6 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam Anti Ribet

Banyak orang yang mencari cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam karena memang masalah ini sangat merepotkan ya. Terlebih lagi saat HP tersebut benar-benar dibutuhkan, pasti Anda akan panik dan tidak tahu apa yang harus Anda lakukan.

Cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam disebabkan oleh berbagai penyebab yang tentu membuat kamu bingung dan heran karena belum mengetahuinya. Di era digital ini, kegunaan HP sangatlah penting untuk menunjang berbagai kebutuhan.

Hampir semua kegiatan membutuhkan HP, seperti berkomunikasi dengan teman atau keluarga, hingga mengisi waktu luang.

Baca juga: atasi IMEI disadap

Jika HP mengalami mati total, maka sudah bisa dipastikan kegiatan akan terganggu. Penyebab HP mati total juga bisa dikarenakan adanya masalah pada hardware atau software.

cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam

Dengan penggunaan baterai tanam memang memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Akan tetapi ternyata jenis baterai tersebut tidak luput dari kekurangannya. Salah satunya yaitu perangkat yang mati hidup sendiri tanpa sebab.

Namun untuk cara mengatasi HP mati hidup sendiri Anda tidak bisa sembarangan. Pasalnya penanganan yang salah justru akan mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal.

Pada pembahasan kali ini, Anda dapat memahami bagaimana cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam Vivo dan merek lainnya yang bisa menjadi solusi Anda sebelum membawanya ke service center. Jadi alangkah baiknya Anda ikuti beberapa metode yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam

Di sini ada beberapa cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam yang dapat Anda coba di rumah. Anda bisa mencoba setiap metode yang ada di bawa ini sampai akhirnya HP yang Anda gunakan bisa hidup dan digunakan kembali.

Baca Juga:  2 Tips Pakai Traveloka Pay Later

1. Dengan melakukan kalibrasi pada HP

Dengan kondisi HP hidup mati sendiri itu biasanya disebabkan oleh baterai yang rusak. Kalau hal ini terjadi, Anda jangan tergesa-gesa untuk mengganti baterai dengan yang baru. Anda bisa mencoba kalibrasi pada HP dengan cara sebagai berikut.

  • Langkah pertama, Anda gunakan HP tersebut sampai baterainya benar-benar habis alias mati total ya.
  • Setelah itu, Anda isi kembali daya baterai sampai penuh atau 100%. Pengisian ini dapat Anda lakukan dalam kondisi HP sedang mati.
  • Apabila sudah, lepaskan kabel charger HP dan hidupkan kembali ya.
  • Pastikan indikator HP Anda berada di angka 100% dan gunakan lagi sampai baterainya kosong lagi.
  • Kemudian Anda isi ulang lagi dayanya sampai penuh kembali.
  • Anda dapat hidupkan HP yang baterainya sudah penuh, lalu buka menu Pengaturan HP.
  • Lalu Anda buka menu Pengaturan Perawatan Perangkat dan tap opsi Baterai.
  • Tap pada opsi Penggunaan Baterai.
  • Nah sekarang Anda sudah berhasil melakukan kalibrasi HP. Apabila HP Anda tidak hidup mati, itu tandanya kalibrasi yang dilakukan benar-benar berhasil.

cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam

2. Dengan menggunakan aplikasi pada pihak ketiga

Untuk cara yang kedua yaitu Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Nah pada aplikasi ketiga yang bisa Anda coba adalah Suhu Baterai.

Anda bisa mendownload dan memasang aplikasi ini secara gratis dari Google Play Store. Apabila sudah, Anda langsung saja lanjut ke langkah-langkah berikut ini.

