6 Peta Indonesia HD 34 Provinsi Lengkap, Ukuran Besar & Jelas!

Tahukan Anda apa bedanya Maluku dan Maluku Utara? Selain itu, apakah Anda juga tahu apa perbedaan dari Riau dan Kepulauan Riau? Jika Anda tidak mengetahui perbedaannya, Anda bisa mencoba untuk melihat perbedaannya di Peta Indonesia.

Peta ini mampu menggambarkan bagian-bagian dari Negara Indonesia. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk dapat mengetahui lokasi-lokasi dari pulau-pulau terbesar di Indonesia, lokasi dari ke-34 provinsi, negara apa saja yang berbatasan, dan informasi edukatif lainnya seputar geografis Indonesia.

Beberapa Peta Indonesia

Di bawah ini sudah kami siapkan beberapa Peta Indonesia yang bisa Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Ada peta umum dengan kualitas HD, peta 34 provinsi, peta 3D, peta vector, dan foto Indonesia dari luar angkasa. Selengkapnya, simak kumpulan peta berikut:

1. Peta Indonesia Simple HD

Peta Indonesia Simple HD

Pada peta simple tersebut dapat dilihat kepulauan Indonesia yang bersebelahan dengan beberapa negara tetangga.

Negara-negara tersebut antara lain Australia dan Timor Leste di sisi utara, dengan Papua Nugini di sisi timur, dan dengan Filipina, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Singapura di sisi selatan. Setiap negara pada Peta Indonesia ini dibatasi dengan garis berwarna hitam.

Selain itu, Anda juga bisa melihat garis lainnya lainnya yaitu garis berwarna merah yang menggambarkan jalan utama dan garis hitam dengan banyak garis potong pendek yang menggambarkan jalur kereta api utama.

Sedangkan untuk kota, titik hitam menggambarkan lokasi kota-kota penting di Indonesia dan bintang hitam menggambarkan lokasi Jakarta atau ibu kota negara.

Baca Juga:  8 Contoh Mading Kreatif Tema Lingkungan, Nasionalisme, dll

2. Peta 34 Provinsi HD Lengkap Dengan Nama

Peta 34 Provinsi HD Lengkap Dengan Nama

Di atas merupakan peta yang berisikan batas-batas dari ke-34 provinsi di Indonesia, lengkap dengan nama ibu kota di setiap provinsi. Ke-34 provinsi dibagi dalam tiga zona waktu yang batasnya bisa dilihat pada peta di atas.

Dari 34 provinsi tersebut, 27 provinsi berada di 5 pulau terbesar di Indonesia. Dari 27 provinsi tersebut, 8 provinsi berada di Pulau Sumatera, 5 provinsi di Pulau Kalimantan, 6 provinsi di Pulau Jawa, 6 provinsi di Pulau Sulawesi, dan 2 provinsi di Pulau Papua.

7 provinsi lainnya berada di beberapa kepulauan di perairan Indonesia. Di awal artikel sempat disebut dua pertanyaan, yaitu perbedaan antara Riau dengan Kepulauan Riau dan Maluku dengan Maluku Utara. Keempatnya merupakan provinsi yang berbeda.

Provinsi Riau merupakan provinsi yang berlokasi di Pulau Sumatera, dengan Pekanbaru sebagai ibu kotanya. Sedangkan Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi yang terdiri dari beberapa kepulauan di sebelah timur Provinsi Riau.

Ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau adalah Tanjung Pinang. Berbeda dengan Riau, Maluku tidak berlokasi di salah satu dari 5 pulau utama Indonesia.

Maluku dibagi menjadi dua, yaitu Provinsi Maluku Utara yang memiliki Ternate sebagai ibu kotanya dan Provinsi Maluku yang memiliki Ambon sebagai ibu kotanya. Contoh peta 34 provinsi lainnya adalah sebagai berikut:

Peta Maluku

3. Foto Indonesia Dari Luar Angkasa

Bagaimana penampakan Negara Indonesia dari luar angkasa? Jawabannya adalah potongan gambar dari Google Maps di atas. Negara Indonesia terlihat hijau dengan dikelilingi oleh beberapa laut di sekitarnya.

Alasan kenapa Indonesia berwarna hijau karena curah hujannya yang tinggi, yang mengakibatkan negara kita ini memiliki hutan hujan yang cukup luas di seluruh bagian negara.

