Tips memilih PSU berkualitas yang awet dan bagus

Pilihlah power supply terbaik agar PC hardware anda selalu terjamin mendapat pasokan listrik yang stabil. Ini dia tips memilih PSU berkualitas yang awet dan bagus.

Fungsi utama dari power supply adalah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Sebab komponen seperti motherboard, VGA card, dan hardware lain hanya bisa bekerja pada arus DC.

PSU yang bagus akan selalu sanggup memberikan suplai sesuai yang dibutuhkan oleh motherboard dan komponen PC lainnya.

Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara PSU abal-abal dengan PSU yang berkualitas bagus. Saat ini sudah beredar banyak varian PSU dari berbagai merk.

Jangan sampai salah pilih PSU, terutama jika sudah menggunakan motherboard, prosesor dan VGA mahal yang bisa mencapai puluhan juta rupiah keatas.

Akan jauh lebih baik membeli PSU mahal tetapi berkualitas daripada menggunakan psu murah tetapi abal-abal. Sebab psu abal-abal dapat merusak hardware PC seperti RAM, VGA, hingga motherboard karena arus listrik yang buruk.

Dan perlu diingat juga kalau membeli PSU yang bagus adalah salah satu investasi jangka panjang. Sebab anda tidak perlu membeli lagi sekalipun ingin melakukan upgrade pada komponen lain seperti RAM, CPU hingga VGA.

Tips memilih PSU berkualitas yang awet dan bagus

Cara yang paling mudah untuk mengetahui PSU itu jelek atau tidak, dapat anda pegang langsung barangnya. Anda
bisa mengangkat PSU tersebut dan merasakan apakah terasa berat atau ringan ?

PSU yang bagus biasanya memiliki bobot yang berat, sedangkan PSU abal-abal biasanya sangat ringan. Dan jika anda lihat komponen PSU bagian dalam maka akan makin terlihat perbedaanya.

Baca Juga:  Monitor 24 inch murah terbaik harga 1 Jutaan

Tips memilih PSU berkualitas yang awet dan bagus

PSU berkualitas bagus akan menggunakan komponen yang padat berisi. Mulai dari kapasitor yang besar buatan Jepang hingga heatsink untuk meredam panas setiap komponen PSU.

Sedangkan PSU murahan biasanya hanya menggunakan komponen ala kadarnya dan tanpa menggunakan heatsink. Itu sebabnya PSU abal-abal biasanya jauh lebih ringan bobotnya dari PSU bagus.

1. PSU bergaransi resmi

Garansi resmi adalah salah satu faktor penting yang harus anda pertimbangkan ketika ingin memilih PSU bagus. Produsen PSU ternama yang sudah kredibel biasanya berani memberikan garansi mulai dari 3 tahun hingga 5 tahun lebih.

Hindari membeli PSU yang tidak memiliki garansi resmi apalagi membeli PSU bekas. Sebab perlu anda ketahui bahwa seiring dengan umur pemakaian PSU maka performanya juga akan berkurang. Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak membeli PSU bekas.

2. Rating 80 plus

Tips memilih PSU berkualitas yang awet dan bagus

Tips memilih PSU berkualitas berikutnya yaitu melihat dari tingkat ratingnya. PSU ternama serperti Cooler master, Corsair, Seasonic, FSP dan psu bagus lainnya biasanya sudah mengantongi rating 80 plus.

Sedangkan PSU abal-abal biasanya sama sekali tidak memiliki rating 80 plus yang bisa anda lihat langsung pada bodi PSU.

Rating 80 plus ini mengartikan bahwa PSU tersebut sudah memiliki tingkat efisiensi yang bagus. Adapun pemberian rating 80 plus ini juga masih memiliki perbedaan tingkat.

Sebut saja mulai dari white, bronze, silver hingga gold, platinum dan titanium. PSU kelas menengah bawah biasanya memiliki rating 80 plus white, bronze dan silver.

Sedangkan rating gold, platinum dan titanium lebih ditujukan untuk PSU flagship yang harganya lebih mahal namun setara dengan performa terbaiknya.

3. Single Rail

rail PSU berkualitas

Hati-hati dalam memilih PSU karena PSU yang bagus belum tentu single rail sekalipun sudah memiliki rating 80 plus.

Buat yang belum tahu apa itu single rail, PSU itu mempunyai dua jenis desain sistem suplai yaitu single rail dan multi rail.

