Cara Gambar Orang Kartun atau Anime dan Contohnya

Ingin menguasai skill gambar orang kartun atau anime? Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun Anda harus sabar saat baru belajar pertama kalinya. Biasanya seniman profesional akan bekerja di dalam studio menggunakan peralatan lengkap dan canggih untuk menghasilkan karya terbaiknya.

Namun tenang saja, gambar orang membaca alquran kartun, anime, atau bentuk lainnya kini sudah semakin mudah dengan memanfaatkan teknologi grafis komputer. Anda tinggal fokus menyiapkan tema gambar, kemudian menuangkannya dalam lembar kerja yang tersedia dalam APK desain grafis.

Dengar konsep gambar yang matang, pastinya karya akan semakin nyaman untuk dilihat. Gambar yang bagus biasanya mudah dimengerti orang lain, ukurannya proporsional, dan warnanya lebih jelas. Bagi para animator biasanya mereka sudah menambah teknologi resolusi tinggi atau HD pada gambarnya.

Cara Gambar Gambar Orang Kartun Anime

Tahapan Dalam Aktivitas Gambar Orang Kartun Anime

Mengambar orang semacam kartun anime membutuhkan skill mumpuni agar bisa menghasilkan karya yang luar biasa bahkan mirip dengan aslinya. Bagi para pemula yang ingin mempraktekkannya perlu melakukan latihan beberapa kali, baru biasanya mendapatkan gambar sesuai dengan harapan.

Menyiapkan Berbagai Alat dan Bahan

Persiapkan semua alat bahan yang dibutuhkan untuk menggambar anime orang. Misalnya alat tulis, pensil warna, penggaris, dan masih banyak lagi. Anda bisa menyiapkan keperluan alat bahan sesuai kebutuhan supaya proses gambarnya bisa cepat selesai nantinya.

Menentukan Konsep Terlebih Dahulu

Tentukan konsep gambar yang ingin di angkat sehingga Anda tidak bingung saat akan memulai. Rencanakan masalah tema gambar, model pakaian, gaya rambut, ekspresi wajahnya, karakter, warna pakaian, dan bagian lain yang dirasa perlu ditonjolkan pada gambar orang.

Baca Juga:  10+ Contoh Poster Lingkungan Hidup Simple & Cara Membuatnya

Membentuk Gambar Bagian Kepala

Tahap awal dalam gambar orang kartun yaitu membentuk bagian kepalanya terlebih dahulu. Buat bentuk oval yang menyempit bagian bawahnya, sehingga berperan sebagai dagu. Pastikan bentuk lingkaran bisa menarik garis vertikal tengahnya kira-kira 3/4 bagian bawah lingkaran tersebut.

Buat garis tepatnya di bawah lingkaran sebagai rahang secara simetris. Bentuk area mata, hidung, telinga, dan juga bibir. Jika Anda ingin menggambar kartun anime, maka harus ingat bahwa karakter memiliki ciri khas mata berukuran besar.

Gambar Detail Mata Kartun

Umumnya mata karakter anime memiliki ukuran yang besar bisa memakan ΒΌ sampai 1/5 tinggi wajah yang sudah di gambar. Awali dengan membentuk bagian bulu matanya, kemudian beri garis setengah lingkaran dan buat pupil hitam pada bagian tengahnya.

Dalam membentuk mata, Anda harus menyesuaikannya dengan karakter anime sendiri misalnya feminim atau maskulin. Jika ingin membentuk karakter maskulin, maka buat matanya pendek dan kecil. Untuk karakter feminim, maka usahakan untuk membuat matanya lebih tinggi serta bulat.

Gambar Alis Kartun

Gambar orang belajar kartun dan anime lainnya biasanya lebih mudah pada bagian alis. Gambar alis dengan garis lengkung panjang menurun. Pastikan bahwa gambar alis lebih panjang daripada garis bulu mata yang digambarkan pada bagian mata sebelumnya.

Menggambar Hidungnya

Untuk gambar karakter anime biasanya dibuat samar dan hanya terlihat dari sampinya saja. Bagi Anda yang menggambar karakter lain seperti pinokio, maka perlu menonjolkan bagian hidungnya yang memanjang agar terlihat lucu dan sesuai aslinya.

Karakter anime maskulin memiliki bentuk hidung yang lebih mencolok, sedangkan karakter anime feminisme biasanya sebaliknya. Ada beberapa karakter anime yang tidak perlu menggambar hidung sehingga Anda perlu memahami karakter aslinya sebelum mulai menggambar.

Baca Juga:  Syarat Membuat SKCK di Kantor Polisi dan Online

Gambar Mulut Karakter

Gambar orang kartun biasanya memiliki bentuk mulut yang sederhana dan samar. Silahkan untuk membentuk garis horisontal yang panjangnya sama dengan mata. Lengkungan mulut biasanya akan menunjukkan karakter tersenyum, gembira, tertawa, atau tampak kecewa.

