Rekomendasi Jenis Bisnis yang Cocok Untuk Anak SMA

Dewasa ini, ada banyak sekali pelajar yang masih duduk di bangku SMA namun telah sukses dengan bisnis-bisnis yang mereka rintis sejak 0. Beberapa diantaranya bahkan bisa mengumpulkan banyak uang melalui bisnis yang cocok untuk anak SMA itu.

Bila ditekuni secara serius, bukan hal yang mustahil jika Anda bisa jadi pebisnis handal nantinya. Disamping harus pintar mengatur waktu untuk belajar dan berbisnis, Anda juga perlu memilih jenis usaha yang tepat. Lalu, apa sajakah rekomendasi usaha yang paling tepat untuk seorang pelajar?

Daftar Bisnis yang Cocok Untuk Anak SMA

Rekomendasi Jenis Bisnis yang Cocok Untuk Anak SMA

Sebenarnya, ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh anak di usia SMA. Mulai dari pelayan toserba, waitress cafe, hingga admin online shop. Lebih detailnya, berikut ini merupakan daftar bisnis yang bisa dilakoni oleh anak SMA.

Bisnis Online

Bisa dibilang, bisnis online jadi bentuk usaha paling praktis nan fleksibel yang banyak ditekuni saat ini. Sejatinya, usaha dengan menggunakan platform online memungkinkan pelakunya untuk mengelola segala sesuatunya dengan mudah dimanapun, bahkan di sela kesibukan seorang pelajar.

Agar bisnis online lebih mudah dikelola dan dipasarkan, pastikan untuk memilih jenis produk yang banyak disenangi orang-orang.

Jika ingin lebih praktis lagi, cobalah menjadi dropshipper atau reseller yang memasarkan produk orang lain saja. Disamping akan menghemat tenaga, baik sistem dropshipper ataupun reseller, keduanya akan memudahkan Anda berjualan online dengan mudah, bahkan tanpa modal sepeser pun.

Endorse Instagram

Apabila Anda adalah salah seorang yang aktif di media sosial Instagram dan memiliki cukup banyak pengikut, membuka jasa promosi atas suatu produk atau layanan (endorse) bisa jadi alternatif meraup keuntungan yang tepat.

Kini, cukup banyak perusahaan yang menggunakan jasa endorsement seperti ini untuk mempromosikan dagangannya. Bukan hanya perusahaan besar kelas internasional, tapi juga startup-startup berskala kecil-menengah.

Melalui usaha ini, Anda akan memperoleh keuntungan dalam jumlah yang tak sedikit. Apalagi jika Anda bisa mengajak beberapa perusahaan sekaligus untuk menjalin kerjasama.

Youtuber

Kemampuan yang mumpuni dalam menghandle sosial media nyatanya bisa jadi usaha yang sangat menghasilkan untuk digarap. Anda bisa menjadi seorang Youtuber dan mengekspresikan kreativitas sekaligus kemampuan berbicara dengan cara yang tepat. Semisal saja dengan mengcover lagu, membuat vlog, atau video-video edukatif.

Ini dapat menjadi jalan yang mudah dan legal untuk memperoleh pendapatan, terlebih lagi bila kanal Youtube yang dimiliki telah mempunyai jumlah subscriber cukup banyak.

Penulis

Bila ditilik beberapa tahun ke belakang, menulik hanyalah sebuah hobi yang terkesan sedikit membosankan dan tidak bisa menghasilkan uang dalam jumlah cepat. Namun seiring dengan perkembangan era digital, segala sesuatunya jadi lebih mudah, termasuk bagi Anda yang hobi mengekspresikan diri lewat tulisan.

Anda dapat mengembangkan bakat menulis sekaligus menjadikannya ladang penghasil uang. Sekarang, sudah banyak tersedia jalan untuk memperoleh uang dari bisnis ini. Mulai dari penulis blog pribadi hingga freelancer.

Guru Les Privat

Jika sebelumnya Anda memiliki prestasi akademik yang cukup baik, maka guru les privat boleh jadi bisnis yang cocok untuk anak SMA. Cobalah untuk memilih beberapa mata pelajaran yang memang dikuasai dengan baik.

Anda bisa mengajar anak SD di sekitar lingkungan rumah lebih dulu. Jika kemudian Anda memiliki cukup banyak waktu luang dan memiliki testimoni dari anak-anak didik sebelumnya, Anda bisa memberikan les privat ke anak-anal lain di luar jangkauan wilayah rumah Anda.