Baca Juga:  6 Cara  Mudah Mendapatkan Kode Koin Webtoon Gratis

PSU yang bagus sudah tentu bertipe single rail, sedangkan PSU multi rail bukan berarti tidak bagus. Namun dapat membuat anda menjadi salah perhitungan yang bisa berakibat fatal.

Sebagai contoh PSU 500 watt dengan tipe single rail dapat menyuplai arus listrik total pada +12volt hanya dengan satu rail saja (satu kabel 8 pin atau 4+4 pin).

Sedangkan PSU 500 watt dengan tipe multi rail tidak dapat menyuplai langsung total 500 watt, biasanya terbagi bagi menjadi beberapa kabel.

Untuk mengetahui perbedaan PSU single rail dan multi rail bisa anda lihat langsung pada bagian tabel daya input output yang ada di bodi luar PSU.

4. Punya fitur proteksi lengkap

Seperti kita ketahui bahwa arus listrik dari PLN sudah terkenal sekali dengan banyak gangguan. Mulai dari gangguan seperti over voltage, under voltage, over current hingga short circuit protection.

Meskipun sudah menggunakan motherboard flagship, CPU, flagship, vga flagship dan lainnya. Tetap saja kalau hardware hardware tersebut sangat sensitif dengan tegangan dan arus listrik.

Sudah banyak kasus kerusakan hardware seperti RAM yang blue screen, VGA artefak, kapasitor mobo terbakar hingga PC mati total. Kesemuanya itu disebabkan oleh gangguan kelistrikan.

Dengan menggunakan PSU yang sudah dilengkapi dengan fitur proteksi gangguan arus maka dapat mencegah hal buruk ini terjadi.

Biasanya PSU bagus yang sudah memiliki fitur ini akan mengklaim setidaknya 5 dari 6 fitur yang ada. Contohnya seperti OCP, OVP, OPP, SCP, OTP, dan UVP.

Sedangkan PSU abal-abal sudah pasti tidak memiliki fitur proteksi tersebut. Jadi jika ada arus listrik berlebih atau tegangan naik turun, maka sudah pasti hardware PC anda akan lebih cepat rusak !

Baca Juga:  Monitor gaming 4k terbaik yang bagus dan awet 2023

Baca juga : Rekomendasi power supply terbaik 80 plus yang awet

5. Brand PSU yang bagus

Seasonic, Corsair, FSP, Asus ROG, dan Cooler Master, itu semua adalah brand pemain lama yang sudah berpengalaman membuat PSU handal.

Akan tetapi perlu diketahui juga bahwa produsen mereka saat ini sudah mengeluarkan banyak varian PSU. Jadi kualitasnya juga menyesuaikan sesuai harga seperti untuk segmen entry level hingga flagship.

Anda bisa menyesuaikan budget untuk memilih PSU terbaik sesuai kebutuhan PC yang sedang di rakit saat ini.
Perlu diketahui juga bahwa PSU flagship biasanya juga memiliki fitur ekstra yang tidak terdapat pada PSU kelas menengah bawah.

Sebagai contoh, PSU flagship dari Asus ROG biasanya memiliki LED dan OLED display untuk memberi informasi tambahan seperti total konsumsi Watt, suhu hingga tampilan animasi yang keren.

Fitur-fitur dari PSU ini memang tidak begitu penting untuk anda yang mengabaikan keindahan desain. Namun untuk PC rakitan kelas atas yang ingin memiliki tampilan bagus dan unik maka bisa gunakan brand PSU flagship seperti Asus ROG.

6. Kabel Modular VS Non Modular

Dari sisi kabel, akan jauh lebih bagus memilih PSU dengan kabel jenis modular daripada yang non modular. Terlebih sekarang sudah banyak produsen PSU yang menawarkan tipe modular dengan harga terjangkau.

PSU dengan kabel modular dapat mempermudah anda untuk merapikan kabel pada dalaman casing PC. Sedangkan untuk tipe PSU non modular akan jauh lebih sulit karena sudah terpasang permanen dan tidak dapat di copot sekalipun kabelnya tidak terpakai.

Nah, itu tadi beberapa tips memilih PSU berkualitas yang awet dan bagus. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai tips memilih PSU berkualitas ini dapat membantu para pembaca untuk mengetahui lebih jelas antara psu abal-abal dengan yang bagus.

Leave a Comment