Tips dan Trik Yang Membantu Anda Menguasai Mac Untuk Segala Keperluan

Mac lebih populer daripada sebelumnya – tetapi bagi orang-orang yang masih beralih dari Windows ke OS Apple untuk pertama kalinya, mungkin ada banyak hal yang harus diambil. Nah, tips dan trik pada ulasan kali ini akan membantu Anda untuk menguasai Mac agar memudahkan segala aktivtias pekerjaan Anda.

Telah menjadi pengguna Windows selama bertahun-tahun, itu menyenangkan sekaligus membingungkan. Elemen antarmuka pengguna yang Anda kenal dan sukai diganti dengan cara yang sama sekali berbeda untuk menjelajahi sistem operasi. 

Anda harus mempelajari pintasan keyboard baru agar bisa menguasai Mac. Yang lebih membuat frustrasi, Anda menjadi salah satu ‘pemilik’ Mac yang menghabiskan lebih banyak waktu bertanya-tanya kapan ‘hal besar berikutnya’ akan tiba, daripada menikmati apa yang sudah Anda miliki.

Baca juga: cara menonaktifkan show more options 

Tips dan Trik Yang Membantu Anda Menguasai Mac

Jika Anda baru saja memasuki dunia Mac dan mengalami perasaan yang sama, ini sepenuhnya normal. Jangan khawatir – kita semua pernah ke sana. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah tips dan trik untuk menguasai Mac, berdasarkan hampir dua dekade hidup di dunia ini.

menguasai Mac

Copot Pemasangan Barang Yang Anda Tidak Perlukan

Seperti perangkat komputasi apa pun, Mac baru akan diinstal dengan sejumlah aplikasi yang tidak Anda perlukan. Mereka mengambil ruang, terkadang menghalangi dan tidak akan memainkan peran apa pun dalam hidup Anda. Apple menyediakan daftar berguna dari semua aplikasi gratis yang sudah diinstal sebelumnya di Mac baru. 

Baca Juga:  CARA EDIT VIDEO DI LAPTOP ATAU PC

Anda tidak akan mengambil pendekatan palu godam dengan ini, karena banyak dari aplikasi ini berukuran kecil, dan tidak akan menghalangi Anda. Namun untuk mengosongkan sebagian ruang, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghapus beberapa (atau semua) hal berikut:

  • GarageBand
  • iMovie
  • Keynote (pikirkan:PowerPoint)
  • Angka (pikirkan: Excel)
  • Halaman (pikirkan: Word)

Untuk menghapusnya, masuk saja ke finder, klik Aplikasi di menu sebelah kiri dan seret aplikasi yang tidak Anda inginkan ke tempat sampah.

Cari Tahu Manajemen Kata Sandi Anda

Sayangnya, kita hidup di dunia di mana orang-orang jahat menginginkan barang-barang Anda, dan mereka telah mengetahui bahwa salah satu cara termudah untuk mendapatkan barang-barang itu adalah dengan memasuki kehidupan digital kita. 

Inilah sebabnya mengapa manajemen kata sandi sangat penting yang menjadi salah satu tips utnuk menguasai Mac. Itu juga mengapa Anda perlu tahu panduan untuk menemukan pengelola kata sandi terbaik untuk kebutuhan Anda.

Rantai kunci adalah titik awal yang paling jelas karena dibuat langsung di macOS dan gratis. Tetapi jika Anda menginginkan lebih banyak kontrol dan bahkan lebih banyak ruang untuk barang-barang terpenting Anda, 1Password adalah rekomendasi untuk Anda.

Bersiaplah Untuk Pembersihan

Jika Anda datang ke Mac setelah bertahun-tahun berurusan dengan mesin Windows yang menyumbat dari waktu ke waktu dan akhirnya terhenti karena layar biru, Kabar baiknya Mac tidak sekotor PC Windows.

Tapi itu tidak berarti Anda tidak perlu memberi mereka sedikit semangat sekarang dan lagi. File besar masih akan menemukan cara untuk mengunyah ruang yang tak ternilai, dan menghapus aplikasi dari Mac terkenal tidak ramah jika Anda ingin menghapus setiap jejak terakhir.

