Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Saat ini cara membuat bootable flashdisk Windows 10 sangatlah mudah. Bootable flashdisk ini termasuk salah satu hal pertama yang wajib dipersiapkan saat ingin melakukan instalasi Windows 10 menggunakan Flashdisk.

Bahkan, bisa menjadi salah satu cara termudah untuk membuat bootable flashdisk Windows 10 yaitu menggunakan software bernama Rufus. Rufus dikenal sebagai salah satu pilihan utama dari berbagai alat untuk instalasi Windows.

Alasannya tentu karena lebih gratis dan penggunaannya tampak lebih  mudah. Bagi kamu yang sedang mencari cara menggunakan Rufus untuk membuat bootable flashdisk Windows 10, maka silahkan ikuti tutorial lengkapnya berikut ini.

Mengecek Sistem Arsitektur

Sebelum memahami ke cara membuat bootable flashdisk Windows 10 inti, ada baiknya kamu mengenali terlebih dahulu sistem arsitektur laptop atau PC. Hal ini karena akan berkaitan dengan proses pembuatan bootable flashdisk dengan baik dan benar.

Singkatnya, perangkat komputer hanya terdiri dari 2 jenis sistem arsitektur, yaitu 32-bit dan 64-bit. Begitu pula dengan Windows 10, ini mempunyai 2 versi yang sama seperti 32-bit dan 64-bit.

Ini artinya, jika perangkat komputer kamu menggunakan sistem arsitektur 32-bit, maka sebaiknya menginstall Windows 10 edisi 32-bit.

Untuk bisa mengetahui sistem arsitektur perangkat komputer, caranya silakan masuk ke Settings, lalu klik System dan pilihlah About. Nantinya, kamu akan langsung melihat sistem arsitektur yang terbaik.

Sementara itu, untuk Processor laptop yang digunakan adalah x64 dan sistem operasi-nya 64-bit. Jadi saat ingin melakukan install ulang, pilihan yang tepat yaitu Windows 10 edisi 64-bit juga. Apabila semua diatas sudah jelas, mari dilanjutkan ke pembahasan utamanya.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat File History di Windows 10?

Mempersiapkan Flashdisk Minimal 8GB

Cara membuat bootable flashdisk Windows 10 selanjutnya siapkan Flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB. Lalu pastikan flashdisk tersebut dalam kondisi yang kosong.

Apabila kamu sudah menggunakan flashdisk yang berisi file penting, maka pastikan melakukan backup data-data penting terlebih dahulu. Hal ini karena proses pembuatan bootable nantinya akan menghapus semua data yang ada di Flashdisk.

Install Media Creation Tool

Software ini dapat langsung di download secara gratis melalui website resmi Microsoft. Dipersilahkan klik di sini untuk mengunjungi situs resmi Microsoft. Lalu bisa klik tombol Download tool now untuk bisa mendownload software Media Creation Tool.

Install Windows 10 ISO

  • Kemudian, bisa buka software Media Creation Tool yang sudah terdownload tadi. Apabila sudah terbuka, maka silahkan klik “Accept” untuk melanjutkan proses.
  • Cara membuat bootable flashdisk windows selanjutnya yaitu silahkan pilih opsi “Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC”. Setelah itu, bisa klik next untuk men-download file ISO Windows 10.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

  • Selanjutnya bisa menentukan sistem arsitektur (32 bit atau 64 bit). Secara otomatis, software ini bisa langsung mendeteksi sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputermu.
  • Namun, bila kamu ingin melakukan instalasi untuk perangkat komputer A harus membuat bootable flashdisk dengan perangkat komputer B terlebih dahulu. Kamu hanya perlu menyesuaikan opsi ini dengan cara menghapus centang di bagian Use the recommended options for this PC.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

  • Setelah opsi yang ada diatas sesuai dengan kebutuhanmu, lalu silahkan mengklik Next untuk melanjutkan proses. Terakhir, kamu bisa mendownload file ISO Windows 10. Lalu bisa pilih opsi ISO file dan klik Next.

Menancapkan Flashdisk ke PC atau Laptop

Untuk membuat flash drive yang dapat di-boot berikut untuk Windows 10, lalu kamu bisa sambungkan flash drive ke PC atau laptop.

Baca Juga:  Cara Mematikan Memory Compression di Windows 10

Kemudian, pastikan memori USB yang digunakan tidak berisi file-file penting. Ini karena ketika Windows 10 boot nantinya sudah ada di flash drive dihapus.

