Cara Mengecilkan Taskbar Windows 11? Simak Penjelasannya Di Sini

Pernahkah kamu melihat Taskbar Windows 11 dan merasa bahwa Taskbar tersebut sangat besar? Jika kamu berpikir demikian, kamu dapat mengikuti ulasan mengenai tutorial atau  cara mengecilkan Taskbar Windows 11. Perlu kamu tahu, ternyata kamu dapat mengubah ukuran Taskbar Windows 11 sesuai dengan keinginan.

Berbeda dengan Windows 10 yang tidak dapat begitu saja membuka dan menyesuaikan Taskbar dengan bebas. Windows 11 menghadirkan perubahan yang mengejutkan para pengguna dengan memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran Taskbar melalui pengaturan Windows.

Disini akan dijelaskan mengenai tutorial, tips, atau cara mengecilkan Taskbar Windows 11 yang perlu kamu tahu. Bagi kamu yang tidak puas dengan tampilan Taskbar, kamu dapat menyimak ulasan atau penjelasannya di bawah ini!

Cara 1: Mengecilkan Taskbar Windows 11

Cara mengecilkan Taskbar Windows 11 relatif mudah dengan registry editor. Namun, dalam mengubah ukuran menggunakan registry editor, kamu perlu berhati-hati saat menangani Windows registry. Pasalnya apabila kamu melakukan kesalahan, mungkin saja kinerja dari PC Windows 11 kamu akan bermasalah.

Dengan menggunakan registry sederhana, kamu dapat mengatur Taskbar di Windows 11 ke salah satu tiga ukuran, yaitu ukuran kecil, sedang atau besar, dan ukuran yang sama dengan default. Ukuran pada Taskbar akan mempengaruhi Taskbar itu sendiri dan ikon yang ada di dalamnya, berupa Start Menu, ikon aplikasi yang sedang dibuka, hingga ikon Shortcut.

Tahukah kamu? Pada umumnya, tinggi Taskbar kecil pada layar PC adalah 32 piksel, tinggi Taskbar sedang adalah 48 piksel, dan tinggi Taskbar besar adalah 2 piksel. Sementara itu, sebelum mengecilkan Taskbar Windows 11, sebaiknya kamu terlebih dahulu mencadangkan editor di Windows 11. Simak caranya berikut ini.

  • Pilih dan klik menu Start di keyboard, kemudian kamu perlu menemukan “Registry Editor”, apabila tidak menemukannya, kamu dapat mengetik “Regedit” di pencarian menu Start Windows 11.
  • Kemudian, arahkan kursor perangkat laptop atau PC kamu ke bagian kiri atas menu “Editor”. Lalu dilanjutkan dengan mencari dan memilih kunci registry “Computer”.
Baca Juga:  Cara Screen Recorder di Windows 10, Bebas Ribet!

Cara Mengecilkan Taskbar Windows 11

  • Setelah itu, klik opsi “file” dan pilih opsi “Export” dari menu “Editor”. Selanjutnya, kamu akan melihat laptop atau PC sedang membuka jendela baru. Pastikan juga bahwa opsi “All” yang terletak di pojok kiri sebelah bawah sudah tercentang.

Cara Mengecilkan Taskbar Windows 11

  • Terakhir, pilih lokasi baru  yang diinginkan dan kamu perlu membuat cadangan file dengan nama baru. Setelah itu, kamu hanya perlu klik tombol “Save” dan tunggu beberapa detik untuk menyelesaikan proses pencadangan.

Nah, setelah proses pencadangan selesai, kamu dapat langsung mengubah Taskbar menjadi kecil, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pilih dan klik menu Start di keyboard atau dapat melalui jendela Taskbar.
  2. Setelah itu, kamu perlu mengetik “Registry Editor” atau “Regedit” di pencarian menu Start Windows 11.
  3. Selanjutnya, pilih opsi “Registry Editor”, kemudian kamu perlu mencari dan membuka folder atau file bertuliskan “HKEY_CURRENT_USER. Setelah itu, navigasi folder ke Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\”.
  4. Lalu, kamu pilih dan klik kanan pada opsi “Advanced”, kemudian pilih opsi “New”.
  5. Langkah selanjutnya, kamu perlu memilih opsi “DWORD (32-BIT) Value” yang terletak di pilihan ketiga pada kotak. Setelah memilih opsi tersebut, kamu perlu memberi nama “TaskbarSi”. Kemudian klik kanan opsi Key “TaskbarSi” dan selanjutnya kamu cari dan pilih opsi “Modify”.
  6. Cara selanjutnya, kamu perlu memasukkan 0 pada tempat yang disediakan di bawah Value data. selanjutnya klik tombol “OK”. kamu perlu mengetahui bahwa memasukkan angka 0 akan membuat Taskbar Windows 11 menjadi kecil, angka 1 untuk ukuran yang sedang, sedangkan untuk angka 2 akan membuat Taskbar Windows 11 kamu berukuran lebih besar dari sebelumnya.
  7. Setelah cara di atas sudah diikuti, kamu perlu merestart perangkat laptop atau PC.  Usai direstart, Taskbar pada perangkat laptop atau PC kamu akan menjadi berukuran kecil.
Baca Juga:  4 Cara Mengetahui Informasi Speed RAM di Windows 10 dan Windows 11

