Cara Membuat Font Sendiri Melalui Situs dan Aplikasi

Tahukah jika kamu ternyata bisa membuat font sendiri dengan mudah? Itu bisa dilakukan, baik itu menggunakan situs online atau aplikasi dan berbayar maupun yang gratis sekalipun.

Agar bisa lebih memahami, kamu perlu membaca informasi mengenai cara membuat font sendiri yang akan kami bahas pada artikel ini secara lengkap.

Mengenal Sekilas Tentang Font

Font mengacu pada satu set tipografi atau karakter teks yang bisa dicetak atau ditampilkan dalam gaya dan ukuran tertentu. Merek bisa digunakan dalam teks cetak dan digital. Jenis desain untuk sekumpulan font dinamakan sebagai tipografi  dan variasi dari desain ini akan membentuk keluarga font secara lengkap.

Misalnya, Helvetica adalah jenis font, sedangkan Helvetica italic adalah jenis huruf, dan Helvetica italic 10-point adalah font. Jadi, dalam praktiknya, font dan jenis huruf sering digunakan sebagai sinonim walaupun mewakili aspek yang sedikit berbeda dari suatu font tertentu.

Terdapat berbagai format file font yang bisa digunakan di komputer Windows maupun Mac. Beberapa format file yang paling umum, antara lain:

  • Bitmap (.bmp) menggunakan unit piksel untuk membuat simbol glyphs yang membentuk font bitmap total. Ini paling sering ditemui di perangkat lunak Adobe.
  • Open Type Font (.otf) adalah format file untuk font yang dibuat oleh Microsoft dan Adobe.
  • Postscript Type 1 (.pfb dan .afm) adalah format file font yang dikembangkan oleh Adobe dan biasanya digunakan pada komputer Windows maupun Mac.
  • TrueType (.ttf) adalah format file font yang dikembangkan oleh Apple dan Microsoft yang menjadi format paling umum untuk digunakan.
  • Web Open Font Format (.woff) dikembangkan untuk menyediakan format ringkas bagi file font yang bisa digunakan di situs web.
Baca Juga:  3 Cara Koneksikan Headphone Bluetooth di Windows 11

Cara Membuat Font Melalui Situs

Font mengambil peran penting untuk menjadikan konten kamu lebih baik bahkan bisa dimanfaatkan sebagai identitas suatu brand. kamu bisa mendapatkan banyak font gratis dan bagus secara online dengan mudah. Namun, bagaimana jika ingin memodifikasi atau membuatnya sendiri? Berikut ini adalah daftar situs online yang bisa kamu gunakan, antara lain:

1. BirdFont

cara membuat font sendiri

Situs ini tidak hanya gratis, tetapi juga open source dan menjadi tools yang bisa digunakan dengan baik untuk membuat font sendiri. Antarmuka dibagi menjadi tab atas, bagian utama di tengah, dan sidebar dengan alat yang digolongkan sesuai fungsinya.

Cara membuat font menggunakan BirdFont, kamu bisa menggambar di kisi, mengimpor ikon SVG untuk membuat font ikon, atau menggambar huruf secara manual di program lain atau bahkan di atas kertas sekalipun.

Setelah itu, impor gambar ke BirdFont sebagai latar belakang dan gambar kembali di atasnya atau jiplak bentuk huruf itu. Situs ini bisa mengimpor gambar dari Inkscape dan Adobe Illustrator serta mengekspor proyek yang sudah selesai dengan format TTF, EOT, dan SVG. Tutorial selengkapnya terkait tata caranya bisa kamu temukan di situs web resmi.

2. Bit Font Maker

cara membuat font sendiri

Situs Bit Font Maker memungkinkan kamu untuk membuat font piksel. Selain itu, bisa juga menelusuri galeri untuk melihat apa yang sudah dibuat orang lain, mengunggah file berformat TTF atau OTF, dan gambar setiap hurufnya. Langkah terakhir, kamu bisa membagikan hasil akhir pembuatan font kepada orang lain.

3. FontArk

cara membuat font sendiri

Pembuat font berbasis browser yang memungkinkan kamu untuk bisa menggambar huruf dan membuat font sendiri. Fitur paling praktis adalah Outline Generator yang bisa membuat garis luas di sekitaran gambar kamu secara otomatis.