Menggambar Bagian Telinganya

Jika Anda ingin menggambar orang dengan rambut yang panjang dan menutupi area telinga, maka bisa skip tahapan ini. Namun saat gambar karakter dengan kelihatan telinga, maka buat lubang telinga oval kemudian lakukan eksperimen untuk membuatnya menyerupai telinga asli karakter.

Menggambar Rambutnya

Anda ingin karakter orang memiliki gaya rambut seperti apa? Lazimnya karakter anime memiliki rambut dengan ujung runcing dan bagiannya tampak jelas. Silahkan kreasikan rambut dengan model cepak, menengah, pendek, dan lain sebagainya sesuai selera.

Membentuk Garis Bentuk Tubuh Karakter

Saat bagian kepala sudah selesai, maka Anda bisa lanjut menggambar bagian tubuhnya secara detail. Bentuk bagian leher, bahu, tangan, pinggang, jari sampai dengan jari kaki sesuai dengan karakter aslinya. Bentuk jari wanita tentunya berukuran lebih kecil dibandingkan jari laki-laki.

Rapikan berbagai bentuk bagian tubuh secara realistis agar hasilnya optimal. Bagi model anime maskulin, maka Anda bisa mencoba melebarkan dada, bahu, dan panggul. Untuk karakter anime feminism memiliki khas bahu sempit, panggul lebar, dan bagian payudaranya terlihat.

Gambar Pakaiannya

Gambar kartun muslimah dan anime pastinya membutuhkan pakaian yang sesuai. Gambarlah detail pakaian mulai dari celana, baju, sepatu, tas, jam tangan, dan asesoris lainnya. Saat gambar pakaian, Anda perlu memperhatikan bagian pakaian yang mengerut dan terlipat secara alami.

Coba pahami secara detail gambar pakaian yang ada di internet agar bisa membuat bagian yang berkerut secara realistis. Mungkin saja Anda ingin menerapkan pakaian sekolah, formal, atau baju muslim, baju karaoke, atau baju tradisional khas Jepang.

Baca Juga:  Ukuran 2R (CM, MM, INCH, Pixel) + Setting Kertasnya

Tambahkan Detail Gambar Secara Sempurna

Langkah terakhir yang perlu dipraktekkan yaitu menggambar detail gambar secara lebih presisi dan sempurna. Tambahkan detail bagian rambut mulai dari arsirannya, garis kecil berponi, dan lengkungan bagian tubuh supaya terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Beragam Contoh Gambar Orang Kartun Terkenal

Saat Anda membuka situs jejaring internet Google, maka akan menemukan banyak sekali referensi gambar kartun orang yang bisa dipraktekkan. Berikut ini ada beberapa gambar kartun terkenal yang terdiri atas anime Jepang, karakter film lokal, dan tokoh keren lainnya.

1. Gambar Toko Karakter Anime

Gambar Toko Karakter Anime

Karakter anime banyak diminati oleh kalangan anak muda sehingga tidak sedikit dari mereka yang meluangkan waktu untuk menggambar karakter tersebut. Untuk menggambar karakter anime gampang-gampang sulit, dimana kebanyakan memiliki khas mata berukuran besar.

2. Kumpulan Kartun Ganteng

Kumpulan Kartun Ganteng

Saat menonton serial Manga, maka Anda akan banyak menemui karakter tokoh yang ganteng dan cantik. Hampir sama dengan gambar anime Jepang karena tokoh Manga biasanya memiliki khas manusia normal dengan bagian tubuh dan wajah lengkap.

3. Kumpulan Kartun Anime Sopo Jarwo

Kumpulan Kartun Anime Sopo Jarwo

Siapa sih yang tidak kenal dengan kartun anime Sopo Jarwo yang sering tayang di televisi? Tingkah lucu para tokoh membuat karakter dalam film begitu fenomenal. Ada yang berperan sebagai ustad, adit, jarwo yang memiliki tingkah lucu, dan masih banyak lagi.

4. Gambar Orang Sehari-Hari

Gambar Orang Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya akan ada banyak aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Berikut ini ada referensi gambar orang yang menggunakan pakaian muslim untuk mengaji, petani, dan berbagai profesi lainnya di Indonesia.

Masih banyak sekali gambar orang kartun lainnya yang bisa digunakan sebagai referensi. Untuk bisa gambar karakter orang memang sulit saat pertama kali melakukannya. Dibutuhkan ketelitian dalam gambar bagian detail bagian wajah, tubuh bahkan pakaian yang dikenakan kartun tersebut.Kumpulan Kartun Anime Sopo Jarwo

Leave a Comment