3 Cara Mengatasi HP Mati Total Tanpa Tombol Power Pasti Nyala Kembali

Cara mengatasi HP mati total tanpa tombol power sangat dibutuhkan bagi pemilik smartphone yang memiliki kerusakan. Tutorial kali ini dapat diterapkan untuk seluruh merk, tapi dengan catatan masih dapat melakukan pengisian daya.

Terkadang, sebagian orang memiliki keterbatasan dalam memiliki gadget. Bahkan, ada juga yang tidak suka membeli HP baru, karena dirasa masih bisa digunakan, meski tombol power tidak lagi berfungsi. Lantas jika mendadak mati total sudah pasti kebingungan.

Baca juga: cara reset notifikasi android 

Cara Mengatasi HP Mati Total Tanpa Tombol Power dengan Pengisian Daya

Catatan terpenting untuk melakukan tutorial ini adalah HP Anda masih dapat melakukan pengisian daya. Pasalnya, akan sangat sulit apabila smartphone dalam kondisi mati total dan tidak bisa diisi daya. Selain itu, penyebab utama dari mati total juga karena daya habis.

Cara mengatasi HP mati total tanpa tombol power

Normalnya, HP yang tidak ada kendala bisa dinyalakan kembali dengan menekan tombol power. Kalau kondisi smartphone dengan tombol power yang rusak, tidak mau ditekan, atau bahkan jebol, tentu menjadi hal yang membuat bingung.

1. Kenali Penyebab Tombol Power HP Rusak

Sebelum membuat HP kembali menyala, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu penyebab tombol power rusak. Hal ini dapat digunakan sebagai peminimalisiran ketika memiliki smartphone yang baru.

  • Menekan Tombol Power Terlalu Kuat

Penyebab pertama yaitu menekannya terlalu kuat. Terutama ketika hedak melakukan restart atau menghidupkan kembali setelah dimatikan. Anda pasti membutuhkan cara mengatasi HP mati total tanpa tombol power.

  • Terlalu Sering Screenshot Pakai Tombol Power dan Volume
Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Jangan Langsung Panik!

Hal yang tidak dapat dihindari dari penggunaan smartphone yaitu melakukan screenshot (SS) menggunakan tombol power dan volume bersamaan. Tanpa disadari SS terlalu sering dengan cara tersebut dapat merusak fungsi utama tombol power.

  • Tombol Power Mengalami Korosi

Selanjutnya yang tidak kalah sering menjadi penyebab tombol power rusak yaitu adanya korosi atau karat. Tombol menjadi sulit untuk ditekan, da jika tidak segera diatasi dapat menimbulkan kerusakan hingga jebol tidak tersisa.

2. Tes Pengisian Daya

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda perlu mengecek kemampuan HP untuk mengisi daya. Sebab, ini menjadi kunci utama menghidupkan kembali smartphone yang mati total, lantas tidak memiliki tombol power (rusak maupun jebol).

Tes isi daya hp

Cara mengatasi HP mati total tanpa tombol power ini menjadi penting dengan kondisi yang masih bisa mengisi daya. Anda bebas memilih mau mengisi daya langsung menyambungkan dengan listrik atau pakai power bank.

3. Cek Tombol Volume HP

Selanjutnya, Anda juga wajib memastikan hanya tombol power saja yang rusak. Pasalnya, untuk menghidupkan kembali HP dengan kondisi ini memerlukan tombol volume yang sehat (baik-baik saja, masih dapat berfungsi sebagaimana mestinya).

Khususnya pada tombol volume bagian bawah (-) yang menjadi penting untuk dapat membuat HP kembali menyala tanpa tombol power. Lantas, bagaimana jika seluruh tombol (power dan volume) tidak lagi berfungsi? Simak cara mengatasinya sampai akhir.

4. Menghidupkan kembali HP Mati Total Tanpa Tombol Power

Pertama, siapkan HP yang mati total dan sebuah alat pengisian daya (charger dan sambungan listrik, atau power bank yang memiliki daya penuh). Kedua, sambungkan pengisian daya tersebut ke smartphone yang akan dinyalakan kembali tanpa tombol power.

Ketiga, tahan sambungan pengisian daya tersebut menggunakan tangan sambil menekan tombol volume bawah (-). Keempat, proses ini lakukan hingga HP memunculkan opening sesuai dengan merek masing-masing. Kelima, smartphone Anda berhasil dinyalakan lagi.

