Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI Anti Ribet

Cara mengatasi hp disadap melalui IMEI bisa menjadi salah satu cara untuk menghindarkan diri dari ponsel kita di bajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Penyadapan hp memang sesuatu hal yang sering sekali terjadi di era yang semakin maju ini, karena memang banyak sekali alat atau software yang dirancang dan dibuat untuk digunakan menyadap hp seseorang meski tidak seratus persen berhasil.

Untuk itu selaku pengguna hp anda patut untuk berhati-hati jika menggunakan hp anda, jangan sampai isi chat anda dan telepon anda bisa di akses oleh orang lain. Penyadapan ini umumnya melakukan penginstalan pada perangkat korban.

Lalu bagaimana cara mengetahui hp anda disadap oleh orang lain? Untuk mengetahui hp disadap oleh orang lain sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk identifikasi, baik dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau tanpa menggunakan aplikasi.

Baca juga: atasi hp bergaris

Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui apakah hp kita disadap atau tidak

Cara mengatasi hp disadap melalui IMEI

  1. Terdapat kebisingan saat melakukan panggilan telepon, umumnya suara akan terdengar bip, suara latar yang aneh, suara berdenyut. 
  2. Daya tahan baterai berkurang dengan cepat, karena adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel anda, karena penyadap sudah melakukan penginstalan sebuah aplikasi sadap yang disembunyikan.
  3. Terjadi masalah saat mematikan hp.
  4. Ponsel tidak normal, hp hidup dan mati sendiri, menginstall aplikasi sendiri, karena terindikasi ada aplikasi sadap yang sedang berjalan
  5. Gangguan elektronik dengan perangkat lain
Baca Juga:  Rumus Excel Mengambil Data dari Tabel (VLOOKUP, HLOOKUP)

Jika anda sudah tau beberapa hal mengenai apakah hp anda disadap orang lain atau tidak, sekarang anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi hp disadap melalui IMEI.

Untuk cara mengatasi hp yang disadap itu memang agak sulit, karena salah satu cara agar terhindar dari penyadapan adalah dengan mengganti nomor IMEI telepon. Jika nomor IMEI menjadi metode yang digunakan untuk melakukan penyadapan mau tidak mau and aharus mengubah nomor IMEI anda.

Nomor IMEI sendiri adalah nomor identitas sebuah perangkat elektronik dan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI ini akan selalu ada di hp, tablet, ataupun laptop, nomor ini umumnya berjumlah 15 digit angka dan anda bisa melihat nomor IMEI ini di belakang perangkat atau di kardus pembungkus perangkat yang anda beli.

Untuk mengetahui nomor IMEI pada hp anda, maka anda bisa menggunakan kode *#06# dan menekan mode panggilan telepon di hp anda maka secara otomatis nomor IMEI hp anda akan ditampilkan.

Cara mengatasi hp disadap melalui IMEI

  1. Anda perlu menginstall aplikasi mobile uncle tool di hp anda
  2. Jika aplikasi tersebut sudah terpasang di hp anda maka silahkan buka aplikasi tersebut
  3. Setelah aplikasi terbuka anda perlu mencari menu engineer dan selanjutnya klik menu engineer mode
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan menekan menu radio information, anda perlu memilih salah satu SIM card yang anda gunakan jika hp anda menggunakan dua sim card
  5. Nantinya pada bagian atas, akan muncul opsi atau pilihan AT+ dan anda perlu memasukkan nomor IMEI yang baru
  6. Selanjutnya jika sudah selesai anda bisa menekan tombol send at command.

Jika langkah – langkah di atas sudah anda lakukan , anda perlu mengecek nomor imei telepon , apakah sudah berubah atau belum.

Baca Juga:  Cara mengatasi hp disadap, bisa anda lakukan sendiri loh

Cara mengatasi hp disadap melalui IMEI

Jika nomor imei belum berubah ,silahkan lakukan reboot pada perangkat dan lakukan pengecekan dengan menekan tombol *#06#. 

