7 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris 100% Ampuh

Di era digital saat ini, HP menjadi salah satu kebutuhan hampir semua orang. Jadi saat ada masalah seperti layar yang bergaris, maka aktivitas akan sangat terganggu. Dan terlebih lagi belum banyak yang tahu bagaimana cara mengatasi layar HP bergaris.

Saat layar HP error dan muncul garis vertikal maupun horizontal, maka Anda tidak akan bisa menggunakannya, betul tidak? Ya Anda tidak akan bisa melihat layar dengan jelas, sehingga pengoperasiannya juga akan terganggu.

Baca juga: atasi hp disadap

Cara mengatasi layar HP bergaris sendiri memiliki berbagai macam, mulai dari hardware sampai software pada HP tersebut. Apabila masalah ini berasal dari software, Anda bisa memperbaikinya sendiri. Namun kalau masalah ini berasal dari hardware sepertinya Anda butuh orang yang lebih ahli dalam bidangnya.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dengan Benar

cara mengatasi layar HP bergaris

Jika Anda mengetahui beberapa penyebab umum mengapa coretan muncul di ponsel. Selanjutnya, Anda harus tahu persis bagaimana cara mengatasi layar HP bergaris. Karena jika Anda tidak mengetahui cara mengatasi layar handphone bergaris yang baik dan layak, mungkin alih-alih membantu handphone Anda justru akan menimbulkan masalah baru bagi handphone Anda. Berikut panduan lengkap cara mengatasi layar HP belang

1. Restart HP Anda dan kemudian gunakan safe mode

Cara mengatasi layar handphone bergaris yang pertama yang bisa Anda coba adalah dengan merestart handphone kemudian aktifkan safe mode. Menggunakan Safe Mode memantau kinerja sistem operasi dan mendiagnosis bila ada masalah dengan sistem operasi.

Baca Juga:  Inilah 8 Cara Membersihkan RAM Laptop Agar Tidak Lemot 

Ketika mode aman diaktifkan, jika memang ada retakan atau garis layar pada perangkat lunak, sistem akan segera mengirimkan sinyal atau notifikasi.

Cara mengaktifkan fungsi safe mode:

  • Tekan tombol power ponsel hingga menu pop-up muncul di layar.
  • Klik dan tahan tombol power off hingga muncul jendela pop-up lainnya.
  • Klik OK untuk me-restart HP dalam Safe Mode, maka secara otomatis HP akan masuk ke dalam Safe Mode atau Mode Aman.
  • Jika Anda tidak dapat menemukan menu pop-up atau cara menangani layar ponsel dengan baris di atas tidak berhasil, Anda dapat mencari metode yang sesuai dengan versi ponsel yang Anda gunakan. Karena ponsel dan berbeda sistem operasi biasanya berbeda, maka cara mengaktifkan fitur safe mode juga berbeda.

2. Memperbaiki layar HP bergaris dengan opsi Developer

Cara mengatasi layar HP bergaris yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan opsi developer. Opsi pengembang atau developer ini merupakan halaman dimana pada halaman ini Anda dapat mengatur pengaturan ponsel Anda secara lebih lengkap dan detail.

Pada laman setting developer ini juga memiliki opsi pengaturan Show Cursor Position yang bisa Anda nonaktifkan untuk dapat menghilangkan garis halus horizontal dan vertikal di layar ponsel.

Untuk bisa menemukan opsi developer dan mengaktifkannya, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka pada bagian setelan android di HP Anda
  • Anda Temukan opsi ‘about’ atau ‘tentang’ pada HP
  • Kemudian klik opsi tersebut lalu masuk ke menu Tentang HP
  • Setelah masuk, cari kolom “Nomor bentukan”. Klik beberapa kali hingga Anda menemukan pesan “Anda sudah jadi pengembang”.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengetuk tombol Kembali lalu membuka menu “Opsi Pengembang”.
  • Setelah membuka menu, Anda dapat menonaktifkan opsi ‘Tampilan Petunjuk’.
  • Garis-garis pada layar handphone tidak muncul  dan tidak muncul lagi secara otomatis.
  • Garis yang dapat dihilangkan dengan menggunakan menu opsi developer adalah jenis garis putih, garis vertikal, garis horizontal, garis berwarna atau garis lain yang berasal dari dalam sistem HP, bukan garis yang diakibatkan oleh kerusakan atau gangguan pada hardware.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Hp Ngelag, Dijamin Ampuh dan Anti Ribet!