Baca Juga:  Tips memilih PSU berkualitas yang awet dan bagus

Setelah itu, ubahlah ketebalan, kebulatan huruf, dan modifikasi hal lain agar menjadi lebih baik atau sesuai dengan keinginan. Font yang sudah selesai dibuat bisa diekspor sebagai file format OTF dan kamu bisa melihat bagaimana tampilannya sebelum digunakan.

4. FontStruct

Tools yang relatif sederhana di mana kamu bisa membuat font dengan cara menggabungkan bentuk geometris atau bata. Font baru bisa dibuat dari awal atau berdasarkan karya orang lain yang bisa kamu temukan di galeri.

Antarmuka situs ini pada dasarnya cukup mudah hanya terdiri dari beberapa alat. Namun, ini berubah ketika kamu beralih ke Expert Mode yang menawarkan lebih banyak opsi, seperti pengomposisian bata dan garis besar.

Selain itu, kamu bisa memperbesar dan memperkecil area kerja hingga beralih ke mode layar penuh agar lebih jelas. Font yang sudah kamu buat nantinya diekspor sebagai TTF atau glyphs.

5. PainFont

Web sederhana yang memungkinkan untuk membuat font berdasarkan tulisan atau gambaran manual. kamu hanya perlu mengunduh template berupa file PDF atau PNG dan isi itu, baik dengan tulisan tangan atau menggunakan perangkat lunak pengeditan gambar, seperti Photoshop, Paint, hingga Gimp.

Setelah itu, unggah kembali ke PainFont dan kamu sudah bisa mendapatkan font baru berformat OTF atau TTF. Walaupun demikian, PaintFont menjadikan kamu tidak mempunyai banyak kendali atas proses kreatif, seperti tools lain dalam daftar ini. Namun, Paint Font sendiri menjadi solusi praktis jika kamu hanya ingin membuat font dengan cepat.

Cara Membuat Font Melalui Aplikasi

Ada banyak font berkualitas tinggi yang bisa didapatkan secara online, baik itu gratis maupun berbayar. Namun, ada kalanya kamu membutuhkan font khusus yang unik, misal untuk menonjolkan desain atau membuat identitas brand.

Baca Juga:  Cara mematikan auto update windows 11

Lalu, apakah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat font sendiri? Jawabannya adalah ada dan berikut ini beberapa rekomendasi terbaik, antara lain:

1. FontCreator

Editor font khusus Windows yang mempunyai serangkaian fitur canggih. Itu menjadikannya cocok digunakan oleh desainer font profesional dengan antarmuka yang ramah untuk pemula. kamu bisa membuat dan mengedit font True Type dan Open Type berkualitas tinggi, serta mengonversi grafik vektor yang dipindai menjadi glyphs..

2. FontLab Studio

Selanjutnya ada FontLab Studio, yaitu perangkat lunak pembuatan font premium untuk para profesional yang ingin membuat dan mengedit tipografi mereka sendiri. Aplikasi ini bekerja pada Mac dan Windows serta mendukung semua format outline font utama.

3. Fontografer

Aplikasi Fontografer memungkinkan kamu bisa membuat font baru dari awal atau menyesuaikan yang sudah ada. Jadi, termasuk bisa memodifikasi dan mendesain font Tipe 1, TrueType, OpenType, hingga Tipe 3. Fitur khusus yang disediakan termasuk kemampuan untuk menyempurnakan spasi. Fontographer tersedia untuk Windows dan Mac.

4. iFontMaker

Jika kamu menggunakan iPad sebagai alat desain utama, maka iFontMaker akan sangat berguna. Ini merupakan aplikasi iPad yang memungkinkan kamu untuk mendesain jenis huruf handmade dalam waktu kurang dari 5 menit. Jika sudah, maka font bisa diinstal di komputer dan iPad serta iPhone kamu.

5. TTFEdit

Aplikasi editor font memungkinkan kamu untuk bisa mengedit dan memodifikasi font TTF yang ada atau membuatnya sendiri dari template. TTFEdit tersedia untuk Mac, Windows, dan Linux serta bisa diunduh secara gratis.

Font adalah salah satu elemen yang sering kamu temui, baik itu di dunia desain hingga penulisan sekalipun. Agar bisa mendapatkan yang unik dan menarik, maka sebaiknya segera lakukan cara membuat font sendiri menggunakan situs atau aplikasi sesuai penjelasan di atas ya!

Leave a Comment