Cara-Memperoleh-Modal-Usaha-1
Finansial, Umum

Cara Memperoleh Modal Usaha, Gak Harus Selalu Berhutang ke Bank

Saat ini dalam masa pandemi salah satu alternatif dalam menghasilkan keuangan secara stabil adalah dengan buka usaha. Namun terkadang banyak orang yang terkendala karena modal. Untuk itu ada beberapa cara memperoleh modal usaha yang bisa Anda lakukan.

Banyak orang yang ingin membuka usaha atau bisnis sehingga dapat menghasilkan income dalam jangka panjang, selain itu dapat juga menjadi penghasilan tambahan selain Anda bekerja kantoran. Karena tidak selamanya orang akan bekerja di kantor.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari cara memperoleh modal usaha maka ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam mendapatkannya. Berikut beberapa yang bisa Anda lakukan:

Tabungan

Anda dapat mencoba untuk memperoleh modal dengan cara menabung. Hal ini bisa Anda siasati dengan cara menyisihkan setiap pemasukan dari gaji bulanan Anda.

Cara-Memperoleh-Modal-Usaha-1

Pastikan Anda selalu memiliki catatan keuangan dengan baik, misalnya saja pemasukan dan juga pengeluaran harus jelas kemana saja arahnya.

Untuk dapat memperoleh modal dengan mudah dari cara menabung maka caranya adalah dengan menghitung jumlah modal yang Anda butuhkan dalam membuka usaha.

Misalnya jika Anda membutuhkan modal usaha sebesar Rp. 30.000.000, kemudian gaji Anda setiap bulan sebesar Rp. 5.000.000 maka sisihkan dalam sekitar dua juta rupiah dalam waktu 15 bulan modal Anda sudah terpenuhi.

Baca Juga: Contoh Proposal Usaha kuliner, Cafe, Kerajinan, Warung Kopi Dll

Aset atau Barang Kepemilikan

Selain uang, ada juga hal lain yang bisa menjadi pilihan untuk mengumpulkan modal bagi Anda yang ingin membuka usaha. Hal ini bisa dilakukan dengan cara misalnya saja Anda menjual barang berharga milik Anda.

Baca Juga:   Griya Indah Cibarusah, Rumah Subsidi Terbaik di Cibubur

Cara-Memperoleh-Modal-Usaha-1

Bisa juga dengan cara Anda membuat list barang apa saja milik Anda yang masih memiliki nilai jual sebagai tambahan dalam mengumpulkan modal usaha.

Tanpa Anda sadari beberapa barang seperti gadget, sepatu, jam tangan, bahkan tas-tas branded, atau juga tas-tas perhiasan yang mungkin Anda miliki. Beberapa barang tersebut bisa Anda list sesuai dengan kebutuhan Anda mana yang sekiranya masih dibutuhkan.

Jika ada beberapa barang yang sudah tidak dibutuhkan maka jual saja dan bisa dijadikan sebagai tambahan modal untuk Anda.

Gadaikan Barang

Cara memperoleh modal usaha ini menjadi opsi selanjutnya jika Anda tidak rela untuk menjual barang-barang Anda. Maka pilihan gadai adalah hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa menggadaikan barang sama halnya dengan menitipkan barang pada pegadaian, namun memiliki jangka waktu atau tempo untuk ditebus kembali. Selama Anda mampu untuk menebusnya maka barang tersebut tetap milik Anda.

Suatu saat jika bisnis Anda sudah mulai menghasilkan atau mendapatkan income dari bisnis tersebut, maka barang yang Anda gadaikan tersebut bisa Anda tarik kembali atau Anda miliki lagi.

Ajukan pinjaman pada orang terdekat

Cara-Memperoleh-Modal-Usaha-1

Ini menjadi opsi lainnya jika memang Anda ingin segera membuka usaha namun belum memiliki cukup banyak modal, maka pilihan selanjutnya adalah dengan meminjam kepada teman-teman dekat Anda atau juga bisa meminjam kepada saudara Anda.

Namun sebaiknya Anda pastikan bahwa Anda dapat menjelaskan dengan baik hal apa saja yang akan Anda lakukan ke depan. Jelaskan secara rinci Anda akan menjalankan bisnis apa, dan bagaimana nanti sistemnya.

