2 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone Mudah, Aman, dan Cepat

Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone sangat dibutuhkan ketika memiliki smartphone baru. Pasalnya, urusan memindahkan kontak ini kerap dianggap sebagai hal merepotkan. Anda tidak perlu lagi mengetik satu per satu kontak untuk dipindahkan.

Aplikasi bawaan maupun tambahan dapat digunakan sebagai pemberi kenyamanan dan kemudahan dalam memindahkan kontak ke iPhone. Anda tidak akan melakukan lagi mengetik ulang seluruh kontak dari Android ke iPhone secara manual

Aplikasi Move to iOS: Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone Mudah 

Anda baru saja membeli ponsel iPhone baru dan berniat memindahkan seluruh kontak yang ada di android, tidak perlu lagi menggunakan cara manual. Kecanggihan iPhone diciptakan untuk memberi kemudahan dan dapat dimanfaatkan untuk memindahkan kontak.

Baca juga: cara atasi hp mati

Apple terkenal sebagai produsen dengan keunggulan yang pasti membantu penggunanya dalam berbagai hal. Apalagi hanya sekadar memindahkan kontak yang ada di ponsel android ke iPhone. Gunakan aplikasi ‘Move to iOS’ agar mudah memindahkan kontak.

Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone

  • Unduh ‘Move to iOS’ Lewat PlayStore

Developer menciptakan aplikasi ‘Move to iOS’ untuk memberikan Anda kemudahan dalam melakukan cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone. Unduh aplikasi ini secara resmi dan gratis melalui PlayStore dari ponsel Android.

Terdapat kelebihan dan kekurangan yang berbeda dari perangkat Android dan iOS. Namun, keduanya diciptakan dengan tujuan yang sama yaitu memperlancar komunikasi melalui smartphone, serta menjalankan berbagai perintah.

  • ‘Move to iOS’ Hanya Cocok untuk Android 4.0 atau Di Atasnya

Perlu menjadi catatan bagi pengguna yang mau memanfaatkan aplikasi ‘Move to iOS’, agar memperhatikan versi Android yang digunakan. Sebab, aplikasi memindahkan kontak ini tidak bisa diterapkan pada seluruh versi Android.

Adapun kebijakan yang telah diatur oleh developer ‘Move to iOS’ yaitu Android yang dapat menjalankan aplikasi ini minimal versi 4.0 ke atas. Apabila versi smartphone ternyata di bawahnya tidak akan bisa dijalankan atau bahkan diakses.

  • Install Aplikasi ‘Move to iOS’ Pakai WiFi Pribadi
Baca Juga:  9 Rekomendasi Cara Edit Foto Background merah

Selain itu, perhatikan tingkat keamanan saat melakukan transfer data (pemindahan kontak) yang tergolong penting ini. Anda sangat dianjurkan memakai jaringan WiFi pribadi bukan WiFi di tempat umum.

  • ‘Move to iOS’ Bukan Aplikasi Pengubah Tampilan

Tidak sedikit pengguna Android salah kaprah terhadap fungsi aplikasi ‘Move to iOS’. Ada yang mengira aplikasi ini mampu mengubah tampilan Android seperti iOS. Faktanya, digunakan sebagai cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone.

  • Bagaimana Cara Menjalankan Aplikasi ‘Move to iOS’?

Pertama, pastikan Anda telah memasang aplikasi ‘Move to iOS’ pada Android dengan kontak yang ingin dipindahkan ke perangkat iOS. Kedua, gunakanlah jaringan WiFi pribadi saat install dan proses pemindahan seluruh kontak.

Sebab, WiFi di tempat umum yang dapat digunakan secara bersama memiliki tingkat keamanan yang rendah. Apalagi kontak pada Android tersebut termasuk di dalam data penting yang bersifat rahasia, dan bahaya diketahui pihak tidak bertanggungjawab. 

Cara ekspor kontak

Ketiga, setelah install lakukan login dengan memasukkan password atau bisa juga pakai akun Gmail untuk mengakses ‘Move to iOS’. Di sinilah juga letak keamanan harus diperhatikan, jadi gunakanlah jaringan WiFi pribadi.

Kenapa tidak pakai paket data internet saja untuk proses pemindahan kontak pakai ‘Move to iOS’? Hal ini dikarenakan prosesnya membutuhkan jaringan yang kuat agar prosesnya menjadi cepat, kalau data pribadi pasti butuh banyak kuota.

Selanjutnya, cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone pakai ‘Move to iOS’ dilakukan dengan memilih menu ‘Contacts’. Kemudian klik ‘Next’ yang terletak di sudut kanan atas pada aplikasi ‘Move to iOS’.