Kabar baik – ada banyak produk pembersih Mac yang luar biasa di luar sana, dan disarankan untuk memeriksa CleanMyMac X dari MacPaw, atau Cleaner One Pro dari Trend Micro.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Siapkan Aplikasi Bilah Menu Anda

menguasai Mac

Untuk yang belum tahu, bilah menu macOS berada di bagian atas layar. Itu selalu ada, dan isinya berubah tergantung pada aplikasi yang Anda buka. Satu-satunya hal yang tetap konsisten adalah logo Apple di paling kiri, dan kumpulan ikon di paling kanan.

Yang terakhir adalah letak keajaibannya, dan banyak aplikasi bilah menu brilian yang membuat Anda lebih produktif, dan yang benar-benar mengubah cara Anda berinteraksi dengan Mac Anda.

Dapatkan Sendiri Aksesoris Yang Harus Dimiliki

Kita mengerti – Anda telah menghabiskan banyak uang untuk hal ini. Anda tidak benar-benar ingin membayar lagi pada tahap ini, bukan? Itu benar-benar adil, tetapi ada beberapa aksesori Mac yang harus Anda miliki untuk menggali lebih dalam, atau setidaknya mulai menyisihkan beberapa sen untuk pembelian akhirnya.

Sebenarnya, sangat mudah untuk menjadi sedikit gila dengan aksesori Mac dan membeli banyak barang yang akan Anda gunakan sekali dan kemudian diabaikan. Jadi, berikut ini adalah hal-hal yang sangat penting bagi setiap pemilik Mac baru:

  • kasing yang layak (jika Anda memiliki MacBook);
  • kombinasi keyboard/mouse yang bagus (untuk pemilik Mac mini);
  • hub USB, jika Anda membutuhkan lebih banyak port; dan
  • tas jinjing teknologi (percayalah pada rekomendasi ini).

Cobalah Safari

Statistik penggunaan browser di seluruh dunia menunjukkan bahwa Anda mungkin adalah pengguna Chrome. Itu sangat keren. Tetapi jika Anda serius untuk memasuki dunia Mac yang indah.

Penggemar Chrome akan mencemooh ini. Abaikan mereka. Ada beberapa alasan mengapa Safari paling masuk akal untuk menjelajah web jika Anda adalah pengguna Apple. Yang pertama adalah manajemen sumber daya. 

Chrome terkenal buruk dalam hal memanfaatkan memori Mac dan sumber daya sistem Anda secara efektif dan penuh perhatian. Itu akan mengunyah RAM Anda dan menghabiskan masa pakai baterai Anda. Safari tidak melakukan ini.

Baca Juga:  Tips Baterai HP agar Tahan Lama digunakan

Kedua, Safari dikembangkan oleh Apple. Itu berarti Anda bisa menikmati semua kebaikan yang mereka berikan tanpa kendala dan menguasai Mac

Matikan “Hai Siri”

Tak satu pun dari kami yang dapat memikirkan alasan yang layak untuk menggunakan Siri di Mac. Diperkenalkan selama WWDC pada tahun 2016, Siri untuk Mac diberi ruang sendiri yang didambakan di bilah menu, dan slot permanen di Touch Bar yang bodoh.

Sama sekali tidak ada alasan untuk meminta Siri melakukan apa pun di Mac. Pada dasarnya, ini adalah perangkat yang selalu Anda sentuh saat berinteraksi dengannya. Jari-jari Anda akan bertumpu pada trackpad atau keyboard, keduanya memberi Anda banyak pilihan untuk menjalankan apa pun di dalam macOS.

Percayalah – Anda tidak akan pernah menggunakannya, dan fungsi “Hey Siri” bisa sangat menjengkelkan saat Anda hanya ingin iPhone atau Apple Watch merespons. Masuk ke System Preferences > Siri dan hapus centang Listen for “Hey Siri”. Tentu saja, jika Anda ingin benar-benar brutal tentang hal itu, hapus saja centang Enable Ask Siri.

Memoles Pintasan Keyboard

Jika Anda sudah lama menjadi pengguna Windows, salah satu hal pertama untuk menguasai Mac adalah tidak ada pintasan favorit Anda yang berfungsi. Anda dapat, tentu saja, memetakan ulang pintasan keyboard di macOS, tetapi Anda tidak disarankan untuk hal ini. 

Jika Anda bukan pengguna pintasan keyboard yang berat, tetapi di luar cut/copy/paste biasa, Anda tidak dapat melakukannya tanpa pintasan keyboard untuk Spotlight, tangkapan layar, dan tempel-sebagai-teks biasa. Itulah ulasan mengenai tips dan trik untuk menguasai Mac yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment