7 Cara Reset Setting Notifikasi Android Lengkap Beserta Penjelasannya

Ponsel Android dengan segala kelebihan saat ini menjadi salah satu perangkat yang sangat penting. Dengan bantuan aplikasi, semua pekerjaan dan tugas dapat diselesaikan dengan mudah termasuk cara reset setting notifikasi android.

Hal yang cukup penting pada ponsel Android adalah juga berupa notifikasi. Dimana notifikasi ini menjadi penanda awal jika ada hal-hal baru yang dilakukan pada ponsel tersebut.

Baca juga: mobil listrik

Pengertian Notifikasi Yang Perlu Diketahui

Notifikasi adalah pesan yang ditampilkan Android untuk memberikan pengingat atau informasi terkini lainnya tentang aplikasi Anda. Anda juga bisa mengetuk notifikasi untuk membuka aplikasi atau mengambil tindakan secara langsung.

cara reset setting notifikasi android

Halaman ini memberikan ikhtisar di mana notifikasi akan muncul dan fitur apa saja yang tersedia. Untuk mulai membuat lansiran, lihat Membuat Lansiran. Untuk informasi selengkapnya tentang pola komunikasi dan desain, lihat panduan desainnya dibawah ini.

Tampilan Perangkat 

Notifikasi secara otomatis ditampilkan kepada pengguna di berbagai lokasi dan format. Cara reset setting notifikasi android dengan ikon bilah status, label halus di kotak notifikasi, lencana di ikon aplikasi, dan  perangkat seluler yang terhubung. 

Bilah Status Dan Kotak Pemberitahuan 

Saat pemberitahuan dikeluarkan, pertama kali muncul sebagai ikon di bilah status. Anda dapat membuka kotak notifikasi dengan menggesek bilah status ke bawah serta melihat lebih banyak informasi didalamnya.

Pengguna dapat menurunkan notifikasi samping untuk membuka tampilan yang diperluas yang menampilkan konten tambahan dan tombol aksi, jika ada. Pesan akan muncul di kotak notifikasi hingga  aplikasi atau pengguna keluar.

Pendahuluan

Dimulai dengan Android 5.0, pemberitahuan dapat muncul sebentar di jendela mengambang yang disebut pra-pemberitahuan. Perilaku ini biasanya berlaku untuk notifikasi penting yang memerlukan perhatian langsung dari pengguna.

Baca Juga:  Cara Menambah Watermark di Word, Dokumen Jadi Lebih Aman

Pra-pemberitahuan muncul saat aplikasi Anda mengirim pemberitahuan dan segera menghilang, tetapi muncul di kotak pemberitahuan seperti biasa. Contoh kondisi cara reset setting notifikasi android yang dapat memicu pra-pemberitahuan adalah: 

  • Tindakan pengguna dalam mode layar penuh (aplikasi menggunakan fullScreenIntent).
  • Notifikasi memiliki prioritas tinggi dan pada perangkat dengan Android 7.1 (API level 25) atau lebih lama menggunakan dering atau getar. 
  • Saluran notifikasi sangat penting pada perangkat dengan Android 8.0 (API level 26) atau lebih baru

Layar Kunci 

Dimulai dengan Android 5.0, notifikasi dapat muncul di layar kunci. Anda dapat menentukan secara terprogram seberapa detail notifikasi yang dikirim oleh aplikasi Anda ditampilkan di layar kunci aman, atau bahkan apakah notifikasi ditampilkan.

Setting notifikasi android

Pengguna dapat menggunakan Preferensi Sistem untuk memilih tingkat detail notifikasi layar kunci, termasuk opsi untuk mematikan semua notifikasinya. Dimulai dengan Android 8.0, pengguna dapat mengatur notifikasi layar kunci untuk setiap salurannya.

Tanda Ikon Aplikasi 

Di peluncur yang didukung pada perangkat yang menjalankan Android 8.0 (API level 26) atau lebih baru. Cara reset setting notifikasi android dengan ikon aplikasi diwakili oleh “tanda” berwarna (juga disebut pada ikon peluncur aplikasi yang sesuai.

Pengguna dapat melihat notifikasi aplikasi dengan menekan lama ikon aplikasi. Pengguna kemudian dapat menutup notifikasi atau bertindak pada menu ini seperti di kotak notifikasi.

Perangkat Wear OS 

Saat pengguna menghubungkan perangkat Wear OS, semua notifikasi, termasuk informasi yang dapat diperluas dan tombol tindakan, akan otomatis muncul di sana. Anda juga dapat meningkatkan kualitas penggunaan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Notification Anatomy 

Desain notifikasi ditentukan oleh template sistem aplikasi Anda hanya menentukan konten dari setiap bagian template. Beberapa informasi pemberitahuan hanya terlihat dalam tampilan yang diperluas. 