Baca Juga:  5 Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Terbaru 2023

Cara Mengatasi HP Mati Total Tanpa Tombol Power Tingkat Lanjutan

Apabila cara mengatasi HP mati total tanpa tombol power di atas telah berhasil dilakukan, maka pastikan untuk melakukan hal berikut. Di mana tutorial lanjutan ini dapat mengantisipasi agar tidak terjadi lagi kebingungan saat daya terlalu habis.

1. Hindari Mengisi Daya Tunggu Lowbat Pada HP Tanpa Tombol Power

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai antisipasi agar tidak terulang kembali mati total yang membuat panik adalah jangan mengisi daya tunggu HP terlalu lowbat. Kondisi ini memicu smartphone yang digunakan terlalu haus dan akhirnya mati total.

Padahal HP yang dimiliki tidak lagi memiliki tombol power (rusak maupun jebol). Oleh karena itu, Anda harus mengisi daya setidaknya saat baterai menunjukkan kapasitas 60 persen. Perhatikan juga cara pengisian daya agar HP tanpa tombol power tidak cepat haus.

  • Keluarkan seluruh aplikasi yang berjalan pada HP tanpa tombol power sebelum diisi daya.
  • Gunakan charger terbaik yang bisa mengisi daya dengan stabil agar baterai HP tanpa tombol power tidak cepat low. 
  • Hindari memakai HP tanpa tombol power saat sedang diisi daya.
  • Apabila terpaksa memakai HP tanpa tombol power saat sedang diisi daya, maka sebaiknya untuk mencabutnya terlebih dulu.
  • Pastikan HP tanpa tombol power diisi daya 100 persen, baru dicabut.
  • Selain itu, pastikan juga charger yang digunakan dicabut setelah pemakaian agar tidak rusak dan stabil saat pengisian daya HP tanpa tombol power.

2. Segera Perbaiki Tombol Power dan Volume HP

Setelah berhasil menerapkan cara mengatasi HP mati total tanpa tombol power sebaiknya segera memperbaikinya. Terutama bagi Anda yang memiliki masalah pada tombol power dan volume yang rusak maupun jebol tidak lagi tersisa.

  • Tombol Power dan Volume HP dapat Diperbaiki Sendiri?

Cara pertama untuk memperbaiki tombol power dan volume yaitu dilakukan sendiri dengan peralatan sederhana. Namun, ada catatan bahwa di sini tombol HP tersebut masih utuh, tidak jebol, dan hanya macet saja.

Baca Juga:  Cara merakit PC sendiri yang mudah untuk pemula

Perbaiki tombol power hp

Siapkan minyak telon atau minyak kayu putih (pilih salah satu saja). Selautya teteskan sedikit pada tombol HP yang macet tersebut. Tekan perlahan secara berulang hingga tombol power dan volume tersebut memberikan respon.

Cara ini akan aman dilakukan dan bisa berhasil asalkan Anda sabar untuk memperbaiki tombol power dan volume HP tersebut. Pasalnya, telah timbul karat pada tombol smartphone yang tidak memberi respon, baik itu power maupun volume. 

  • Perbaiki Tombol Power dan Volume HP ke Service Terpercaya

Namun, saat kondisi HP sudah lebih parah dengan tombol power dan volume yang hancur atau jebol tidak tersisa, ada baiknya diserahkan kepada ahlinya. Anda bisa mencari tukang service terpercaya yang bisa mengatasi smartphone tersebut.

Biasanya, cara mengatasi HP mati total tanpa tombol power dan volume dapat dilakukan oleh service terpercaya. Mereka akan memberikan tombol yang baru untuk smartphone yang rasanya masih disayang tersebut. 

3. Setting Alarm sebagai Penyelamat HP Tanpa Tombol Power

Anda yang berhasil menerapkan tutorial menyalakan kembali HP yang mati total tanpa tombol power harus antisipasi. Selain dari mengisi daya di waktu yang tepat (tidak sampai lowbat), pastika juga untuk setting alarm di smartphone yang tidak punya tombol power.

Pastikan melakukan setting alarm pada waktu tertentu di HP tanpa tombol power. Sesuaikan kebutuhan berapa kali menyetel alarm dengan pengisian daya smartphone yang sudah rusak tersebut. Misalkan, 3 kali sehari, maka atur alarm HP pada pagi, siang, dan malam. 

Hal ini dapat menjadi cara mengatasi HP mati total tanpa tombol power tingkat lanjutan. Cukup isi daya sampai peuh saat smartphone tersebut mati total. Selanjutnya, HP akan menyala sendiri sesuai dengan waktu alarm yang telah diatur.

Leave a Comment