10 Tutorial Mengatasi Laptop Blank Hitam yang Harus Kalian Ketahui

Tentunya, laptop blank hitam menjadi hal yang mengejutkan untuk banyak orang. Apalagi jika Anda sedang mengerjakan tugas atau presentasi tertentu. Hal ini pastinya membuat Anda merasa panik dan langsung mencari tukang service. Tenang, Anda tidak harus langsung panik.

Baca juga: cara atasi hp kedap-kedip

Tutorial Mengatasi Laptop Blank Hitam Mendadak Sederhana 

Merasa panik ketika ada masalah pada laptop merupakan hal yang wajar untuk dilakukan. Namun, akan lebih baik jika Anda mampu bersikap tenang.  Dengan begitu, Anda dapat mencari solusi terbaik untuk memperbaiki. Coba gunakan beberapa langkah ini jika laptop Anda mengalami blank secara mendadak: 

laptop blank hitam

Periksa layar LCD 

Langkah mudah yang dapat Anda gunakan lebih dulu dalam mengatasi laptop blank hitam adalah memeriksa layar LCD.  Tentunya, melakukan pengecekan pada layar merupakan hal penting untuk dilakukan.  Layar memang merupakan salah satu bagian umum yang menjadi sumber masalah untuk laptop. 

Jika ingin tahu apakah sumber masalahnya memang terletak pada layar, Anda dapat mencoba langkah mudah. Cukup langsung hubungkan laptop yang Anda punta ke TV atau sambungan eksternal lainnya. Anda dapat memanfaatkan layar eksternal atau juga kabel HDMI.  

Setelah disambungkan, Anda dapat melihat hasil tampilan yang masuk.  Laptop blank hitam dapat terjadi karena masalah layar laptop jika tampilan laptop ada di monitor eksternal. Namun, jika tidak ada tampilan yang muncul pada layar eksternal, kerusakan ada di bagian lain. 

Secara umum, kerusakan terjadi di bagian hardisk atau juga sistem operasi. Pengecekan seperti ini penting untuk mengetahui penyebab dari layar Anda yang blank mendadak. Jadi, tidak usah langsung panik atau mengganti layar. Pastikan penyebabnya jauh lebih dulu. 

Baca Juga:  Pengertian Serta Beberapa Cara Unduh Windows 8 Yang Patut Anda Simak

Atur resolusi layar 

Langkah lainnya yang dapat Anda manfaatkan dalam kepentingan mengatasi laptop blank hitam adalah mengatur resolusi layarnya.  Jika Anda salah melakukan pengaturan pada resolusi layar, kemungkinan kerusakan terjadi juga besar.  Resolusi harus sesuai dengan perangkat.  

Ada beberapa orang yang memilih resolusi jauh lebih besar daripada laptopnya sendiri.  Hal ini membuat layar laptop menjadi blank hitam. Anda dapat melakukan pengaturan untuk masalah yang satu ini dengan mudah juga.  

Cukup masuk ke dalam bagian safe mode dahulu. Jika sudah, Anda dapat coba untuk mematikan laptop dan nyalakan kembali.  Langsung saja tekan tombol F8 selama berulang kali. Setelah masuk ke dalam mode safe ini, Anda dapat masuk ke Display dan mengatur resolusi layar sesuai dengan kemampuan laptop.  Jadi, tidak ada laptop blank hitam. 

Lepaskan RAM dan baterai 

Cobalah untuk menggunakan langkah sederhana dalam megatasi hal ini dengan melepaskan RAM dan baterainya jauh lebih dulu. Cara yang satu ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah sedikit mengerti mengenai laptop  karena memang cukup teknis dan ekstrim. 

Walaupun begitu, langkah ini dapat mengatasi berbagai macam masalah yang dapat terjadi pada laptop. Jadi, tidak hanya digunakan dalam kepentingan mengatasi laptop blink hitam. Anda dapat memulai langkah ini dengan membersihkan RAM jauh lebih dulu. 

Jika sudah, bersihkan juga slot tempat RAM menggunakan kuas kecil. Anda dapat memasang kembali RAM dan juga baterai yang digunakan.  Coba nyalakan kembali laptop Anda dan lihat hasil perbaikannya. 

Hapus CMOS laptop 

Anda juga dapat menggunakan langkah lainnya dalam kepentingan mengatasi laptop blank hitam. Cukup pilih hapus CMOS laptop saja. Anda dapat masuk ke bagian BIOS untuk melakukan pengaturan. Jika sudah, tekan saja F2 dan juga DEL dalam waktu bersamaan. 