Bisa dibilang, uang yang diperoleh dari aktivitas mengajar ini cukup lumayan untuk dipertimbangkan. Apalagi jika Anda telah memiliki cukup banyak anak didik.

Menjual Pulsa Elektrik

Pulsa sudah menjadi salah satu kebutuhan utama yang tidak boleh dihilangkan oleh sebagian orang. Tak hanya digunakan untuk menelpon atau memaketkan data internet saja, namun beberapa orang kerap membutuhkannya untuk pekerjaan mereka.

Rekomendasi Jenis Bisnis yang Cocok Untuk Anak SMA

Melihat fenomena tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha. Selain mudah dan cukup praktis, berjualan pulsa elektrik tidaklah membutuhkan banyak modal. Sehingga sangat cocok untuk dijalankan oleh para pelajar yang masih mengandalkan uang saku dari orang tua sebagai pemasukan utamanya.

Event Organizer

Membuka servis Event Organizer berskala kecil sudah bisa menjadi usaha yang menjanjikan untuk pelajar SMA. Mulailah dengan projek kecil seperti ulang tahun atau perayaan kecil lainnya. Anda bisa membuat kerjasama bersama teman-teman atau orang lain yang dinilai cukup kompeten dalam bidang ini.

Jika dijalankan serius, bisnis Event Organizer bisa tumbuh dan besar dalam kurun waktu singkat. Pastikan untuk memberikan ide dan kreativitas terbaik saat menangani klien agar mereka merasa puas dan tertarik untuk menggunakan jasa Anda di masa mendatang.

Penyiar Radio

Apabila Anda termasuk sebagai orang yang senang berbicara panjang lebar, bertemu orang baru dan mengobrol banyak hal bersama teman-teman, memilih pekerjaan sampingan sebagai penyiar radio bisa menjadi alternatif yang tepat.

Agar bisa menjadi bagian dari jenis pekerjaan ini, Anda bisa memulainya dengan mencari stasiun radio di sekitar tempat tinggal Anda. Sekiranya apakah mereka membuka lowongan penyiar radio dengan jam siaran malam, sore, ataupun siang.

Video Shooting

Bermula dari hobi, siapa sangka bila fotografi bisa menghasilkan cukup banyak uang untuk para penggiatnya?

Video shooting akan memberikan peluang sukses yang cukup besar. Sebagian besar orang akan menyewa jasa fotografer dengan harga relatif mahal untuk menangkap momen seru dalam aktivitasnya. 

Menjual Parfum

Menjual parfum pun dapat menjadi opsi usaha menguntungkan bagi pelajar. Sebelum bisa membuka toko sendiri, Anda bisa memulainya sebagai reseller dari produk-produk parfum populer. Konon, keuntungan yang bisa didapat dari penjualan parfum bisa mencapai 2 kali lipat dari modal utama yang dikeluarkannya.

Bisnis Pertanian

Meski terdengar sedikit berat untuk dilakukan anak sekolahan, namun usaha ini cukup baik untuk menstabilkan finansial anak sekolahan. Adapun salah satu komoditas pertanian yang bisa dipilih ialah cabai merah hidroponik, jahe merah, jamur kuping, atau jenis tanaman hidroponik lainnya.

Sablon Kaos Digital

Sablon kaos digital menjadi salah satu bisnis fashion yang bisa dikerjakan dirumah. Meskipun modal awal untuk memulai usaha ini cukup besar, sablon kaos digital dapat menjadi peluang emas bagi Anda yang tertarik untuk mendalami dunia fashion.

Bisnis Kuliner

Menjual makanan dan minuman di sekolah bisa dilakoni untuk mendapat pundi-pundi tambahan. Beberapa jenis makanan yang bisa dijual dalam bisnis ini ialah gorengan, cilok, es krim, lidi-lidian, salad, hingga bungkusan nasi uduk.

Pastikan untuk memilih jenis usaha yang tepat sesuai dengan minat, bakat, dan ketersediaan waktu yang dimiliki. Jangan lupa untuk mengelola bisnis yang cocok untuk anak SMA dengan serius agar Anda bisa mengumpulkan lebih banyak cuan di masa muda. Siapa yang akan tahu bila bisnis tersebut akan membawa kesuksesan yang besar di masa mendatang.

Leave a Comment

15 − thirteen =