Factory reset

Selain mengubah nomor IMEI hp anda, anda juga perlu melakukan factory reset. Cara mengatasi hp disadap melalui IMEI ini dilakukan supaya aplikasi yang tersembunyi yang diinstall oleh penyadap bisa terhapus. Selain itu factory reset juga akan membantu anda memberantas malware dan virus yang menginfeksi hp anda.

Berikut ini adalah cara melakukan factory reset yang bisa anda lakukan.

  1. Buka settings melalui apps drawer atau notifikasi bar
  2. Kemudian scroll hingga bagian bawah dan klik pada menu system
  3. Klik pada menu advanced untuk menampilkan menu yang lebih kompleks
  4. Setelahnya anda bisa klik pada reset options
  5. Pilih opsi erase all data atau factory reset
  6. Setelahnya halaman yang akan muncul menunjukkan bahwa kamu akan menghapus data seluruh aplikasi
  7. Jika anda sudah yakin anda tinggal klik reset phone
  8. Proses dari reset factory sendiri berlangsung selama beberapa menit, jika sudah selesai hp anda akan ter restart atau reboot secara otomatis

Setelah mengetahui cara mengatasi hp disadap melalui IMEI anda juga ahrus mengetahui ciri-ciri dari hp yang disadap melalui IMEI. 

Baterai cepat habis

Baterai hp anda tiba-tiba saja cepat habis padahal tidak dipakai untuk banyak aktivitas? Sebaiknya anda perlu waspada karena ini merupakan salah satu ciri hp anda telah disadap. Baterai yang lebih cepat habis ini karena penyadap berusaha menginstall sebuah aplikasi untuk mengintai aktivitas anda di smartphone. Aplikasi ini akan terus berjalan selama 24 jam di background inilah yang membuat baterai anda lebih boros.

Baca Juga:  Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Menerima chat atau sms asing

Jika di hp anda sering muncul spam chat atau sms asing anda harus waspada karena ini adalah salah satu ciri hp disadap melalui IMEI. Chat atau sms asing ini kerap berisi teks aneh yang tidak bisa dibaca dan tidak bisa diartikan. Pasalnya isi chat atau sms ini biasanya hanya kumpulan karakter aneh.

Cara mengatasi hp disadap melalui IMEI

Muncul iklan

Ciri yang ketiga adalah tiba-tiba saja muncul iklan di luar aplikasi. Iklan ini biasanya tiba-tiba muncul, iklan ini merupakan bentuk dari kamuflase malware yang bertugas untuk menyadap hp anda. Iklan ini akan sangat sulit dihilangkan meski anda sudah merestart hp anda dan menghapus aplikasi yang dicurigai menjadi penyebabnya, serta mengahpus cache. Jika sudah seperti ini artinya hp anda benar-benar disadap.

Hp lebih lemot

Anda merasa tidak menginstall aplikasi baru atau aplikasi yang berat namun hp anda menjadi lebih lemot dari biasanya? Hal ini bisa saja terjadi karena ada yang mencoba menyadap hp anda. Untuk melakukan penyadapan pada hp si penyadap perlu menginstall aplikasi tersembunyi terlebih dahulu yang berguna untuk mengawasi anda. Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat besar. Secara otomatis resource hp anda akan di prioritaskan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Oleh karena itu hp anda akan terasa lebih lemot secara tiba-tiba.

Kuota lebih boros

Jika tiba-tiba kuota anda lebih boros padahal anda melakukan aktivitas seperti biasa, bisa jadi hp anda sudah dibajak atau disadap melalui IMEI.

Bagaimana? Apakah ponsel anda menunjukkan gejala seperti diatas? Jika iya jangan lupa untuk menerapkan cara mengatasi hp disadap melalui IMEI yang sudah direkomendasikan diatas ya! Semoga bermanfaat!

Leave a Comment