Baca Juga:  Cara Cek Kecepatan Internet Di HP dan PC Super Praktis

Anda dapat memilih masuk ke dalam tab save & exit.  Bisa juga dengan langsung memilih exit saja. Lanjutkan langkah dengan memilih load optimal default.  Sesuaikan dengan pilihan yang ada di perangkat Anda. Jika sudah, langsung tekan yes dan juga enter. 

Coba reset windows 

Langkah selanjutnya untuk mengatasi laptop blank hitam adalah reset windows.  Sistem operasi yang bermasalah memang dapat menjadi unsur penyebab laptop blank juga. Biasanya, cara ini dilakukan jika berbagai macam cara sebelumnya tidak dapat bermanfaat. 

Untuk melakukan reset, cukup gunakan cara mudah dengan masuk ke bagian pengaturan. Pilih update & recovery untuk perbaikan. Anda juga dapat menekan recovery lagi dan langsung manfaatkan pilihan reset this PC.  Coba cek lagi laptop yang Anda pakai. 

Unduh ulang program laptop 

Laptop blank hitam juga dapat Anda atasi dengan melakukan install ulang pada sistem dasarnya.  Cara yang satu ini cukup banyak tersedia dalam internet atau juga Youtube. Anda dapat mengikuti cara lengkapnya juga.  Hampir semuanya tersedia dengan penjelasan rinci. 

laptop blank hitam

Langkah pengunduhan ulang ini hanya dilakukan jika laptop memang tidak bisa menjalankan OS Windows yang terpasang. Ikuti semua langkah yang ada dengan baik. Untuk mengatasi masalah layar laptop, pilih versi Windows yang jauh lebih rendah lagi.  

Cek kondisi kabel 

Untuk mengatasi masalah laptop blank hitam ini, Anda dapat coba mengecek kondisi kabel fleksibel yang ada. Dalam sistem kerja layar, ada kabel fleksibel yang bekerja juga. Jika kebetulan kabel mengalami kerusakan atau copot juga.  

Baca Juga:  Dengan Cara Ini, Anda Sudah Bisa Menonaktifkan Show More Options Pada Windows 11

Kabel yang bermasalah ini akan membuat layar Anda menjadi hitam juga. Karena itu, Anda dapat coba menggunakan langkah mudah dengan mengganti kabelnya saja. Jadi, tidak akan lebih mahal daripada memperbaiki secara keseluruhan juga. 

Hapus program laptop 

Sama halnya dengan ponsel dan berbagai macam perangkat lainnya. Laptop juga akan mengalami kerusakan hingga menjadi laptop blank hitam karena banyaknya program yang dimasukkan. Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan menghapus program juga. 

Banyaknya virus pada suatu program memang menyebabkan kerusakan sendiri. Cobalah lakukan pengecekan, apakah ada program yang memang mencurigakan. Jika ada program yang menurut Anda tidak pernah diunduh dan tidak digunakan. Maka, Anda dapat menghapus program dengan masuk ke dalam Safe Mode. 

Ganti VGA 

Laptop blank hitam juga dapat diatasi dengan mengganti VGAnya.  Sebenarnya, sistem kerja layar laptop sendiri bergantung erat pada VGA.  Jika ada kerusakan pada VGA laptop. Maka, layar juga akan mengalami kerusakan. Jadi, pastikan untuk langsung mengganti VGA untuk menyelesaikan masalah blank pada laptop. 

Mulai ulang explorer.exe 

Cara sederhana lainnya yang dapat Anda lakukan adalah memulai ulang explorer.exe. Cukup masuk ke dalam sistem operasi dan buka task manager.  Anda dapat masuk lagi ke dalam bagian proses dan pilih windows explorer. Langsung klik kanan pada pilihan yang ada di proses. 

laptop blank hitam

Anda dapat menekan mulai ulang dalam mengatasi laptop blank hitam. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya berjalan. Jika tidak berjalan, cukup lakukan langkah ulang dan masukkan explorer.exe.  Tekan saja OK. 

Demikian langkah yang dapat Anda manfaatkan dalam kepentingan mengatasi masalah pada laptop blank hitam.  Pastkan untuk menggunakan cara yang mudah Anda pahami dan membawanya ke tukang service jika memang tidak bisa. 

Leave a Comment