10+ Contoh Poster Pendidikan Keren dan Tips Membuatnya

Salah satu alat yang bisa digunakan mengajak generasi muda saat ini untuk terus belajar adalah poster. Dengan poster yang menarik dan nilai yang sesuai, anak-anak dapat didorong untuk rajin belajar. Bagaimana caranya untuk membuat poster pendidikan yang menarik?

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat poster yang baik, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu poster bertema pendidikan dan bagaimana contohnya.

Apa itu Poster Pendidikan?

Apa itu Poster Pendidikan?

Salah satu poster yang kerap kali menghiasi ruangan publik adalah poster dengan tema pendidikan. Poster pendidikan sendiri adalah poster yang bertujuan untuk mengajak masyarakat yang khususnya anak-anak untuk belajar.

Ajakan belajar ini utamanya adalah ajakan untuk menimba ilmu di lembaga-lembaga pendidikan formal, seperti SD, SMP, SMA, dan sekolah lain yang sederajat. Mengapa anak-anak perlu diajak untuk bersekolah?

Untuk menjadi negara yang maju, sebuah negara perlu untuk memiliki penduduk dengan taraf pendidikan yang baik. Sayangnya, saat ini masih banyak anak-anak di Indonesia yang tidak bisa mengenyam pendidikan formal dengan baik.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, persentase jumlah anak-anak yang tidak bersekolah di SD, SMP, dan SMA pada tahun 2021 berurutan adalah 0,65%, 6,77%, dan 21,47%. Padahal, kebanyakan pekerjaan di Indonesia saat ini mengharuskan pekerjanya minimal berpendidikan SMA atau sederajat.

Kemudian, menurut Kemenko PMK, hanya 1,8 juta dari 3,7 juta lulusan SMA yang melanjutkan pendidikan pendidikan ke perguruan tinggi setiap tahunnya.

Baca Juga:  10 Contoh Cover Proposal Bisnis, Sposor, Kegiatan, Skripsi, dll

Dari data-data tersebut, dapat dilihat bahwa ada cukup banyak anak-anak di Indonesia yang tidak memiliki kesempatan untuk belajar hingga ke perguruan tinggi. Itulah mengapa ajakan untuk belajar hingga ke perguruan tinggi perlu untuk digalakkan.

Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengajak masyarakat belajar adalah poster bertema pendidikan.

Contoh Poster Pendidikan

Sebelum membahas bagaimana tips untuk membuat sebuah poster bertema pendidikan yang baik, ada beberapa contoh yang bisa Anda simak.

1. Poster Simple dan Menarik

Poster Simple dan Menarik

Poster Simple dan Menarik 1

 

Enam contoh poster di atas merupakan poster dengan tema pendidikan yang dibuat secara sederhana. Untuk membuat sebuah poster yang simple, Anda bisa menggunakan kata-kata tentang pendidikan yang indah dan menuliskannya menggunakan teknik tipografi.

Selain itu, Anda bisa menggunakan satu visual besar yang cukup untuk menggambarkan pentingnya pendidikan.

Seperti gambar seorang anak berpendidikan yang mampu mengubah kualitas hidup keluarganya di rumah atau sekedar gambar bohlam seperti yang ditunjukkan oleh salah satu gambar di atas.

2. Poster Sekolah

Untuk anak sekolah tingkat SD, ada beberapa contoh poster pendidikan yang bagus di bawah ini:

 

Poster Sekolah

Poster Sekolah 1

Poster yang cocok untuk audiens anak SD adalah poster yang mengajak untuk belajar dan bermain. Selain itu, poster yang mengajak untuk membaca buku juga cocok untuk anak-anak pada usia ini.

Supaya anak-anak SD berminat untuk melihat poster yang akan Anda buat, kombinasi warna yang harus Anda gunakan adalah warna-warna cerah yang berwarna-warni. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan tokoh kartun yang saat ini anak-anak gemari, seperti Tayo atau Upin dan Ipin.

Selanjutnya adalah contoh poster pendidikan untuk anak SMP, SMA dan sekolah yang sederajat. Untuk anak-anak dalam usia ini, ajakan yang cocok untuk terus belajar adalah seperti ini:

Poster Sekolah 2

Untuk anak SMP dan SMA, poster bertema pendidikan yang cocok adalah yang mengajak mereka untuk belajar demi masa depan. Masa SMP dan SMA adalah masa di mana anak-anak dipersiapkan untuk masuk ke perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan dan cita-citanya.

