Cara Mengatasi HP Cepat Panas Anti Ribet

Perangkat smartphone tidak akan bekerja maksimal jika cepat panas. Oleh karena itu Anda harus tahu mengenai cara mengatasi hp cepat panas. Jika perangkat panas terus dibiarkan dalam waktu lama kemungkinan akan membuat perangkat Anda cepat rusak.

Masalah hp panas merupakan masalah umum yang sering dialami pengguna smartphone. Masalah ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah spesifikasi perangkat yang kurang mumpuni. Kebiasaan-kebiasaan kecil juga dapat berdampak buruk dan menimbulkan hp cepat panas. Untuk lebih lanjut simak penjelasan berikut:

Baca juga: atasi hp mati sendiri 

Beberapa Cara Mengatasi HP Cepat Panas

cara mengatasi hp cepat panas

Charger Menggunakan Charger Original

Banyak pengguna yang memilih membeli charger kw dengan harga murah saatcharger originnya rusakb. Namun, nyatanya charger kw dapat menyebabkan HP cepat panas. Selain itu, Baterai HP Anda juga akan terbebani karena daya yang diberikan tidak sesuai dengan smartphone yang Anda gunakan.

Oleh sebab itu, hindari menggunakan charge kw, meskipun tipe asli harganya lebih mahal, tetapi akan membantu menjaga daya tahan baterai dan perangkat yang Anda gunakan. Disamping itu hindari membeli di toko yang tidak terpercaya, usahakan membeli charger original di store hp terdekat.

Nonaktifkan Bluetooth dan GPS Jika Tidak Digunakan

Cara mengatasi HP cepat panas selanjutnya adalah mematikan bluetooth dan GPS jika sudah tidak Anda gunakan. Hal ini dikarenakan Bluetooth dan GPS membutuhkan banyak koneksi internet dan kinerja yang mumpuni untuk mengaktifkannya. Sehingga jika fitur ini aktif dalam waktu lama, dapat dipastikan akan membuat hp Anda cepat panas.

Baca Juga:  Cek Saldo BRI Lewat Whatsapp yang Benar 

Jangan Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Aplikasi yang dibuka secara bersamaan berpotensi menyebabkan HP cepat panas. Jika ini dibiarkan, tentunya akan menguras baterai lebih cepat dan dapat merusak perangkat. Untuk mengatasi hal ini, tutup aplikasi yang sudh tidak Anda gunakan. Cara ini tidak hanya mencegah hp Anda cepat panas, melainkan meringankan beban dan menghemat daya baterai.

Cek Pengaturan Saat Menggunakan WiFi

Salah satu penyebab paling umum dari HP yang cepat panas adalah settingan jaringan nirkabel yang salah. Perlu Anda Ketahui penggunaan Wi-Fi dalam waktu lama dapat menyebabkan ponsel Anda cepat panas. Karena saat WiFi aktif aplikasi background juga berjalan secara otomatis, sehingga dapat menyulitkan ponsel untuk bekerja.

cara mengatasi hp cepat panas

Untuk mengatur penggunaan wifi, Anda dapat menggunakan aplikasi Smart Wifi atau Wifi Sleeper. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengontrol kapan WiFi menyala dan kapan dimatikan. Sehingga aplikasi ini banyak digunakan sebagai cara mengatasi hp cepat panas yang disebabkan oleh wifi terus menyala.

Hapus File Sampah Dengan Rutin

Hp cepat panas juga disebabkan oleh banyaknya sampah atau bug yang tersimpan di perangkat Anda. Berbagai file sampah seperti data atau cache dan cookie yang tergabung membuat CPU dan RAM HP Anda tidak bekerja secara optimal. Jika sudah dalam kondisi ini, baterai HP lebih cepat panas.

Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menghapus file sampah dengan rutin dan hati-hati. Sehingga Anda dapat menggunakan ponsel dengan nyaman. Jika tidak bisa membersihkan sampah dengan manual, sebaiknya menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di Play Store atau App Store, seperti Clean Master. Selain dapat menghapus sampah dan file tidak penting aplikasi ini juga mampu membantu kinerja ponsel Anda.

