Heatsink terbaik untuk PC rakitan prosesor Intel dan AMD

Ini dia pilihan heatsink terbaik untuk PC rakitan prosesor Intel dan AMD. Jangan sampai salah pilih ! Prosesor modern sekarang umumnya sudah multi core semua yang membutuhkan sistem pendingin mumpuni.

HSF (Heatsink + fan) bawaan Intel atau AMD saat ini umumnya memiliki kualitas yang buruk. Dengan kipas yang berisik, ditambah lagi performa yang buruk dalam menyerap panas dari prosesor sangatlah mengecewakan.

Orang yang memilih desktop PC ketimbang laptop, umumnya tertarik karena sistem pendingin yang lebih baik. Desktop PC rakitan mempunyai ruang yang cukup untuk membangun sistem pendingin yang jauh lebih baik dari laptop.

Terutama saat prosesor dalam kondisi full load, saat semua core berjalan 100% secara terus-menerus. Pastinya tanpa kualitas heatsink yang mumpuni maka akan terjadi panas yang berlebihan (overheat). Dan keadaan ini dapat merusak komponen PC apabila anda membiarkannya begitu saja.

Untuk prosesor terbaru seperti alder lake dan Ryzen, pihak Intel dan AMD bahkan tidak memberikan HSF sama sekali dalam paket pembeliannya.

Dan jikapun memberikan HSF bawaan, biasanya hanya memberi HSF dengan kualitas ala kadarnya saja. Misalnya saja pada core i3 12100f gen 12 yang untuk konsumen entry level.

HSF bawaan intel untuk i3 12100f ini rupanya juga tidak mampu “mendinginkan” prosesor alder lake kelas entry level ini. Dalam kondisi idle saja suhunya sudah mencapai 50 derajat celcius dengan putaran kipas 100 persen.

Nah, maka dari itu untuk anda yang tidak puas dengan HSF bawaan intel dan amd bisa membeli HSF sendiri yang memiliki kualitas lebih bagus.

Berikut ini rekokmendasi heatsink terbaik untuk PC rakitan prosesor Intel dan AMD yang bisa anda jadikan referensi terbaik.

Heatsink terbaik untuk PC rakitan prosesor Intel dan AMD

1. NH-D15

Heatsink terbaik untuk PC rakitan prosesor Intel dan AMD

Bicara soal heatsink terbaik untuk PC rakitan, maka sudah pasti Noctua menjadi peringkat utama. Namanya sudah terkenal secara internasional, merk ini bisa menjadi rekomendasi pertama untuk anda pilih.

Baca Juga:  Cara mematikan auto update windows 11

Yang lebih menarik lagi, pihak Noctua tidak menggunakan istilah TDP untuk mengukur rating seperti kebanyakan brand lainnya.

Karena pemberian nilai TDP dianggap banyak memiliki kekurangan, maka Noctua mempunyai sistem rating sendiri yang bernama NSPR.

Noctua Standardised Performance Rating (NSPR) adalah “TDP” nya versi Noctua yang bisa membantu para pengguna untuk membandingkan besarnya efisiensi pendingin antar produk Noctua.

Heatsink Fan seri NH-D15 adalah produk andalan Noctua terbaik. Dengan memiliki nilai NSPR 183, HSF besutan Noctua ini mampu meredam panas dari CPU flagship Intel dan AMD.

Tidak tanggung-tanggung, Noctua NH-D15 memiliki 6 heatpipe yang mampu menyedot panas dari CPU secara optimal.

Terdapat dua tower dan dua kipas ukuran 140mm yang pastinya bisa berputar tanpa berisik. Bahkan dengan RPM 100% pun kedua kipas buatan Noctua ini juga dapat mendinginkan CPU tanpa menimbulkan suara yang berarti.

Sebagai seri flaghsip dari HSF Noctua tentunya sudah kompatibel dengan socket CPU Intel dan AMD dengan banyak varian.

2. NH-D15 chromax black

Noctua juga mempunyai varian NH-D15 dengan warna dominan Hitam yang bernama NH-D15 chromax black. Meskipun berbeda tampilan warna namun HSF NH-D15 seri black ini juga mempunyai nilai NSPR yang sama yaitu 183.

Jika anda sedang merakit PC yang menginginkan dominan warna hitam maka HSF Chromax black ini bisa menyelaraskan tampilan secara keseluruhan.

