Rekomendasi power supply terbaik 80 plus yang awet

Ini dia rekomendasi power supply terbaik 80 plus yang awet untuk PC rakitan kelas antusias ! Seperti kita ketahui bahwa hardware masa kini menuntut suplai daya yang besar.

Baik itu CPU maupun GPU modern kelas atas saat ini membutuhkan daya hingga ratusan watt yang tentunya harus menggunakan PSU khusus. Jika anda sudah mempunyai budget besar untuk merakit PC maka jangan sampai menggunakan PSU abal-abal !

Memang tidak masalah jika PC jadul menggunakan PSU ala kadarnya seperti bawaan chasing. Sebab PC dahulu hanya menggunakan clock speed rendah dengan menggunakan satuan MHz. Namun CPU masa kini sudah menggunakan clock speed GHz.

Masih banyak orang yang menyepelekan PSU dalam sebuah sistem PC. Padahal PSU bisa dianggap sebagai jantung nya PC yang bisa membuat sistem stabil secara keseluruhan.

Untuk anda yang sedang merakit PC high end maka berikut ini beberapa rekomendasi power supply terbaik yang sudah memiliki sertifikat 80 plus.

Rekomendasi power supply terbaik 80 plus yang awet

1. Hydro G Pro

Rekomendasi power supply terbaik 80 plus yang awet

Brand FSP sudah memiliki banyak pengalaman dalam membuat power supply untuk memenuhi kebutuhan PC rakitan. Hydro G Pro adalah salah satu dari varian power supply FSP yang termasuk kategori flagship.

PSU ini sangat cocok anda sandingkan dengan CPU Intel alder lake hingga raptor lake yang merupakan generasi terbaru saat ini. Begitu juga dengan prosesor AMD seri flaghips nya yaitu Ryzen series.

Terlebih jika anda memang memiliki rencana untuk melakukan overclocking ekstrim pada PC rakitan anda. Maka PSU Hydro G Pro ini bisa menjadi pilihan utama anda.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Desktop Windows 11/10 Freeze, Cek Penyebabnya Di sini!

Adapun fitur unggulan dari PSU FSP Hydro G Pro ini sudah memiliki berbagai perlindungan maksimal. Sebut saja OCP, OVP, OPP, SCP, OTP.

  1. OCP (Over Current Protection)
  2. OVP (Over Voltage Protection)
  3. OPP (Over Power Protection)
  4. SCP (Short Circuit Protection)
  5. OTP (Over Temperature Protection)

Perlu anda ketahui bahwa salah satu penyebab kerusakan pada hardware umumnya disebabkan oleh masalah kelistrikan. Dan PSU Hydro G Pro ini sudah dilengkapi berbagai fitur pengaman seperti yang sudah disebutkan tadi (OCP, OVP, OPP, SCP, OTP).

Tidak hanya sampai disitu saja, PSU flaghsip yang bernama Hydro G Pro ini juga memiliki fitur yang bernama ECO mode. Terdapat sebuah tombol on off untuk mengatur ECO mode. Fitur ECO ini berfungsi untuk membuat kipas PSU mati sendiri apabila sedang tidak ada load di atas 30 persen. Dan akan menyala sendiri ketika PSU sedang load lebih dari 30 persen.

Jika anda tidak suka dengan ECO mode, anda cukup tekan tombol eco off pada belakang PSU. Dengan demikian kipas akan berputar terus baik saat sedang load maupun tidak.

2. HYDRO K PRO

Rekomendasi power supply terbaik 80 plus yang awet

Rekomendasi power supply terbaik berikutnya masih dari brand FSP yang kali ini bernama Hydro K Pro. Varian ini memiliki fitur utama yang hampir mirip dari seri FSP flagship lainnya.

Bedanya dari Hyrdro G Pro yaitu pada Hydro K pro menggunakan kabel non modular. Jadi jika kabel ingin rapi pada casing maka anda butuh usaha ekstra agar kabel non modular ini tidak membuat kesan yang berantakan.

PSU FSP Hydro K Pro ini juga tidak memiliki fitur Eco mode seperti pada varian G PRO. Jadi kipas PSU ini akan terus berputar selama PC menyala. Namun tenang saja karena putaran kipasnya sama sekali tidak berisik.

