. kamu bisa menunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Jika sudah, buka Command Prompt lagi.
  9. Ketik intruksi System File Checker yang muncul.
  10. Tekan tombol Enter.
  11. Pastikan prosesnya berjalan lancar sempurna sampai 100 persen.
  12. Laptop kamu dapat digunakan kembali seperti biasa.

Cara mengatasi desktop Windows 11/10 freeze atau hang sebetulnya sangat simpel lho. kamu tidak perlu datang ke tempat service untuk memperbaikinya, lantaran semuanya dapat dilakukan oleh diri kamu sendiri. Ketahui semua penyebabnya agar kamu menghentikan kebiasaan yang membuat laptop cepat hang.

Leave a Comment