  • Anda buka aplikasi Suhu Baterai yang sebelumnya sudah diinstall.
  • Kemudian Anda tap pada opsi cek suhu pada baterai yang telah terpasang.
  • Anda tunggu sampai hasil pengecekan suhu keluar.
  • Apabila sudah, Anda tap opsi optimalkan suhu baterai.
  • Proses pengoptimalan suhu baterai ini akan berlangsung dan Anda perlu menunggu sampai selesai.
  • Untuk pengoptimalan suhu baterai ini akan membantu baterai agar tidak overhead dan membuat ponsel Anda mati hidup.
Baca Juga:  HP Android Lamban? Begini Cara Mengatasi Android Lemot

3. Mengosongkan pada penyimpanan internal

Cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam yang berikutnya yaitu dengan mengosongkan memori atau menghapus file-file di memori internal yang Anda rasa itu sudah tidak diperlukan lagi. Misalnya yang sudah Anda ketahui, salah satu penyebab HP mati adalah memori internal yang penuh.

Oleh sebab itu, Anda perlu mendeteksi apakah sisa pada memori internal masih banyak atau tidak. Jika tidak maka kami sarankan untuk segera membersihkan atau mengoptimalkannya. Cara untuk mengoptimalkan memori internal adalah sebagai berikut ini.

  • Langkah pertama, Anda buka dulu Pengaturan yang ada di HP Anda.
  • Setelah itu, Anda buka menu Perawatan Perangkat dan tap opsi Device Management.
  • Kemudian Anda pilih Penyimpanan atau Memori.
  • Terakhir Anda pilih opsi Optimalkan Sekarang dan tap Selesai untuk mengakhiri proses.

Selain itu Anda juga harus membersihkan file-file yang Anda rasa sudah tidak digunakan lagi. Semakin banyak file yang dihapus itu semakin bagus, sebab ruangan penyimpanan akan semakin lebih lega.

Bahkan Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi ketiga untuk membersihkan file cache dan file sampah.

4. Dengan melakukan hard reset

Selain beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa melakukan hard reset atau pengembalian ponsel ke pengaturan pabrik. Akan tetapi perlu untuk Anda ketahui, bahwa cara yang satu ini juga cukup berisiko.

cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam

Pasalnya, hard reset ini tidak hanya mengembalikan pengaturan ponsel seperti semula saja, namun juga menghapus berbagai file dan data yang ada di dalamnya lho. Untuk itu, Anda bisa lakukan backup data terlebih dahulu, baru Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama Anda buka dulu menu Pengaturan di HP Anda.
  • Setelah itu, tap untuk membuka menu Manajemen Umum.
  • Tap pada nomor Reset dan pilih opsi Reset Data Pabrik.
  • Sehingga nantinya saat proses reset data pabrik akan segera berlangsung.
Baca Juga:  8 Tutorial Microsoft Power Point Bagi Pemula

Anda pastikan selama proses reset data pabrik ini tidak ada gangguan sama sekali ya. Apabila gagal di tengah jalan, maka bisa mengakibatkan masalah yang fatal. Untuk itu, jangan lupa untuk melakukan reset data pabrik dalam keadaan ponsel terhubung dengan charger ya.

5. Melakukan update sistem

Untuk Cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam ternyata juga bisa diatasi dengan melakukan update sistem. Bisa dibilang sistem yang belum terupdate, akan mengalami berbagai macam masalah salah satunya adalah perangkat yang mati hidup sendiri.

Untuk itu Anda bisa mengecek apakah perangkat yang Anda gunakan meminta update sistem terbaru atau tidak. Apabila ada notifikasi untuk segera update sistem, Anda langsung saja lakukan pembaruan untuk mengatasi masalah-masalah yang telah terjadi.

6. Lakukan pengecekan pada tombol power

Selain dari software, komponen hardware yang bermasalah juga bisa menyebabkan HP mati hidup sendiri. Nah dalam hal ini bahwa hardware yang kemungkinan besar menjadi penyebab masalah adalah pada tombol fisik power yang mungkin saja tertekan.

Untuk itu, Cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam coba Anda lepaskan dulu casing tambahan yang telah digunakan. Kemudian perhatikan, apakah HP tersebut masih hidup mati sendiri atau tidak. Jika sudah tidak, berarti casing HP tersebut yang menekan tombol power sehingga mengakibatkan HP Anda menjadi eror

Leave a Comment