4 Tutorial Membuat Google Form Terlengkap Mudah Dipahami

Tutorial membuat Google Form saat ini sedang banyak dicari, karena dianggap lebih mempermudah berbagai pekerjaan. Khususnya pada guru yang memberikan soal ujian, atau orang yang hendak melakukan survey jauh lebih praktis.

Kemudahan dan sajian data yang lengkap menjadi keuntungan yang ditawarkan apabila menggunakan Google Form. Padahal dulunya aplikasi ini jarang digunakan, tapi sejak terjadinya School from Home atau Work from Home, Google Form menjadi populer.

5 Keunggulan Penerapan Tutorial Membuat Google Form

Anda bisa mendapatkan beberapa keunggulan dengan memanfaatkan layanan dari Google Form, ketimbang aplikasi serupa lainnya. Adapun sederet kelebihan dari Google Form yang kini banyak digunakan oleh berbagai instansi sebagai berikut ini.

Baca juga: cara transfer DANA

  • Jawaban Google Form Cepat Didapatkan

Keunggulan pertama yang dimiliki dengan memanfaatkan Google Form yaitu Anda bisa mendapatkan jawaban lebih cepat dari responden. Tidak heran, aplikasi ini banyak digunakan untuk melakukan survey.

Tutorial membuat Google Form

Bahkan, Google Form juga meringankan pekerjaan dari guru dan dosen. Membuat kuis dan mengetahui nilai dari siswa maupun mahasiswa menjadi lebih cepat. Sebab, inilah keunggulannya dibanding dengan layanan atau aplikasi serupa.

  • Hemat Biaya dengan Google Form?

Keunggulan selanjutnya yang dapat dirasakan oleh pengguna Google Form yaitu Anda dapat menghemat biaya. Misalnya, survey yang seharusnya diberikan kepada sekian ratus responden, tidak perlu didatangi satu per satu ke alamatnya.

Anda hanya perlu terapkan tutorial membuat Google Form, lalu menyebarkan link tersebut agar responden mengisinya. Begitu juga apabila penggunaan Google Form pada sekolah atau perguruan tinggi, yang pasti tidak perlu print kertas.

  • Tampilan Google Form Lebih Menarik
Baca Juga:  8 Tutorial Microsoft Power Point Bagi Pemula

Siapa yang suka dihadapi kertas dengan banyak pertanyaan? Rata-rata orang akan setuju jika hal tersebut membosankan. Apalagi jika pertanyaan tersebut memiliki banyak butir, rasya hanya ingin menjawab dengan cepat tanpa membacanya.

Hal tersebut tidak akan terjadi saat Anda menggunakan Google Form untuk menyajikan serangkaian pertanyaan. Pasalnya, tampilan survey maupun soal ujian lebih menarik, dengan berbagai template dan tema yang tersedia pada Google Form.

  • Template Pertanyaan Google Form Beragam

Pengguna Google Form dapat menyesuaikan bentuk pertanyaan, karena templatenya sangatlah beragam. Pilihan ganda (multiple choice grid), pertanyaan terbuka (short answer), dan lain sebagainya bisa dipilih sesuai kebutuhan.

  • Analisis Data Google Form Lengkap?

Keunggulan yang tidak akan Anda temukan selain di Google Form yaitu analisis dan sajian data yang begitu lengkap dan mudah bisa didapatkan. Tidak heran, pengguna akan memilih layanan dari Google ketimbang aplikasi serupa.

Tutorial Membuat Google Form Terlengkap untuk Pemula

Anda belum pernah sama sekali menggunakannya untuk melakukan survey atau membuat tugas? Sebaiknya ikuti tutorial membuat Google Form berikut ini sesuai dengan setiap langkahnya dan perlahan agar berhasil.

1. Siapkan Laman Google Form

  • Buka browser melalui perangkat komputer/ laptop/ HP (sesuai kenyamanan) untuk mengakses Google Form. Lalu ketik ‘forms.google.com’ dan tekan enter yang akan membawa pada laman utama Google Form.
  • Selanjutnya, klik Blank atau bisa juga pilih template di Google Form sesuai kebutuhan. Anda langsung diarahkan ke laman editing dari jenis formulir yang dipilih.
  • Manfaatkan fitur yang disediakan Google Form untuk proses editing. Mulai dari mengubah judul, memberikan deskripsi singkat tujuan dari formulir yang dibuat, dan memberikan atau menambah pertanyaan.
Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI Anti Ribet