Baca Juga:  Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Terbaru MIUI dengan Mudah

Tunggulah proses pemindahan kontak tersebut pakai ‘Move to iOS’. Cepat atau lama tergantung dari kekuatan sinyal yang digunakan dan juga banyaknya kontak yang dipindahkan. Saat muncul ‘Transfer Complete’ pada layar, maka klik ‘Done’.

Sinkronisasi Google: Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone Aman dan Cepat

Pengguna smartphone, baik Android maupun iOS pasti sudah mempunyai akun pada Google berupa Gmail. Hal ini sebenarnya akan mempermudahkan Anda untuk memindahkan kontak ketika sudah melakukan sinkronisasi terhadap perangkat yang digunakan.

Sinkronisasi google u tuk ekspor kontak

Tidak perlu khawatir bagi Anda yang belum melakukan sinkronisasi terhadap kontak dengan akun Google. Sebab, prosesnya mudah, aman, cepat, dan dapat melakukan sinkronisasi Google secara manual. Jelas ini akan memberikan kemudahan saat harus ganti iPhone.

Umumnya, Google melakukan otomatisasi dalam membackup kontak yang telah disinkronkan pada suatu perangkat. Apabila semua kontak di Android telah tersinkronisasi dengan akun Google, maka lakukan pengaturan pada perangkat iPhone.

  • Buka ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ dari iPhone

Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone yaitu dengan membuka menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ dari iPhone. Anda akan menemukan beragam hal yang dapat diatur di dalam menu tersebut sesuai dengan kebutuhan penggunaan iOS.

  • Pilih Menu ‘Mail, Contacts, Calendar’ iPhone

Temukan dan pilih menu ‘Mail, Contacts, Calendar’ dari iPhone untuk memindahkan seluruh kontak yang ada di Android. Anda diwajibkan untuk login dengan akun Gmail yang sama dengan akun sinkronisasi pada Android di perangkat iOS.

Pasalnya, seluruh kontak dari Android secara otomatis akan pindah ke iPhone. Selanjutnya, pastikan Anda memberikan centang pada kolom ‘Contacts’ untuk memindahkan seluruh kontak tersebut ke perangkat iOS.

Baca Juga:  5 Cara Buat Avatar AI Aplikasi Lensa, yang Viral

Tunggu beberapa saat proses pemindahan seluruh kontak dari Android ke iPhone menggunakan sistem sinkronisasi Google. Proses memindahkan kontak ini sangat cepat, apalagi jika menggunakan jaringan internet yang stabil pada iPhone.

  • Kelebihan Sinkronisasi Akun Google Pada Perangkat Android dan iOS

Jangan pernah mengabaikan sinkronisasi akun Google yang dimiliki dengan perangkat smartphone yang digunakan, baik itu Android maupun iOS. Ada beberapa kelebihan yang dapat dirasakan oleh Anda saat melakukan sinkronisasi tersebut. 

Backup data secara otomatis dapat dihasilkan dengan sinkronisasi akun Google dengan perangkat smartphone yang digunakan. Anda tetap dapat menyelamatkan data yang dimiliki meski mengganti ponsel dari Android ke iPhone.

Terutama jika dimanfaatkan sebagai cara memindahkan kontak dari android ke iPhone. Pasti jauh lebih mudah dan simple sinkronisasi, ketimbang menggunakan aplikasi tambahan yang menambah beban memori dan juga data internet.

Selain itu, dengan menggunakan sinkronisasi akun Google dengan perangkat yang digunakan akan membantu Anda apabila ponsel mendadak hilang. Melacak keberadaan atau sekedar backup data bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Anda tentu menemukan kelebihan dan kelemahan dari kedua cara yang ditawarkan untuk melakukan pemindahan kontak tersebut. Tidak ada larangan bagi yang lebih menyukai aplikasi tambahan untuk menyalin kontak ke iPhone yang dianggap lebih mudah dilakukan.

Namun, pastikan Android yang akan dipasang aplikasi ‘Move to iOS’ tersebut memenuhi persyaratan. Sebab, tidak bisa dipaksakan untuk diakses apabila versi Android tidak mendukung. Jangan memaksakan juga apabila tidak memiliki jaringan WiFi pribadi.

Pertimbangkan selalu sebelum memilih dari kedua cara memindahkan kontak dari android ke iPhone tersebut. Sebab, tidak sekadar mudah, tapi juga memiliki proses yang aman dan cepat sangat layak dipertimbangkan dalam memindahkan kontak.

Leave a Comment