Baca Juga:  Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Upgrade ke Windows 10 Pro!

Penggunaan template sistem lebih direkomendasikan untuk memastikan kompatibilitas desain perangkat yang benar. Namun, jika mau Anda dapat membuat tata letak pemberitahuan khusus dengan cara reset setting notifikasi android.

Dengan begitu tampilan notifikasi juga bisa disesuaikan dengan baik untuk keperluan yang berbeda. Anda dapat memaksimalkan fungsi penggunaan yang telah tersedia dengan cukup baik.

Perihal satu atau dua hal yang mungkin bisa ikut mempengaruhi kinerja dari ponsel pada notifikasi bisa Anda ubah pada pengaturannya. Untuk itu perlu ketelitian khusus untuk mengenali detail desain yang digunakan.

Cara Reset Setting Notifikasi Android Dengan Sangat Mudah

Android mungkin juga memiliki kelemahan yang sering dialami penggunanya. Salah satunya adalah tidak adanya notifikasi dari aplikasi smartphone. Hal ini bisa menjadi sulit dan perlu respon cepat dengan cara reset setting notifikasi android.

cara reset setting notifikasi android

Seperti saja misalnya untuk membalas chat WhatsApp dari atasan, menunggu email balasan atau sekadar pesan hadiah Instagram. Bagi Anda yang ponsel androidnya sedang menghadapi masalah ini, bisa mengatasinya dengan cara sebagai berikut:

Restart Smartphone 

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi semua masalah smartphone android adalah dengan melakukan reboot/restart perangkat. Anda bisa segera mencobanya termasuk untuk masalah  tidak muncul notifikasi.

Setelah reboot, semua proses yang sedang berjalan di ponsel Android Anda akan berhenti dan semuanya akan kembali ke keadaan semula. Hal itulah yang dapat menghilangkan beberapa masalah yang Anda alami pada ponsel yang dimiliki.

Cek Setting Notifikasi 

Jika setelah dengan cara reset setting aplikasi android, aplikasi yang Anda gunakan masih tidak mau menampilkan notifikasi, masalahnya mungkin ada di bagian Pengaturan Notifikasi. Ini mungkin karena Anda bahkan mematikan notifikasi aplikasi. 

Baca Juga:  Inilah Cara Edit Foto di IG Tanpa Aplikasi Tambahan Anti Ribet

Cek Izin Aplikasi Latar Belakang 

Jika tidak ada masalah di bagian pengaturan notifikasi, periksa pengaturan latar belakang (baik izin latar belakang aplikasi maupun informasi latar belakang). Jika opsi tersebut tidak aktif, tentu saja Anda tidak akan melihat notifikasi  di perangkat Anda.

Nonaktifkan Penghemat Daya 

Notifikasi aplikasi otomatis tidak muncul begitu Anda membuka aplikasi  secara langsung. Jadi, pastikan Anda telah menonaktifkan kedua opsi tersebut jika Anda ingin notifikasi tetap  muncul di ponsel Android Anda. 

Matikan Mode Jangan Ganggu 

Notifikasi Android tidak muncul mungkin karena Anda lupa mematikan Jangan Ganggu setelah menggunakannya. Mode ini berguna untuk mengurangi gangguan notifikasi smartphone. Namun terkadang bisa lupa mematikan mode setelah aktivasinya.

Riwayat notifikasi android

Instal Ulang Aplikasi 

Setelah mencoba cara reset setting notifikasi android diatas, hampir dapat dipastikan bahwa masalahnya bukan pada ponsel Anda. Kesalahan hanya karena aplikasi yang Anda gunakan. Instal ulang aplikasi untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Jika masalah tetap berlanjut, laporkan ke pengembang dan tunggu  perbaikan  di pembaruan berikutnya. Dengan begitu ponsel Anda bisa segera kembali seperti semula, karena ditangani dengan cepat.

Factory Reset 

Cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah smartphone Android adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini ampuh untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan awal pabrik, membuat smartphone seolah terlahir kembali.

Namun, ingat bahwa reset pabrik akan menghapus semua data Anda, jadi cadangkan data Anda terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan sebelum kemudian Anda memilih untuk mereset ponsel kembali pada pengaturan awal saat pertama kali membelinya.

Sekian ulasan lengkap terkait cara reset setting notifikasi Android yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi yang menarik untuk memudahkan Anda saat mengatur smartphone dengan baik.

Leave a Comment