2. Tambahkan Pertanyaan di Google Forms

Ilustrasi gform

  • Klik Untitled Question untuk menambahkan pertanyaan dan Anda dapat memasukkan pertanyaan yang diinginkan.
  • Apabila ingin mengubah jenis pertanyaan di Google Form, klik panah ke bawah. Misalkan, menambahkan opsi ‘Response’ untuk pertanyaan tersebut.
  • Jika pertanyaan pada Google Form tersebut wajib untuk dijawab, maka klik ‘Required’.
  • Sementara untuk menambahkan lebih banyak pertanyaan di Google Form, pilih satu opsi. Kemudian klik ‘Add Question’ sebagai tutorial membuat Google Form dalam menambahkan pertanyaan baru.
  • Ketika Anda ingin menambahkan salinan pertanyaan yang ada pada Google Form, maka klik ‘Duplicate’.

3. Kirim Google Forms yang Telah Dibuat

  • Google Form yang telah selesai dibuat bisa dikirim melalui email maupun copy dan paste link. Caranya, klik ‘Kirim’ atau ‘Send’ yang terletak di bagian kanan atas laman formulir tersebut.
  • Apabila formulir ditujukan khusus untuk organisasi tertentu saja, maka kumpulkan terlebih dulu alamat emailnya agar dapat dikirimkan secara bersamaan.
  • Anda bebas memilih metode membagikan formulir yang telah dibuat dengan Google Form tersebut. 
  • Kirim Google Form pakai email: masukkan alamat email yang dituju dan berikan subjek dan sedikit keterangan di badan email, lalu lampirkan link.
  • Selain itu, Anda juga dapat mempersingkat URL dengan klik copy dan paste link ke chat atau email. Klik Link dan pilih ‘insert link’.
  • Jika inginkan link Google Form dikirim melalui media sosial, maka Anda tinggal klik ikon media sosial yang tersedia.

Adapun tutorial membuat Google Form dan mengirimnya dengan membagikan form melalui website yang Anda miliki. Berikut ini langkah yang dapat digunakan dalam membagikan Google Form ke lama web.

  • Klik ‘Kirim’ atau ‘Send’ yang terletak pada pojok kanan atas Google Form yang telah selesai dibuat.
  • Pilih icon <> yang terletak di sisi kanan, kemudian copy link “Embed HTML” yang muncul di Google Form.
  • Selanjutnya, masuk ke laman dashboard website yang Anda miliki, dan klik Appearance untuk membagikan link Google Form.
  • Pilih ‘Custom HTML’ dan Anda dapat bebas meletakkan formulir yang telah dibuat tersebut pada laman website.
  • Anda tinggal klik saja ‘Add Widget’, dan paste link “Embed HTML” yang telah disalin pada laman Google Form sebelumnya.
Baca Juga:  Cara Ampuh Mengatasi HP Lenovo Lemot/Hang

4. Panduan Cek Hasil Pengisian Google Form dari Responden

Tidak kalah penting selain membuat dan juga mengirimkan Google Form, Anda tentu ingin mengetahui jawaban dari responden, bukan? Oleh karena itu, simak beberapa langkah berikut ini untuk mengecek hasil pengisian Google Form.

Gform

  • Pastikan Anda Login ke dalam akun yang digunakan saat membuat Google Form tersebut.
  • Saat laman dashboard Google Form telah terbuka, maka langsung saja Anda pilih Responses.
  • Sistem Google Form otomatis menampilkan ringkasan jawaban atas setiap pertanyaan yang mengisi formulir tersebut.
  • Apabila Anda ingin mengunduh hasil pengisian Google Form tersebut, maka dapat langsung klik ‘Download’ dengan format *csv atau format lainnya yang tersedia dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Meski telah disebutkan bahwa keunggulan dari Google Form ini adalah Analisis Data yang lengkap. Namun, pengguna tetap harus perhatikan bahwa sistem yang diterapkan adalah penyajian data secara ‘pintar’ dan tentu saja lengkap.

Hal ini membuat penggunanya tetap harus melakukan Analisis Data secara mandiri agar menghasilkan data yang matang dan akurat. Terutama bagi Anda yang memanfaatkan Google Form sebagai salah satu metode survey untuk bisnis.

Selain itu, Analisis Data setelah menerapkan tutorial membuat Google Form tersebut juga dibutuhkan oleh guru dan dosen. Hal ini guna memperoleh penilaian yang sesuai dan tidak ada kesalahan dalam pengisian nilai, karena terjadi error analysis.

Leave a Comment