Foto Indonesia Dari Luar Angkasa

Foto yang kedua ini merupakan hasil foto milik NASA yang diambil dari stasiun luar angkasa pada tahun 2018. Pada foto tersebut terlihat Pulau Jawa, Pulau Madura, Pulau Bali, Pulau Lombok, Pulau Sumbawa, dan beberapa pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga:  Teks Ceramah: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri & Contoh

Terlihat pula beberapa gunung ternama di Indonesia, yaitu Gunung lawu, Gunung Kelud, Gunung Semeru, Gunung Argopuro, Gunung Raung, dan Gunung Rinjani. Gugusan pulau dan gunung yang ada di foto terlihat sangat indah akibat sinar matahari pagi yang berwarna keemasan.

4. Peta Indonesia 3D

Peta Indonesia 3D

Dengan melihat peta 3D tersebut, Anda dapat mengetahui pada bagian negara sebelah mana yang merupakan bagian dengan ketinggian tertinggi dan terendah. Semakin gelap warna biru dari peta tersebut menandakan semakin dalam sebuah perairan.

Pada peta tersebut dapat dilihat bahwa Cekungan Weber di Laut Banda merupakan cekungan terdalam dengan kedalaman sedalam 3985 kaki atau 1215 meter. Sedangkan semakin putih warna daratan maka semakin tinggi daratan tersebut.

Berdasarkan peta tersebut, puncak tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya di Provinsi Papua (masih bernama Irian Jaya) dengan tinggi setinggi 16024 kaki atau 4884 meter.

Selain dapat digunakan untuk mengetahui ketinggian dari sebuah lokasi, peta 3D ini juga memiliki informasi lainnya yang cukup lengkap. Peta buatan National Geographic Society ini dilengkapi dengan titik dan nama kota yang lebih lengkap dari pada di sub bab “Peta Indonesia Simple HD”.

Peta ini dilengkapi juga dengan informasi lokasi jalan utama, jalan lainnya, rel kereta api, sungai, pipa gas, bandara internasional, bandara lainnya, reruntuhan, kilang minyak, dan rawa-rawa.

5. Peta Indonesia Vector PNG

Peta Indonesia Vector PNG

Selanjutnya ada peta dengan format PNG yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah desain grafis. Peta di atas sudah dilengkapi dengan batas provinsi dan batas kota/kabupaten.

Peta Indonesia Vector PNG

Jika Anda membutuhkan gambar yang lebih bersih tanpa adanya batas provinsi dan batas kota/kabupaten, Anda bisa memanfaatkan vertor di atas ini. Gambar Peta Indonesia dengan format PNG di atas inilah yang biasanya banyak dipakai untuk kebutuhan desain grafis.

Baca Juga:  Contoh Pidato Singkat Pendidikan, Hutan, Lingkungan, dll

Anda bisa mewarnainya dengan warna merah atau warna merah dan putih seperti yang kebanyakan orang gunakan.

6. Peta Persebaran Flora dan Fauna

Peta Persebaran Flora dan Fauna

Peta di atas merupakan peta yang dibuat oleh National Geographic Society untuk memberikan edukasi terkait flora dan fauna di Indonesia.

Selain berisikan informasi mengenai persebaran, peta ini juga berisikan infografis yang memberikan informasi singkat mengenai sejarah, jumlah spesies, pengaruh iklim, dan pengaruh kepadatan manusia terhadap flora dan fauna di negara kita.

Warna pada peta menggambarkan lokasi dari tanah yang dikelola oleh manusia dan lokasi dimana berbagai flora dan fauna ini tinggal. Mereka tinggal di hutan mangrove, hutan hujan, hutan moonson, padang rumput, rawa, sungai, dan terumbu karang.

Peta Persebaran Flora dan Fauna

Untuk mendapatkan penggambaran fauna yang lebih sederhana, Anda bisa memanfaatkan peta persebaran fauna di atas. Pada peta ini persebaran fauna dibagi oleh tiga garis, yaitu Garis Wallace, Garis Weber, dan Garis Lydekker.

Garis-garis tersebut membantu untuk membagi persebaran fauna di Indonesia menjadi 3, yaitu fauna kawasan barat, kawasan peralihan, dan kawasan timur. Pada peta fauna tersebut juga dapat diketahui kapan nenek moyang dari spesies-spesies tersebut pertama kali muncul di Bumi.

Waktu kemunculan dari fauna-fauna ini juga dibagi menjadi 3, yaitu Pliosen Akhir, Plistosen Awal, dan Plistosen Akhir.

Di artikel ini terdapat 6 jenis Peta Indonesia yang bisa Anda manfaatkan. Semoga peta-peta tersebut dapat mengedukasi Anda mengenai lokasi-lokasi penting di Indonesia hingga di mana saja lokasi dari flora dan fauna ternama khas Indonesia.

Leave a Comment