Dengan penjelasan yang sangat jelas tersebut maka hal itu akan memberikan kepercayaan kepada rekan atau saudara yang hendak Anda pinjam uangnya. Kemudian berikan rasa tanggung jawab Anda dengan memastikan kapan Anda akan mampu membayar hutang.

Baca Juga:   Panduan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Selain itu pastikan pula Anda meminjam kepada orang yang tepat, misalnya terhadap saudara yang benar-benar ingin melihat kemajuan diri Anda. Sebab orang yang akan menjalankan bisnis atau usaha sangat membutuhkan sebuah support system.

Mendatangi seminar, workshop, atau pelatihan

Ini semacam aktivitas yang untung-untung berhadiah. Anda bisa datang ke acara seminar tertentu yang bisa Anda hadiri. Dengan datang pada acara seminar atau workshop maka Anda bisa setidaknya berpeluang untuk memperoleh dana.

Bagaimana bisa? Sebab pada acara tertentu biasanya ada para investor yang juga turut menghadiri dan sedang mencari orang yang memiliki ide bisnis.

Untuk itu, saat Anda mendatangi sebuah seminar maka setidaknya Anda memiliki ide bisnis yang sudah matang sehingga pada saat Anda ditanya oleh para investor sudah siap dengan rancangan bisnis yang Anda impikan ke depan.

Dalam acara seminar atau workshop ini juga biasanya banyak dihadiri oleh perusahaan atau lembaga yang bergerak pada bidang industri. Untuk itu, ini menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan jika berjodoh dengan investor besar yang ada.

Baca juga: Surat Perjanjian Kerjasama MOU dan Contohnya

Mencari partner bisnis yang tepat

Salah satu solusi lainnya dalam memulai modal usaha jika Anda belum memiliki modal yang cukup adalah dengan mencari rekan bisnis. Pastikan Anda mencari orang yang sama-sama memiliki satu tujuan yang sama.

Sebab jika dari awal saja tujuan Anda sudah berbeda maka hal itu akan membuat suatu masalah ke depannya. Segala resiko dalam menjalankan bisnis atau usaha memang harus dipikirkan dengan sangat matang.

Karen jika tidak, segala tujuan tidak akan tercapai. Bukankah tujuan utama dari menjalankan suatu bisnis adalah untuk sama-sama sukses?

Baca Juga:   Alat yang Digunakan untuk Mencetak Hasil Pekerjaan Poster Secara Digital Adalah Printer

Bisnis atau usaha berkaitan dengan uang dan kekuasaan, keduanya merupakan hal rentan yang bisa saja menghancurkan hubungan siapa pun. Tidak pandang bulu sedekat apa hubungan yang sudah terjalin, sebab hubungan kekeluargaan pun bisa saja hancur.

Untuk itu, memulai bisnis bisa dengan mempertimbangkan apakah rekan bisnis Anda adalah orang yang tepat untuk mengeksekusi segala visi dan misi bersama, atau justru sebaliknya? Jangan juga Anda mudah percaya pada orang begitu saja.

Mengajukan pinjaman untuk modal usaha

Jika Anda benar-benar tidak menemukan cara lain untuk memulai suatu bisnis dikarenakan terhambat modal usaha yang kurang, maka pilihan yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengajukan pinjaman.

Anda bisa mengajukan pinjaman baik secara online maupun offline. Namun pastikan lembaga atau tempat Anda meminjam uang adalah lembaga yang terpercaya dan diawasi oleh OJK. Anda bisa mengeceknya melalui situs dari OJK lembaga apa saja.

Dengan pengawasan OJK, minimal Anda akan merasa tenang dan tidak ada penipuan di dalamnya, dan pada saat Anda menyerahkan beberapa data milik Anda tidak perlu lagi khawatir data Anda akan disalahgunakan, sebab memiliki payung hukum yang kuat.

Begitu pula dalam melakukan pinjaman online. Saat ini ada banyak jenis pinjaman online di internet yang menawarkan pinjaman dengan limit yang sangat menggiurkan dan sangat beragam. Namun Anda perlu berhati-hati sebab tidak semuanya aman.

Pastikan Anda melihat review penilaian dari peminjam atau bisa dengan lebih teliti yaitu dengan melihat rekam jejak yang sudah ada.

Itulah beberapa cara memperoleh modal usaha yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda sudah menentukan akan melakukan cara yang mana dengan berbagai pertimbangan yang ada sesuai dengan keadaan Anda saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − eighteen =