Baca Juga:  10 Contoh Alat Musik Tradisional di Indonesia dan Fungsinya

Sehingga, poster yang dibuat harus bisa menyentuh hati anak-anak usia ini untuk giat belajar demi memiliki karir yang baik di masa mendatang.

3. Poster Keren dan Aesthetic

Poster Keren dan Aesthetic

Poster Keren dan Aesthetic 1

Selanjutnya ada beberapa poster keren dan aesthetic yang cocok untuk audiens di atas 18 tahun hingga 30 tahun. Untuk membuat poster pendidikan dengan gaya yang satu ini, designer perlu untuk memiliki kemampuan menggambar yang baik.

Agar bisa membuat poster bertema pendidikan yang aesthetic, ikuti beberapa tips yang akan dibahas di sub bab selanjutnya!

Tips Membuat Poster Pendidikan

Tips Membuat Poster Pendidikan

Mengajak audiens untuk giat belajar tidak semudah dengan mengajak mereka untuk bermain. Supaya poster yang dibuat mampu mengajak para audiens untuk terus belajar, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan, antara lain:

1. Menentukan Nilai Utama

Sebelum membuat poster dengan tema pendidikan, Anda perlu untuk menentukan nilai pendidikan apa yang ingin Anda sampaikan dari poster yang akan Anda buat. Berawal dari nilai, Anda dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam membuat poster.

2. Desain Dengan Warna yang Mencolok

Agar bisa menarik perhatian audiens pada lirikan pertama, Anda harus memiliki poster dengan kombinasi warna yang mencolok. Kombinasi warna seperti ini cukup mampu untuk menarik perhatian dari orang yang melihatnya.

3. Mampu Dibaca Dari Jauh

Selain menggunakan warna yang mencolok, informasi utama yang mudah dibaca atau dilihat dari jarak yang jauh dapat menarik perhatian audiens. Jika poster hanya berisikan kata-kata, usahakan kata-kata yang dimasukkan di dalam poster mampu menarik perhatian audiens dari jarak yang jauh.

4. Menggunakan Kata-Kata yang Baik

Seorang yang terdidik haruslah mampu untuk bertutur kata dengan baik pula. Apabila Anda mengajak orang lain untuk giat belajar, Anda juga harus mengajak audiens dengan menggunakan kata-kata yang baik.

Baca Juga:  10+ Wallpaper Bunga Terbaik untuk Dinding Interior Rumah

5. Lokasi dan Ukuran yang Tepat

Semua jenis poster akan terlihat lebih hidup ketika dipasang di tempat yang tepat dan memiliki ukuran yang tepat pula. Misalkan, Anda ingin menempel poster pendidikan di tembok yang ramai dengan berbagai jenis hiasan.

Supaya poster dapat terlihat dengan jelas, Anda perlu menaruh poster pada bagian tengah tembok dan menggunakan ukuran yang lebih besar dari pada hiasan dinding lainnya.

6. Buat Versi Digital

Selain menempel poster yang Anda buat di tembok, Anda juga bisa melakukan kampanye mengenai pendidikan di media sosial. Anda bisa membuat poster dengan ukuran yang cocok dengan platform yang Anda gunakan dan mengunggahnya di sana.

7. Memanfaatkan Satu Visual Besar

Salah satu hal paling penting dalam sebuah poster adalah visual utama yang ingin ditampilkan. Seperti yang dibahas sebelumnya, Anda bisa membuat poster yang penuh dengan kata-kata bijak soal pendidikan.

Anda juga bisa membuat poster yang penuh dengan wajah Ki Hajar Dewantara dan memberikan quote sederhana di bawahnya.

8. Memaksimalkan Ruang

Maksimalkan setiap ruang yang ada di dalam poster dengan memberikan detail di dalamnya. Terkadang, detail-detail ini mampu memberikan kesan kepada hati audiens yang melihat atau membacanya.

9. Memberikan Ajakan Untuk Bertindak

Tips terakhir yang perlu untuk Anda perhatikan adalah Anda bisa memberikan ajakan untuk bertindak di poster yang Anda buat.

Anda bisa mengajak audiens untuk terus semangat dalam menimba ilmu, untuk terus bersekolah sampai ke jenjang tertinggi, dan mengajak dengan ajakan lainnya mengenai pendidikan.

Ikuti contoh dan tips membuat poster pendidikan di atas supaya Anda bisa mengajak banyak orang untuk terus belajar. Dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang giat belajar, negara kita dapat menjadi negara maju suatu saat nanti.

Leave a Comment