Pada bagian fan heatsink ini juga tidak ada RGB sama sekali, sehingga memang cocok untuk anda yang ingin merakit PC tanpa adanya lampu kelap-kelip sama sekali.

Baca Juga:  Merk PSU murah terbaik di bawah 1 jutaan

3. NH-U12A

Heatsink terbaik untuk PC rakitan

Tahukah anda dibalik performa terbaik HSF NH-D15 yang memiliki nilai NSPR tertinggi, ternyata mempunyai satu kekurangan !

Ya, dengan ukurannya yang super besar pastinya akan sangat memakan tempat hingga menghalangi pemasangan RAM. Terutama jika anda ingin memasang RAM yang memiliki bentuk cukup tinggi pada motherboard.

Jadi mau tidak mau jika anda memilih NH-D15 sebagai cooler pada sistem PC maka hanya bisa menggunakan jenis ram yang terbatas.

Nah, jika anda tetap ingin bisa memasang RAM yang memiliki bodi tinggi maka HSF seri NH-U12A adalah solusi terbaiknya.

Pihak Noctua mengklaim bahwa untuk seri NH-U12A memiliki bentuk yang tidak akan menabrak posisi pemasangan RAM pada motherboard.

Adapun NH-U12A memiliki nilai NSPR sebesar 169, sedikit lebih rendah dari NH-D15 namun tetap sangat recommended.

NH-U12A juga memiliki dua kipas CPU pada kedua sisi heatsink nya. Kedua kipas itu bisa anda atur kecepatannya melalui settingan bios motherboard.

Baca juga : Cara merakit PC sendiri yang mudah untuk pemula

4. NH-U12A chromax black

Jika ingin NH-U12A yang versi hitam maka anda bisa memilih chromax black versi NH-U12A. Dari segi ukuran, spesifikasi dan nilai NSPR tetap sama persis dengan versi NH-U12A.

Bedanya hanya pada tampilan warna saja, dan biasanya para penjual baik online maupun offline menjual versi Chromax black dengan sedikit lebih mahal.

Bagi anda yang ingin atau suka dengan warna gelap maka HSF ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika motherboard, casing PC dan hardware lain juga sudah menggunakan warna gelap, maka NH-U12A chromax black bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. MasterAir MA612 Stealth ARGB

Selain Noctua, masih ada Cooler Master yang juga memiliki produk heatsink terbaik untuk PC rakitan prosesor Intel dan AMD.

Baca Juga:  Water cooling terbaik AIO 360 untuk PC gaming

Berbeda dengan produk-produk Noctua, HSF flagship milik Cooler Master ini justru menggunakan banyak lampu RBG pada bagian fannya.

Dan ini cocok untuk anda yang suka dengan keindahan RBG !

Salah satu produk flagship dari Cooler master adalah MasterAir MA612 Stealth ARGB. Memiliki 6 heatpipe, dual fan, dan pengontrol aRGB.

Tampilan yang elegan dari HSF besutan Cooler master pastinya membuat banyak orang yang melihatnya akan terpesona.

Belum lagi dengan RGB yang bisa diatur warnanya sesuai keinginan pengguna. MasterAir MA612 Stealth ARGB ini sudah pasti kompatibel dengan prosesor AMD dan Intel. Jadi anda tidak usah khawatir dengan CPU yang digunakan saat ini.

6. AK620 ZERO DARK

Tak mau ketinggalan dengan Noctua dan Cooler Master, sebagai pengguna anda juga bisa mempertimbangkan HSF buatan Deep Cool.

Brand yang bernama Deep Cool ini sudah terkenal dengan produk-produk PC rakitan yang murah ! Namun dengan kualitas yang cukup memuaskan !

Namun rekomendasi kali ini adalah HSF yang seri flaghship, yaitu bernama AK620 ZERO DARK. Dengan dua kipas dan dua tower, hsf AK620 ZERO DARK ini tampil dengan warna dominan hitam elegean.

Tidak ada RGB pada HSF AK620 ZERO DARK, jadi sudah sesuai dengan namanya yaitu “dark”. HSF flagship dari DeepCool ini cocok untuk anda yang sedang merakit PC serba hitam.

Dan soal socket, pihak deepcool juga sudah menyertakan dukungan mounting untuk prosesor Intel dan AMD hingga ke versi yang paling baru saat ini.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai heatsink terbaik untuk PC rakitan prosesor Intel dan AMD. Semoga para pembaca bisa mendapatkan pilihan HSF terbaik untuk rakit PC.

Leave a Comment