10+ Gambar Poster Lingkungan Laut, Pencemaran, Hutan, dll

Saat tengah berjalan-jalan di pinggiran kota khususnya tempat umum, maka Anda akan sering kali menjumpai sebuah tulisan yang menghimbau tentang kebersihan lingkungan. Pesan dalam bentuk tulisan sepertinya tidak akan digubris, kecuali dengan menggunakan gambar poster lingkungan.

Poster bergambar yang membahas tentang lingkungan tampaknya bisa menarik perhatian masyarakat. Jika orang tertarik untuk membacanya, maka pesan gambar akan lebih mudah tersampaikan. Coba amati berbagai contoh poster lingkungan alam dan sebagainya, terlihat lebih enak di pandang bukan?

Untuk membuat poster yang bisa menarik perhatian masyarakat membutuhkan konsep yang matang. Selain itu, pesan dalam poster juga sebaiknya lebih singkat dan padat agar lebih cepat dipahami. Cara membuat poster lingkungan yang benar dan beragam contohnya, bisa simak pada pembahasan kali ini.

Cara Membuat Poster Lingkungan yang Baik dan Benar

Cara Membuat Poster Lingkungan yang Baik dan Benar

Poster bisa digunakan untuk mengedukasi masyarakat, ajang promosi, pengumuman, dan informasi penting. Lalu bagaimana caranya agar bisa menciptakan poster  yang berfungsi dengan baik? Coba ikuti tahapan pembuatan poster yang benar sesuai dengan langkah berikut ini.

1. Tentukan Lebih Dulu Tema dan Tujuan

Langkah awal membuat poster yang baik yaitu menentukan tema dan tujuan. Jika memang Anda ingin membuat poster lingkungan, maka pikirkan terlebih dahulu desain yang bisa menarik perhatian masyarakat. Setelah itu, baru tentukan tujuan pembuatan poster lingkungan tersebut.

Baca Juga:  Cara Gambar Orang Kartun atau Anime dan Contohnya

2. Merumuskan Pesan yang Ingin Disampaikan Pada Masyarakat

Pembuatan poster sebaiknya mengandung pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Misal Anda ingin membuat poster lingkungan yang mengajak masyarakat tidak buang sampah sembarangan, maka buatlah sebuah pesan yang singkat, padat, dan jelas berkenaan hal itu.

3. Buat Kata-Kata Semenarik Mungkin

Gambar poster lingkungan yang sering kali ditemui biasanya tidak menggunakan bahasa yang bertele-tele dan langsung mengarah ke inti pesan. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal dan kaku, tetapi lebih tepatnya bersifat persuasif agar menarik minat pembaca.

4. Cara Membuat Poster

Untuk membuat poster yang menarik, maka jangan dilakukan secara asal-asalan. Anda bisa coba menguasai skill desain grafis untuk membuat posternya bagus. Tentukan warna, gambar animasi, highlight, grid, negative space, tata letak desain, dan slogan yang sudah dirumuskan sebelumnya.

5. Pemilihan Media

Jika proses pembuatan poster sudah selesai, maka langkah terakhir menentukan media untuk pencetakan poster. Umumnya poster menggunakan media kain atau kertas kemudian diletakkan di dinding, papan luas, dan seng yang berada di lingkungan ramai tentunya.

Contoh Gambar Poster Lingkungan Dalam Berbagai Bidang

Poster lingkungan memang sengaja diciptakan untuk membantu mengatasi permasalahan tertentu. Dari pesan yang disampaikan pada poster diharapkan bisa membentuk kerja sama dalam menuntaskan permasalahan dalam lingkungan. Bagaimana contoh gambar poster dengan tema lingkungan?

1. Poster Tentang Pencemaran Lingkungan

Poster Tentang Pencemaran Lingkungan

Seperti yang Anda ketahui, pencemaran lingkungan merupakan hal yang bisa menimbulkan suatu kerusakan masif dalam lingkungan tempat tinggal. Dalam rangka mencegah masyarakat untuk melakukan pencemaran lingkungan, maka diperlukan poster “Hentikan Pencemaran Lingkungan”.

2. Poster Dalam Lingkungan Sekolah

Poster Dalam Lingkungan Sekolah

Banyak sekali contoh poster dalam lingkungan anak SD, SMP hingga SMA. Poster sekolah sebaiknya disesuaikan dengan target audiens. Mulai dari edukasi sejak dini, maka diharapkan bisa membentuk karakter anak-anak untuk berusaha menjaga lingkungan sekolahnya sendiri.

Baca Juga:  Contoh Pidato B Jawa Singkat Krama Inggil, Perpisahan, dll

3. Poster Tentang Lingkungan Laut

Poster Tentang Lingkungan Laut

Banyak sekali tindakan masyarakat yang bisa merugikan ekosistem laut misalnya membuang sampah plastik, melakukan pengeboman (illegal fishing), dan lain-lain. Tindakan tersebut tanpa sadar membuat air laut tercemar dan bisa membunuh mahluk hidup yang ada didalamnya.

