Ternyata Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Freeze

Cara mengatasi laptop freeze acapkali dicari oleh banyak orang ketika mengalami permasalahan freeze pada laptop yang dimilikinya. Bagi para pengguna laptop, menghadapi permasalahan yang menyangkut laptop yang dimilikinya pasti bukan perkara baru lagi. Freeze menjadi salah satu istilah yang digunakan jika laptop mengalami hang.

Keadaan tersebut tentu akan sangat mengganggu aktifitas penggunanya itu sendiri. Oleh karena itu, mengetahui cara mengatasinya dengan baik, bisa membuat Anda mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan benar dan juga cepat. Sehingga keadaan freeze pada laptop tidak akan berlangsung lama.

Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop freeze, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu kiranya apa sajakah yang menjadi penyeabab laptop mengalami freeze atau hang ini. Informasi perihal penyebabnya tersebut bisa langsung Anda simak berikut ini.

Apa Saja Penyebab Cara Mengatasi Laptop Freeze

cara mengatasi laptop freeze

Laptop Mengalami Multitasking Yang Berlebihan

Acapkali para pengguna laptop tidak sadar jika laptop yang digunakannya harus mensupport berbagai macam program yang dibuka dalam waktu yang bersamaan. Multitasking pada laptop pada dasarnya hal yang wajar, namun ketika hal tersebut terjadi secara berlebihan maka tentu saja laptop akan memberikan respon yang kurang buruk.

Baca juga: Cara Hapus Akun Facebook secara Permanen!

Akibatnya kerja dari RAM dan juga CPU akan sangat terbebani. Lebih buruk lagi jika bahkan Anda menggunakan sejumlah program berat sekaligus, contohnya saja game yang dibarengi dengan software untuk editing. Maka ketika ini terjadi pada laptop Anda, ketahui cara mengatasi laptop freeze dengan cepat dan mudah.

Baca Juga:  9 Cara Lacak No HP Penipu, yang Hilang, dll (Semua Provider)

Adanya Malware yang Mengganggu

Lebih dari itu, bisa saja hal yang satu ini menjadi penyebab yang mengakibatkan laptop yang Anda gunakan menjadi freeze. Adanya malware dalam sebuah perangkat tentu akan membuat perangkat tersebut bermasalah. Begitu pula dengan laptop yang Anda miliki. Hal tersebut terjadi karena malware biasanya akan memiliki kemampuan untuk menghapus file sistem atau bahkan mengubahnya sendiri.

Spesifikasi Tidak Sesuai

Sebelum mengetahui apa saja cara mengatasi laptop freeze, penyebab lain yang umum terjadi adalah karena spesifikasi dari laptop tidak sesuai dengan software yang digunakan. Contohnya saja jika laptop Anda spesifikasinya bukan untuk editing video, kemudian Anda memaksakan untuk memasang software editing maka hal tersebut akan menyebabkan freeze pada laptop itu sendiri.

Driver Tidak Berfungsi dengan Baik

Tidak hanya itu, permasalahan freeze pada laptop bisa juga berasal dari driver yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Ketika driver pada laptop bermasalah, maka sejumlah komponen didalamnya akan terancam. Karena driver memiliki fungsi yang sangat krusial yakni sebagai penghubung antara program dan juga aplikasi pada sistem itu sendiri. Itulah mengapa jika driver Anda rusak, sudah bisa dipastikan masalah freeze akan langsung Anda alami.

Overheating Pada Laptop

Laptop yang overheating juga berpotensi mengalami freeze. Untuk itulah, jika kiranya hal ini terjadi pada Anda maka segera lakukan sejumlah cara mengatasi laptop freeze agar laptop bisa digunakan dengan normal kembali. Penyebab umum overheating pada laptop biasanya karena digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama, juga dalam suhu ruangan yang cenderung panas. Karena dengan begitu, suhu pada laptop akan secara otomatis mengalami kenaikan yang signifikan hingga menyebabkan overheating.