3. Gunakan Aplikasi LCD Fixer

Hal lain yang bisa Anda lakukan jika bingung  bagaimana cara mengatasi layar HP bergaris adalah dengan menggunakan aplikasi LCD Fixer. Ponsel Android sudah memiliki beberapa aplikasi yang sengaja dikembangkan sebagai solusi dan solusi satu atap untuk ponsel layar belang atau  masalah ponsel lainnya.

cara mengatasi layar HP bergaris

Aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki layar LCD Anda atau biasa dikenal dengan LCD repair adalah aplikasi yang bernama Dead Pixels Test and Fix. Anda dapat  dengan mudah mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store karena sudah banyak yang menggunakannya, sehingga ratingnya juga tinggi dan tidak sulit ditemukan.

Aplikasi mendeteksi pixel ponsel yang dianggap rusak. Setelah terdeteksi, aplikasi  menghilangkan titik-titik yang berubah menjadi garis-garis pada layar, sehingga garis-garis pada layar HP dapat teratasi secara bertahap.

Cara menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut: 

  • Cari aplikasi Dead Pixels Test and Fix dan unduh. 
  • Mengaktifkan aplikasi dengan  membuka dan menyetujui persyaratan. 
  • Ketuk ‘Check Dead Pixel and Fix Dead Pixel’ untuk  mulai memperbaiki masalah saluran pada monitor HP.
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda hanya perlu untuk menunggu aplikasi mulai bekerja hingga Anda melihat hasilnya.

4. Tekan ke bawah permukaan layar

Jika cara mengatasi layar HP bergaris di atas masih tidak berhasil,  tekan ke bawah permukaan layar. Cara ini bisa Anda lakukan jika hasil diagnosa menunjukkan bahwa kerusakan atau malfungsi pada layar ponsel disebabkan oleh faktor eksternal atau hardware.

Cara manual ini bisa Anda lakukan dengan menekan ujung jari secara perlahan dan kuat pada permukaan layar di bagian bawah ponsel. Lakukan berulang kali hingga garis menghilang dari layar ponsel.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI Anti Ribet

5. Keringkan HP segera setelah terkena air

Jika terlihat jelas garis yang muncul di layar ponsel segera setelah menyentuh air atau kontak langsung dengan air, maka cara mengatasi layar HP bergaris dapat segera dikeringkan. Untuk mengeringkan ponsel, Anda bisa menggunakan kain yang menyerap air dengan baik dan tidak mengandung bulu-bulu halus yang bisa rontok karena menghalangi beberapa lubang pada ponsel.

cara mengatasi layar HP bergaris

Jika khawatir ponsel terkena air, ada beberapa tips mengeringkan ponsel secara menyeluruh. Berikut adalah beberapa tips.

  • Matikan HP.
  • Jika memungkinkan, lepas penutup belakang HP, kartu SIM, memori, dan baterai HP.
  • Siapkan beras secukupnya dalam wadah.
  • Mengubur HP ke dalam beras selama 2-3 hari, proses penguburan HP di dalam beras ini dapat membantu menghilangkan air yang terkandung di dalam HP.
  • Setelah selesai, masukkan kembali kartu SIM dan casing HP lalu periksa apakah garis  masih ada di layar atau tidak.

6. Cek Soket Layar HP

Cara alternatif mengatasi layar HP bergaris berikut ini adalah dengan mengecek kondisi soket display HP. Sekarang Anda bisa mengeceknya sendiri, melakukannya  di rumah, jika Anda sudah memiliki pengetahuan khusus tentang elektronika. Namun jika Anda kurang yakin, Anda bisa membawanya ke service center HP terdekat. Selanjutnya teknisi elektronik membongkar HP untuk mencari soket display dan memperbaikinya.

7. Periksa casing HP dan pastikan tidak longgar.

Hal lain yang bisa menyebabkan timbulnya garis pada monitor HP adalah kerusakan hardware. Salah satu perangkat keras yang bisa terpengaruh adalah casing HP itu sendiri. Jadi, jika Anda menemukan garis pada layar HP, Anda bisa mengecek terlebih dahulu casing HP dan pastikan casing HP sudah terpasang dengan baik dan tidak kendor.

Leave a Comment