Pencemaran air laut juga bisa berpengaruh buruk bagi manusia, dimana mereka bisa mengalami keracunan saat mengonsumsi ikan. Dalam usaha menyadarkan masyarakat mengenai tindakan yang membahayakan itu, maka buat poster yang berpesan stop pencemaran air laut.

4. Poster Tentang Hari Bumi

Poster Tentang Hari Bumi

Tampaknya sudah banyak orang yang tidak peduli lagi dengan “Hari Bumi”. Earth Day yang jatuh pada tanggal 22 april ini sebaiknya selalu diingatkan lewat sebuah poster. Tujuannya agar banyak orang mendukung penuh perlindungan lingkungan sebagai bekal kedepannya.

5. Poster Larangan Buang Sampah di Sungai

Poster Larangan Buang Sampah di Sungai

Masalah buang sampah di sungai tampaknya sudah menjadi langganan bagi masyarakat Indonesia khususnya yang sering terdampak banjir. Walaupun sudah sering terkena bencana banjir, masih ada saja masyarakat yang membuang sampah ke sungai.

Membuang sampah di sungai akan membuat aliran air menjadi tidak lancar, banyak gorong-gorong tersumbat, dan akhirnya air meluap ke permukaan. Hal inilah yang menyebabkan banyak poster berjejer dan mengintruksikan sebuah pesan “Stop Buang Sampah di Sungai”.

6. Poster Reboisasi (Menanam Pohon Kembali)

Poster Reboisasi (Menanam Pohon Kembali)

Tindakan penggundulan hutan akan menimbulkan risiko buruk bagi lingkungan misalnya menjadi penyebab banjir, suhu panas makin meningkat, dan menimbulkan efek rumah kaca. Cara terbaik untuk mengatasinya dengan membuat poster untuk mengajak masyarakat lakukan reboisasi.

7. Poster Berkaitan dengan Penebangan Hutan

Poster Berkaitan dengan Penebangan Hutan

Tahukah Anda risiko penebangan hutan secara liar? Penebangan hutan akan membuat kawasan menjadi gundul dan memicu terjadinya bencana. Selain itu, tindakan satu ini dinilai sangat merugikan mahluk hidup karena bisa merusak ekosistem yang ada di sekitar hutan.

Untuk mencegah maraknya tindakan penebangan hutan, maka Anda bisa menyiapkan gambar poster lingkungan yang mengingatkan masyarakat “Stop Penebangan Hutan”. Kalau perlu ciptakan kerja sama dengan dinas kehutanan setempat untuk hasil yang lebih optimal.

Baca Juga:  Greeting Card: Pengertian, Struktur, Jenis & Contohnya

8. Poster Bahaya Global Warming

Poster Bahaya Global Warming

Pemanasan global atau biasa dikenal dengan istilah “Global Warming” memang sudah semakin dirasakan oleh masyarakat saat ini. Ciri terjadinya global warming meliputi suhu udara yang semakin panas, atmosfer menipis, perubahan iklim bumi, dan kutub es mencair.

Bagaimana cara mengatasinya? Banyak sekali poster lingkungan yang bertebaran menjelaskan dampak global warming bagi bumi. Anda bisa mengajak masyarakat untuk banyak menanam pohon, mengurangi bangunan kaca, dan masih banyak lagi.

9. Poster Buang Sampah Pada Tempatnya

Poster Buang Sampah Pada Tempatnya

Gambar poster lingkungan yang mengedukasi masyarakat untuk buang sampah pada tempatnya sering kali ditemui. Ada yang diletakkan di lingkungan sekolah, pinggir jalan, lapangan, taman kota, dan berbagai tempat lain yang banyak dikunjungi masyarakat.

Untuk membuat poster buang sampah pada tempatnya, maka Anda bisa menggunakan gambar orang memegang sampah kemudian dimasukkan dalam bak sampah. Untuk membuat tujuan poster tersampaikan dengan baik, maka siapkan fasilitas tempat sampah di lingkungan tersebut.

10. Poster Jagalah Lingkungan Sekitar

Poster Jagalah Lingkungan Sekitar

Setiap orang diharapkan memiliki kesadaran penuh untuk melestarikan lingkungan sekitar secara optimal. Menjaga lingkungan bisa dilakukan dengan menanam pohon disekitar pemukiman, membersihkan halaman dari sampah plastik, dan tidak merusak fasilitas umum yang tersedia.

Poster yang bisa diangkat bisa berbunyi pesan “Jagalah Lingkungan Sekitar Agar Tetap Hijau”, “Jangan Membuang Sampah Plastik Disini”, dan masih banyak ide lainnya. Poster tersebut tentu bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

Gambar poster lingkungan memang sepatutnya dibuat lebih menarik dan bisa membuat masyarakat mudah memahami pesan yang disampaikan. Bahkan Anda juga bisa menggambarnya manual kalau memang belum memiliki skill desain grafis yang mumpuni. Mudah bukan buat poster lingkungan?

Leave a Comment