Cara 2: Mengecilkan Taskbar Windows 11

Meskipun banyak di antara pengguna yang tidak yakin dengan program “Registry Editor” karena takut terjadi kesalahan dan berdampak pada laptop atau PC, namun apabila diikuti dengan tepat, benar, dan hati-hati. kamu dapat mengubah ukuran ikon Taskbar Windows 11 dan dapat beralih di antara ukuran yang berbeda kapan pun kamu inginkan.

Maka dari itu, jika kamu sudah yakin dan tidak ragu lagi, kamu dapat mengikuti cara kedua mengecilkan Taskbar Windows 11 setelah kamu sudah melalui proses pencadangan editor di Windows 11  berikut.

  1. Langkah pertama, kamu perlu menekan tombol “Windows” dengan diikuti menekan tombol “R” pada keyboard.
  2. Selanjutnya kamu perlu memasukkan kata kunci “HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\” di bidang jalur.
  3. Selanjutnya, pilih dan tekan opsi “New”. Kemudian ketuk opsi “DWORD (32-BIT) Value”. Taskbar akan meminta kamu memasukkan nama, kamu ketik di bidang teks “TaskbarSi”, ketukkan dua kali “TaskbarSi” untuk meluncurkan kotak pengeditan. Pastikan kamu mengetik atau mengejanya persis yang seperti di atas, tanpa ada kutip, tetapi menyertakan dua huruf kapital.
  4. Kemudian ubah Value Data menjadi 0. terakhir restart laptop atau PC kamu segera.

Cara 3: Mengecilkan Taskbar Windows 11

Tidak hanya dengan kedua cara di atas, kamu dapat mengubah ukuran Taskbar Windows 11 atau mengecilkan Taskbar Windows 11 melalui a .bat file. Meskipun tidak ada pengaturan bawaan laptop atau PC untuk mengubah ukuran Taskbar di Windows 11. Namun cara yang ketiga ini tidak begitu sulit untuk dicoba.

Baca Juga:  Cara mematikan auto update windows 11

Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah, kamu perlu terlebih dahulu mengunduh atau menginstal file .zip. Setelah itu ikuti cara berikut ini.

  • Cari Opsi “Set_taskbar_icon_size.zip”

Setelah kamu menyelesaikan mengunduh file .zip. kamu klik kanan opsi “Set_taskbar_icon_size.zip”. Kemudian kamu perlu tekan atau klik “Extract All” atau “Ekstrak Semua”.

  • Ekstrak Semua .zip

Langkah berikutnya, telusuri lokasi ekstraksi yang kamu inginkan, lalu tekan “Extract” di wizard. Nah, disini kamu dapat memilih dan menyesuaikan ukuran Taskbar Windows 11 sesuai dengan keinginan kamu.

Misalkan kamu ingin mengubah Taskbar Windows 11 menjadi kecil, kamu dapat klik kanan, lalu pilih “Set_taskbar_icon_size_to_small.bat”. Kemudian klik opsi “Run as administrator” atau “Jalankan sebagai administrator”.

  • Tekan Opsi “More Info”

Langkah terakhir yang perlu kamu ikuti adalah menekan opsi “More Info” pada prompt “Windows Protected your PC”. Kemudian kamu lanjutkan dengan klik “Run anyway” dan keluar dari akun kamu. Saat kamu masuk kembali ke akun kamu, kamu akan melihat bahwa Windows telah mengubah ikon kamu.

Nah itulah tiga cara mengecilkan Taskbar Windows 11. Bagaimana menurut kamu cara yang disebutkan di atas? Bermanfaat dan membantu kamu bukan dalam mengubah ukuran Taskbar Windows 11 menjadi kecil? Pastikan kamu sudah mencobanya dan berhasil mengubah Taskbar di laptop atau PC.

Leave a Comment