Baca Juga:  Cukup Mengganggu! Ini dia 8 Cara Mengatasi Kipas Laptop Bising

Jangan Menggunakan Untuk Bermain Game Hp Terlalu Lama

Bagi Anda yang suka streaming atau bermain game sampai larut malam, sebaiknya istirahat sejenak agar kinerja HP Anda tetap stabil. Karena jika terus menggunakan HP dalam waktu lama, akan dapat menyebabkan HP cepat panas. Hal ini dikarenakan streaming dan bermain game embutuhkan koneksi dan daya yang sangat tinggi untuk bisa dijalankan. Akibatnya, HP Anda akan lebih cepat panas dan baterai cepat terkuras.

Untuk menjaga kinerja HP tetapi baik, idealnya menggunakan gaming atau streaming selama 1-2 jam. Kemudian, diamkan beberapa saat HP Anda, untuk menghindari HP hang.

Hindari Menyimpan HP di Saku Celana

Bagi sebagian orang menyimpan HP di saku celana saat bepergian merupakan hal yang sangat lumrah. Namun tanpa disadari hal tersebut adalah salah satu penyebab HP cepat panas dan berpotensi berjalan sendiri hal ini dikarenakan ada gesekan yang tidak teratur sehingga akan menghambat kinerja HP Anda.

Untuk menjaga ponsel tetap optimal, simpanla di tempat yang kedap udara, sekali keluarkan HP untuk menghindari uap dan cepat panas. Saat bepergian sebaiknya membawa tas kecil sebagai tempat menaruh HP.

Menggunakan Bantuan Aplikasi Pendingin

Cara mengatasi HP cepat panas berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin. Banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan dan bisa diunduh dengan bebas di market aplikasi di smartphone Anda, seperti Device Cooler,Cooler Master, Cooling Master dan lain sebagainya..

Sebelum menggunakan aplikasi diatas, sebaiknya lihat review terdahulu, perhatikan spesifikasi penyimpanan yang dibutuhkan, pilih yang gratis, dan lain sebagainya. Biasanya aplikasi pembersih yang baik ada di urutan pertama saat pencarian karena sudah digunakan banyak orang dan menjadi rekomendasi sebuah market.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Dengan Cepat Dan Mudah

Perhatikan Kondisi Baterai

cara mengatasi hp cepat panas

Sebagian orang mungkin pernah merasakan Hp panas padahal tidak digunakan. Penyebab utama masalah ini adalah baterai dalam kondisi tidak baik dan berisiko merusak perangkat. Cara satu-satunya adalah dengan mengganti baterai baru. Untuk meyakinkan bahwa baterai ponsel Anda dalam keadaan yang tidak baik, sebaiknya menggunakan aplikasi CurrentWidget: Battery Monitor untuk mengeceknya.

Aktifkan Mode Penghemat Baterai

Seperti penjelasan diatas, penggunaan ponsel secara terus-menerus dapat merungars daya dan membuat HP menjadi panas. Cara yang paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau mode penghemat baterai yang sudah ada di pengaturan ponsel Anda.

Jika menggunakan mode pesawat semua aplikasi di latar belakang tidak akan berfungsi, hal ini dapat menghemat penggunaan daya baterai Anda. Namun, jia Anda menggunakan mode pesawat, semua orang tidak akan bisa menghubungi Anda melalui telepon atau WA, hal ini dikarenakan ponsel Anda sedang berada di luar jaringan.

Hapus Aplikasi Yang Tidak digunakan

Cara mengatasi HP cepat panas yang terakhir adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan. Pernahkah Anda menginstal aplikasi dan hanya digunakan pada saat itu saja? meskipun tidak digunakan lagi, aplikasi tersebut masih membutuhkan ruang dan juga dapat menguras daya baterai Anda.

Cara yang paling mudah adalah uninstall aplikasi tersebut, cara lainnya adalah, Anda bisa menggunakan versi web jika hanya digunakan saat itu saja. hampir semua aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store sudah tersedia dalam versi web.

Demikian cara mengatasi HP cepat panas yang bisa Anda terapkan saat menggunakan ponsel. Pastikan Anda selalu menjaga ponsel kesayangan dengan cara di atas. Jika cara di atas belum mampu mengatasi hp panas, sebaik nya ganti alat yang mungkin ada kerusakan, seperti baterai atau yang lainnya.

Leave a Comment