Baca Juga:  Cara mematikan auto update windows 11

Baik Hydro G pro maupun Hydro K pro sudah sama-sama menggunakan single rail plus 12 volt. Itu artinya anda tidak perlu lagi khawatir ketika memasangkan kabel ke VGA high end yang butuh power besar. Sebab PSU single rail ini mampu membagi sendiri arus sesuai yang dibutuhkan masing-masing hardware.

3. ROG Strix 1000W

ROG Rekomendasi power supply terbaik

Dalam dunia PC rakitan, ASUS memang sudah terkenal dengan produk-produk unggulannya. Mulai dari casing PC full tower, motherboard, monitor, keyboard, mouse dan tentunya power supply. Berbagai Hardware dari Asus yang telah menyandang gelar ROG pastinya adalah produk-produk flagship dengan kualitas terbaiknya.

ROG Strix 1000W ini hadir dengan desain yang sangat elegan. Cocok untuk anda perakit PC yang suka dengan desain logo khas dari republic of gamers. Dari sisi desain, PSU ini mempunyai logo ROG dengan RGB yang keren.

Sebagai power supply flagship kelas ROG maka pastinya sudah memiliki full fitur protection seperti OPP/OVP/UVP/SCP/OCP/OTP. VGA card, motherboard dan hardware PC lainnya pasti akan lebih terjamin keawetannya karena disuplai oleh PSU berkualitas tinggi.

Untuk urusan kabel, PSU ROG Strix 1000W sudah menggunakan kabel full modular. Jadi akan mudah pastinya untuk merapikan kabel saat anda sedang merakit PC.

Keunggulan fitur lainnya juga terlihat dari fan milik ROG Strix 1000W yang memiliki 0DB Technology. Ini artinya kipas PSU ROG Strix ini akan otomatis mati atau tidak berputar saat sedang tidak di load melebihi 60 persen.

Saat VGA card dan CPU sedang membutuhkan daya besar dan load PSU nya melebihi 60 persen, barulah kipas PSU ini berputar untuk mendinginkan komponen. Dengan demikian fitur ini bisa membuat PSU yang tenang karena kipas nya sama sekali tidak menghasilkan bunyi yang berarti.

4. ROG THOR 1200P

ROG THOR 1200P

Asus ROG THOR 1200P hadir sebagai rekomendasi power supply terbaik untuk mendukung hardware PC flaghsip. PSU keren ini memiliki logo ROG RGB yang akan tampak menarik ketika anda melihat dari bagian dalam casing PC.

Baca Juga:  Tahukah Anda Apa Itu Windows 10 Media Creation Tool? Keunggulan Serta Cara Menggunakannya

Tidak hanya itu saja, power supply ROG THOR 1200P ini bahkan dilengkapi dengan OLED display yang bisa membantu pengguna untuk memonitor power draw. OLED display ini akan mempermudah anda untuk melihat dan mengetahui berapa watt dari total sistem saat sedang menjalankan software tertentu secara real time.

Pihak Asus juga mengklaim bahwa PSU ROG Thor 1200P ini telah mengantongi sertifikat 80 plus Platinum ! Tidak heran karena semua komponen dalaman PSU ini menggunakan kualitas premium yang bisa anda lihat sendiri dari sela-sela kipas.

Power supply ROG THOR 1200P sangat direkomendasikan untuk CPU yang membutuhkan power tinggi seperti Intel i9 gen 12 dan gen 13, Ryzen 9, hingga AMD threadripper. Termasuk juga VGA high end saat ini yaitu RTX 3090ti hingga RTX 4090 yang membutuhkan power sangat besar.

Baca juga : Heatsink terbaik untuk PC rakitan prosesor Intel dan AMD

5. Corsair HX1200

Rekomendasi power supply terbaik

Tidak ketinggalan juga dengan Corsair HX1200 yang juga menjadi rekomendasi power supply terbaik sepanjang masa ! Jika Nvidia, Intel dan AMD sedang mengeluarkan produk flaghsip yang membutuhkan power super besar maka PSU ini bisa selalu anda andalkan.

Kabelnya sudah full modular, mengantongi sertifikat 80 plus platinum, dan tentunya full proteksi dari berbagai gangguan kelistrikan. PSU Corsair ini menggunakan kapsitor made in Japan yang pastinya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Dengan ukuran fisik PSU yang bongsor maka sangat disarankan untuk menggunakan casing PC besar agar bisa lebih leluasa ketika anda sedang merakitnya.

Leave a Comment