Mengenal Pengertian Wawasan Nusantara dan Asas-asasnya

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah wawasan nusantara. Umumnya, pengertian wawasan nusantara akan dijadikan sebagai pedoman, dorongan, motivasi, sekaligus rambu-rambu dalam menentukan keputusan maupun tindakan dalam menyelenggarakan negara di tingkat daerah maupun pusat.

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara merupakan cara pandang sekaligus sikap bangsa Indonesia terhadap diri serta bentuk geografis yang didasarkan pada UUD 1945 dan Pancasila. Yakni dengan mengutamakan kesatuan wilayah serta menghargai adanya kebhinekaan agar mencapai tujuan secara nasional.

Adapun tujuan wawasan nusantara terbagi dalam dua hal. Yakni ke dalam dan keluar. Tujuan keluar tersebut adalah memberikan jaminan atas kepentingan secara nasional di zaman globalisasi di kehidupan nusantara. Selain itu, turut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang didasarkan pada sikap saling menghormati, kemerdekaan, dan keadilan sosial.

Indonesia juga perlu mengamankan serta menjaga kepentingan nasionalnya di dalam berbagai aspek pendidikan. Sedangkan tujuan wawasan nusantara ke dalam adalah memberikan jaminan persatuan dan kesatuan di dalam setiap aspek kehidupan nasional.

Berbagai Asas Wawasan Nusantara

Perlu Anda ketahui, bahwa asas nusantara adalah kaidah maupun ketentuan dasar yang wajib untuk dilakukan, dipatuhi, sekaligus dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat di tanah air agar tercipta keseimbangan dan perdamaian. Di bawah ini beberapa asas tersebut yang perlu diketahui lebih lanjut:

  • Asas Solidaritas

Solidaritas merupakan perasaan emosional sekaligus moral berasal dari hubungan antar kelompok atau individu yang didasarkan rasa kesamaan tujuan, rasa sepenanggungan, kesetiakawanan, dan rasa saling percaya. Sikap solidaritas sendiri termasuk bentuk kepedulian kepada orang lain.

Tentu saja sikap tersebut perlu dijalankan oleh setiap masyarakat di tanah air. Dengan begitu tidak boleh membeda-bedakan satu dan yang lainnya. Hal ini akan menciptakan kesatuan dan persatuan di Indonesia agar mewujudkan tujuan serta cita-cita secara nasional.

  • Asas Kesamaan Tujuan

Setiap masyarakat juga perlu memiliki tujuan dan kepentingan yang sama. Contohnya saja pada masa kemerdekaan dahulu seluruh rakyat tanah air berusaha dan berjuang bersama untuk mengusir para penjajah tanpa membedakan satu dengan lainnya.

  • Asas Kejujuran

Asas lain yang ada pada wawasan nusantara adalah kejujuran. Dalam hal ini, kejujuran dalam bertindak sekaligus berpikir menjadi hal sangat penting. Seperti berani bertindak dan berpikir hanya sesuai dengan fakta dan kenyataannya. Hal ini tentu wajib dilakukan setiap masyarakat agar berhasil mencapai kemajuan.

  • Asas Keadilan

Asas lain yang ada pada wawasan nusantara adalah asas keadilan. Dalam hal ini seluruh elemen masyarakat memiliki hak sama untuk memperoleh keadilan. Selain itu, dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional tidak boleh memberikan kerugian pada pihak tertentu ataupun lebih mengutamakan kepentingan lain.

Hal tersebut bahkan berlaku ke dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Mulai dari keadilan secara sosial, politik, ekonomi, hukum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Asas Kerjasama

Setiap masyarakat juga tentu perlu memiliki kesadaran pada tujuan dan kepentingan yang sama. Dengan hadirnya kesadaran atas tujuan dan kepentingan bersama tersebut, maka akan menjadikan kerjasama terjalin antar setiap lapisan masyarakat. Kerjasama ini dapat dilakukan atas dasar kesetaraan. Dengan begitu, tercipta efektifitas untuk meraih tujuan secara bersama.

Itu tadi penjelasan lengkap tentang pengertian wawasan nusantara. Setelah mengetahuinya, maka tentu dapat meningkatkan kebersamaan dan rasa gotong royong di setiap lapisan masyarakat tanah air. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita bersama di tengah tantangan menghadapi era modernisasi.

Leave a Comment