Baca Juga:  Cara Transfer OVO ke Dana, Syarat, dan Biaya Adminnya

Adanya Program yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Satu lagi penyebab laptop mengalami freeze adalah yang satu ini. Jika ada program dalam laptop Anda yang kiranya menjadi sumber masalahnya, segera lakukan update atau reinstall. Karena bisa saja terjadi bugs pada program yang bermasalah tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Freeze yang Mudah dan Cepat

cara mengatasi laptop freeze

Lakukan Pemasangan Antivirus

Karena salah satu dari sekian banyak penyebab freeze pada laptop adalah perihal malware atau virus. Maka jika hal ini terjadi kepada Anda sangat disarankan untuk segera melakukan pemasangan antivirus yang memiliki kualitas bagus. Sebagai salah satu cara mengatasi laptop freeze, memasang antivirus dapat Anda lakukan dengan mudah.

Kurangi Aplikasi yang Terpasang

Lagi, jika kasus freeze ini Anda alami, salah satu cara terbaiknya cobalah untuk mengurangi pemasangan sejumlah aplikasi yang sudah terpasang dalam laptop Anda. Karena bisa saja kapasitas laptop yang rendah namun dipaksa memuat banyak aplikasi apalagi dengan ukuran besar, maka bisa menyebabkan laptop mengalami hal yang satu ini.

Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi jumlah aplikasi yang diinstal dalam perangkat Anda. Dengan melakukan cara mengatasi laptop freeze yang satu ini, maka Anda sudah berhasil mengurangi ruang didalam laptop dan dengan demikian, kinerja laptop akan menjadi lebih optimal bahkan terbebas dari kasus freeze tersebut.

Coba Lakukan Pengupgradean RAM

Jika cara di atas tadi mengharuskan Anda untuk melakukan penghapusan sejumlah aplikasi yang sudah terpasang. Maka dalam poin ini, Anda bisa mengupgrade RAM laptop yang digunakan. Dengan melakukan cara yang satu ini, maka kapasitas penyimpanan dalam laptop akan menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, kinerja laptop bisa lebih optimal. Anda juga bisa melakukan penginsatal sejumlah aplikasi tanpa takut laptop menjadi penuh dan freeze lagi.

Baca Juga:  Cara Baterai Health iPhone Tahan Lama

Lakukan Pengupdaten Windows

Jika cara mengatasi laptop freeze di atas tadi mengharuskan Anda utnuk meakukan pengupdaten RAM pada laptop. Maka cara yang satu ini bisa Anda tempuh dengan melakukan update pada windows itu sendiri. Hal ini ditujukan jika kasus freeze yang dialami disebabkan oleh adanya eror pada windows atau driver yang Anda gunakan.

Dengan melakukan update windows, Anda juga bisa mendapatkan sejumlah keuntungan, seperti adanya fitur baru, mampu memperbaiki bugs, peningkatan performa pada laptop, peningkatan stabilitas dan keamanan serta masih banyak lagi yang lainnya.

Coba Refresh Graphic Card/VGA

Tidak hanya itu, masih ad acara lain yang bisa Anda tempuh yaitu refresh GVA pada laptop itu sendiri. cara mengatasi laptop freeze yang satu ini juga terbilang ampuh untuk mengatasi permasalahan laptop freeze. Karena cukup masuk akal untuk melakukan refesh VGA, pasalnya semua yang ditampilkan pada layar laptop merupakan hasil dari kinerja VGA itu sendiri.

cara mengatasi laptop freeze

Tak heran jika kemudian banyak orang yang menempuh cara yang satu ini untuk mengatasi freeze pada laptop yang dimilikinya. Terlebih cara untuk melakukannya juga terbilang mudah dan sederhana, Anda hanya perlu menekan tombol kombinasi dari Win+Ctrl+Shift+B pada keyboard laptop yang Anda miliki. Jika sudah maka layar laptop akan berkedip sebagai efek dari cara yang Anda lakukan, kemudian laptop akan kembali normal. Selain sederhana, cara ini juga tidak mengharuskan Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk menempuhnya, Anda juga bisa melakukannya dengan mudah.

Maka sejumlah penyebab dan cara mengatasi laptop freeze di atas tadi telah berhasil diinformasikan dengan baik. Semoga sejumlah informasi tersebut bisa menjadi manfaat dan juga membantu bagi Anda yang tengah mengalami permasalahan freeze pada laptop yang Anda miliki.

Leave a Comment