Jadikan Windows 10 dapat di-boot dengan Rufus

Langkah selanjutnya, bisa langsung buka software rufus yang sudah kamu download tadi. Kemudian bisa  sambungkan flash drive dari komputer atau laptop kamu.

Kamu hanya perlu memastikan terlebih dahulu di bagian Perangkat sesuai dengan nama flash drive yang digunakan. Setelah itu, kamu dapat langsung klik bagian SELECT dan pilih file ISO Windows 10.

Selain itu, kamu harus dapat menyesuaikan peta partisi dan sistem target agar sesuai dengan komputer. Perangkat komputer yang lebih baru biasanya menggunakan sistem partisi GPT dengan sistem target UEFI.

Sedangkan, perangkat komputer lama biasanya menggunakan sistem partisi MBR dengan target sistem BIOS. Dalam hal ini, klik untuk mulai lalu melanjutkan meluncurkan Windows 10.

Tentu saja, proses ini memakan waktu sekitar 5-10 menit. Jadi tergantung dari daya komputer atau laptop dan kualitas flash memory yang digunakan.

Tunggu prosesnya selesai dan selamat flashdisk kamu sudah bisa digunakan untuk install windows 10 di laptop. Jika kamu ingin menginstal ulang Windows 10, maka memerlukan file ISO Windows 10.

File ISO itu sendiri disediakan oleh Microsoft dan gratis untuk diunduh. Setelah file ISO diperoleh, itu harus menggunakan flash drive dan Rufus untuk menyelesaikan instalasi Windows 10.

  • Unduh aplikasi Rufus dari situs web resmi.
  • Buka program Rufus lalu masukkan flashdisk ke dalam slot USB. Pilih USB yang akan digunakan.
  • Pada bagian bawah “Diagram partisi dan tipe sistem target”, pilih “model disk MBR untuk BIOS atau UEFI”.
  • Kemudian kamu dapat memilih “FAT32” di bagian “Sistem file”.
  • Di bagian Ukuran Cluster, pilihlah 4096 byte (default).
  • Periksa Format cepat, Buat disk yang dapat di-boot, dan Buat file stiker dan ikon lanjutan. Pilih ikon drive optis di bagian Create a bootable disk using.
  • Gunakan metode file ISO yang diunduh. Jika kamu ingin menambahkan file ISO, Rufus akan secara otomatis mengubah aturan sesuai dengan file ISO tersebut.
  • Setelah mengkonfigurasi pengaturan Rufus, klik tombol Start.
  • Proses ini akan memakan waktu lama tergantung pada ukuran file ISO. Markas Windows
Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Edge VPN di Microsoft Edge Chromium

Cara Mengunduh File Flashdisk yang benar

Microsoft memiliki perangkat lunak khusus yang disebut Media Creation Tool. Perangkat lunak ini telah digunakan untuk mengunduh file ISO Windows 10 dan membuat drive USB yang dapat di-boot.

Untuk membuat flash drive yang dapat di-boot Windows 10 di Mac atau Windows, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  1. Siapkan flash drive dengan ruang 8GB, lalu sambungkan ke laptop.
  2. Buka browser dan ketik Media Creation Tool di fungsi pencarian.
  3. Cari tautan yang mengarah ke situs web resmi Microsoft. Jika sudah ketemu, pilih Download Tool Now.
  4. Klik dua kali file MediaCreationToolxxxx.exe untuk membuka menu Pengaturan.
  5. Klik “Terima” untuk menyetujui persyaratan yang berlaku.
  6. Pilihlah langsung opsi “Buat media instalasi (stik USB, file DVD atau ISO) di komputer lain”.
  7. Pilih bahasa, edisi, dan bittype yang digunakan. Hapus centang Gunakan opsi yang disarankan untuk komputer ini.
  8. Pilih tombol Next dan kemudian pilih USB flash drive.
  9. Klik tombol Next dan kemudian pilih flash drive dari daftar. Jika flashdisk tidak muncul, pilih opsi Refresh driver list.
  10. Kemudian klik tombol Berikutnya. Kemudian pilih flash drive dari daftar. Jika flashdisk tidak muncul, pilih opsi Refresh driver list. Pilihlah tombol Berikutnya dan klik Selesai.

Itu saja beberapa informasi terkait Cara membuat bootable flashdisk windows, semoga bermanfaat.

Leave a Comment