5 Cara Buat Avatar AI Aplikasi Lensa, yang Viral

LBelakangan ini banyak pengguna media sosial yang mengunggah gambar animasi atau avatar yang dibuat dari gambar mereka sendiri. Beberapa dari Anda mungkin pernah melihat perbincangan tentang Avatar AI di media sosial. Setelah beberapa hari terakhir, pembicaraan nama Avatar AI sepertinya semakin meningkat.

Jadi apa sebenarnya Avatar AI yang sekarang menyebar di jejaring sosial untuk membuat avatar? Avatar AI adalah filter yang digunakan banyak orang di Instagram untuk membuat selfie mereka terlihat seperti avatar. Dalam artikel berikut akan membahas seputar definisi hingga cara buat avatar AI Aplikasi Lensa yang viral.

Baca juga: cara buat gform

Tentang Avatar AI

Avatar AI adalah fitur Magic Avatars yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI). Fitur Magic Avatars adalah rendering seni foto dari 10-20 selfie yang diunggah pengguna ke aplikasi Lensa. Apakah Anda tertarik dengan cara buat Avatar Ai aplikasi Lensa?

buat avatar AI Aplikasi Lensa

Aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto yang diproduksi oleh Prisma Labs. Lensa sudah ada sejak tahun 2018, namun keberadaannya semakin meluas sepanjang tahun 2022.

Lensa memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mengedit gambar yang diambil dari wajah pengguna. Misalnya, edit warna rambut, warna kulit, bentuk pipi, dan bentuk hidung. Saat foto diunggah ke Lensa, aplikasi dapat mendeteksi bagian wajah secara otomatis. Selain mengedit bentuk wajah, Lensa juga menawarkan fungsi yang memungkinkan Anda mengubah keseluruhan gaya atau tampilan foto dengan model berbeda.

Baca Juga:  5 Cara Edit Background Foto di Hp

Kemudian background foto bisa diganti dengan motif seperti landscape dan space. Kemampuan pemrosesan gambar dari aplikasi Prisma Labs di atas bukanlah hal yang utama. Lensa memiliki fitur khusus yang secara otomatis dapat mengubah selfie Anda menjadi gambar animasi artistic. Fitur pada Lensa yang sering digunakan untuk membuat avatar AI disebut Magic Avatars.

Cara Membuat Avatar AI Menggunakan Aplikasi Lensa

Aplikasi ini menyediakan layanan untuk mengubah selfie seseorang menjadi Avatar Al. Pengguna Android dapat mengunduh aplikasi dari Google Play Store dan App Store untuk pengguna iOS. Aplikasi ini merupakan jenis aplikasi berbayar yang menawarkan layanan gratis hanya untuk masa percobaan 7 hari. Lantas bagaimana cara menggunakan Lensa untuk membuat avatar, berikut ini uraian cara buat Avatar AI aplikasi Lensa.

  1. Buka aplikasi
  2. Klik tab Photos.
  1. Selanjutnya Anda harus memilih tombol Magic Avatars.
  2. Aplikasi memperingatkan kemungkinan kesalahan pada gambar, terima persyaratan sebelum melanjutkan. Ketidakakuratan, misalnya, gambar menunjukkan banyak kepala dan bagian tubuh atau warna mata yang berbeda.
  3. Klik Continue. Lalu Anda akan diminta untuk mengunggah 10-20 selfie.
  1. Setelah memilih selfie, Anda akan diminta untuk memilih jenis kelamin.
  2. Jika Anda termasuk pelanggan yang membayar, Anda mendapat diskon 515. Tercatat ada 50 avatar seharga $3,99, 100 gambar seharga $5,99, dan 200 gambar seharga $7,99 dolar AS di sana.
  3. Setelah sekitar 20 menit, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa avatar siap dilihat dan disimpan.
Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Fitur Talkback di HP Xiaomi dengan Mudah

Hasilnya memiliki banyak gaya berbeda, seperti fantasi, putri dongeng, fokus, pop, anggun, anime, ringan, kawaii, mempesona, dan kosmik.

Resiko Dari Tren Avatar AI

Trend AI

Meskipun hasil manipulasi foto yang kompeten menghadirkan kegembiraan, menggunakan aplikasi pembuat avatar seperti Lensa juga memiliki risiko yang signifikan. Mengingat untuk dapat membuat manipulasi foto yang bagus, jelaslah bahwa Lensa harus melakukan beberapa proses untuk mengelola dan mengumpulkan data pengguna. Banyak dari ini adalah data pribadi yang tidak boleh dibagikan dengan orang lain.

Data Pribadi

Saat mulai menggunakan aplikasi, pengguna akan diminta untuk memberikan beberapa informasi dasar seperti jenis kelamin, informasi kontak seperti alamat email, telepon dan alamat rumah serta akses ke pemrosesan data gambar dan video pengguna. Informasi tertentu terkait perangkat pengguna, seperti informasi perangkat, informasi jaringan internet, alamat IP, kode unik perangkat, dan sistem operasi juga tersimpan secara otomatis di sistem Lensa. Selain dasar-dasar diatas, Lensa juga memiliki kemampuan untuk mengakses berbagai hal lain di perangkat pengguna seperti log aktivitas komunikasi, termasuk akses sesekali ke aktivitas penjelajahan Internet pengguna.

Di situs resmi mereka, Lensa menyatakan bahwa mereka berkomitmen untuk memastikan keamanan informasi pribadi penggunanya. Apa pun selain yang harus tersedia agar proses pengeditan berjalan lancar hanya dapat diakses dengan persetujuan pengguna.

Pornografi

Beberapa pengguna mengakui bahwa Lensa mencakup pencitraan seluruh tubuh, meski pada awalnya hanya bisa memotret secara close-up. Satu gambar bahkan menunjukkan avatar dalam bikini logam yang meniru Putri Leia dalam film Star Wars. Sementara itu, gambar lain hanya memperlihatkan separuh wajah di atas tubuh yang berbalut minim.

Baca Juga:  4 Cara Edit Twibbon Serta Cara Membuatnya

Di halaman F.A.Q mereka, Prisma Labs mengakui bahwa “Seksualitas terkadang muncul di semua kategori gender.” Lensa dapat membuat avatar selebriti bertelanjang dada menggunakan foto kepala bintang film yang menempel pada tubuh telanjang. Lensa AI dikatakan membuat gambar seksual bahkan tanpa persetujuan pengguna.

Perdebatan Oleh Aktivis dan Seniman

Aplikasi AI

Aplikasi Lensa juga memicu perdebatan antara seniman dan aktivis. Beberapa seniman menganggap hasil olahan Lensa serupa atau berasal dari karakteristik karya beberapa seniman. Lensa telah dituduh mencuri karya banyak seniman. Data tersebut kemudian diolah menggunakan kecerdasan buatan untuk mendukung minat mereka dalam mengedit gambar. Artis Kanada Jon Lam mengatakan bahwa teknologi avatar seperti Lensa telah berkali-kali terbukti mencuri teknik dan kualitas dari karya seniman.

Di saat yang sama, kritik juga datang dari para aktivis yang kerap mengungkapkan body positivity, atau cinta. untuk itu, apa itu, untuk bentuk tubuh yang berbeda. Hasil modifikasi lensa dengan kecerdasan buatan dinilai terlalu sempurna, yakni sangat rentan terhadap munculnya standar kecantikan konservatif yang lambat laun ditinggalkan, seperti bentuk tubuh langsing sempurna, kulit mengkilat, dll.

Itulah uraian mengenai Avatar AI dan cara buat Avatar AI aplikasi Lensa. Bagaimana, apakah Anda ingin membuat avatar Anda sendiri?

Leave a Comment