2 Cara Tutup Akun IG Sementara dan Permanen di HP/Laptop

Karena kemajuan zaman, teknologi mengalami perkembangan pesat. Hal itu memunculkan beragam jenis perangkat yang menjadikan manusia mempunyai lebih banyak opsi untuk mengakses informasi. Media sosial juga mulai bermunculan, termasuk Instagram atau IG. Namun, banyak orang yang menanyakan tentang bagaimana tutup akun IG?

Ya, hal itu sering menjadi masalah bagi beberapa orang yang menggunakan IG karena terkadang mereka mendapatkan pengalaman buruk ketika menggunakan platform media sosial tersebut. Ada juga yang ingin rehat dari media sosial untuk beberapa waktu agar tidak mengalami trauma yang diakibatkan oleh media sosial tersebut.

Bagi Anda pengguna IG yang sedang mencari tahu cara tutup akun IG, maka artikel ini sangat tepat untuk Anda. Kami memberikan beberapa cara mudah untuk menutup akun Instagram sementara dan permanen di sini. Jadi, ayo baca penjelasan lengkapnya hingga akhir!

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial Instagram

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial Instagram

Sebelum ke pokok bahasan tentang cara menutup akun Instagram, maka kita bahas terlebih dahulu tentang apa saja kelebihan dan kekurangan dari media sosial yang satu ini dibandingkan yang lainnya. Seperti kita ketahui, Instagram adalah media sosial yang mempunyai banyak pengguna.

Banyak orang menggunakan Instagram untuk membagikan momen mereka. Instagram memberikan fitur untuk mengunggah foto sebagai konsep utamanya. Sejak awal kemunculannya, media sosial ini mendapatkan banyak perhatian hingga menjadi sangat terkenal.

1. Kelebihan Instagram

Ada beberapa keunggulan yang menjadikan Instagram mendapatkan tempat spesial di kalangan para pengguna media sosial. Apa saja keunggulan itu?

  • Instagram bisa memberikan ruang privasi bagi penggunanya. Hal itu ditunjukkan dengan adanya profil Instagram yang bisa dikunci dan hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang diizinkan untuk menjadi pengikut pemilik akun tersebut.
  • Instagram juga bisa digunakan oleh para pemilik bisnis. Ada akun bisnis yang bisa dibuat di Instagram. Dengan akun bisnis tersebut, Anda bisa lebih mudah memasarkan jasa atau produk dan mendapatkan banyak pembeli.
  • Ada juga beragam fitur menarik yang diberikan oleh Instagram. Beberapa di antaranya adalah fitur untuk mengunggah video dan foto, stiker menarik, story Instagram, dan lagu yang bisa disematkan.
Baca Juga:  6 Cara  Mudah Mendapatkan Kode Koin Webtoon Gratis

2. Kekurangan Instagram

Di balik kelebihan, pasti ada kekurangan. Instagram juga mempunyai beberapa kekurangan. Hal ini bisa dilihat dari ulasan yang dibagikan oleh para pengguna Instagram. Kami rangkum beberapa kekurangan umum dari Instagram dalam poin-poin berikut ini.

  • Agar bisa digunakan secara optimal, pengguna harus rajin melakukan update pada Instagram. Tentu hal ini cukup merepotkan karena pengguna harus sering melakukan hal tersebut. Terkadang, pengguna juga kecewa karena update yang dilakukan tidak berbeda dengan Instagram yang belum di-update.
  • Konteks di Instagram juga lebih terbatas jika dibandingkan dengan media sosial lainnya seperti Twitter yang bisa memuat video, foto, thread panjang, tulisan pendek, hingga memantau trending. Instagram hanya bisa digunakan untuk membuat konten video dan foto saja.
  • Kini, kualitas unggahan di Instagram juga disebut-sebut semakin menurun. Jadi, kualitas foto yang diunggah ke Instagram mempunyai resolusi yang kecil dibandingkan kualitas foto Instagram dulu. Video yang diunggah juga hanya bisa dimuat jika durasinya satu menit saja, selebihnya tidak bisa.

Dengan kelebihan dan kekurangan ini, tentu ada pengguna Instagram yang masih setia dengan media sosial tersebut. Di sisi lain, ada juga yang beralih ke media sosial lainnya, seperti TikTok yang menjadi pesaing utama Instagram saat ini.

Apalagi, banyak pengguna Instagram yang mulai beralih ke TikTok karena platform baru itu dirasa lebih bisa memberikan berbagai kemudahan dan hal-hal menarik yang tidak bisa diberikan oleh IG. Meskipun begitu, Instagram terus berupaya melakukan pembaharuan agar tidak kehilangan daya tariknya.

Baca Juga:  Simak Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok dengan Mudah

Hal itu dibuktikan dengan dibuatnya beberapa fitur baru di Instagram yang cukup mirip dengan fitur yang dimiliki oleh platform yang menyajikan video pendek lainnya. Namun, beberapa pengguna tetap menganggap bahwa Instagram tidak semenarik dulu. Itulah yang menjadikan mereka ingin melakukan penutupan akun Instagram.

Cara Tutup Akun IG Sementara

Cara Tutup Akun IG Sementara

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan IG, Anda bisa mempunyai gambaran untuk menutup atau tetap menggunakan akun Instagram Anda. Bagi pengguna IG yang ingin menutup akun IG sebentar. Biasanya, orang yang ingin menutup akun Instagram mereka secara sementara hanya ingin rehat dari dunia media sosial dalam waktu sebentar.

Hal itu bisa dikarenakan adanya masalah personal di dunia nyata si pengguna ataupun masalah yang terkait dengan para pengikut atau netizen yang mengganggu kehidupan si pemilik akun tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh para artis yang ingin menjauh dari keramaian media sosial mereka. Lalu, bagaimana cara tutup akun IG sementara?

  • Pertama, silakan login dulu ke IG. Ini bisa dilakukan menggunakan PC, laptop, ataupun handphone.
  • Setelah berhasil masuk ke lama profil IG, klik di bagian ikon profil IG tersebut.
  • Selanjutnya, klik pada “profile.”
  • Kemudian, ada opsi “Edit Profile” dan silakan pilih menu tersebut.
  • Selanjutnya, geser laman IG itu ke bagian bawah dan temukan opsi “nonaktifkan sementara.” Menu itu terletak di bagian kanan.
  • Anda akan diminta untuk menjelaskan alasan mengapa menonaktifkan akun tersebut.
  • Jika sudah, silakan masukkan lagi kata sandi Instagram tersebut.
  • Kemudian, klik di bagian “nonaktifkan akun sementara.”
  • Selesai! Kini, akun Instagram itu akan dinonaktifkan dalam jangka waktu tertentu.
Baca Juga:  Mengenal Fitur Baru Instagram Notes

Tenang saja, meskipun sudah dinonaktifkan, pengguna masih bisa membukanya lagi nanti jika sudah sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Namun, jika pengguna tidak membukanya lebih dari tenggat waktu, maka sistem bisa menutupnya secara otomatis. Jadi, setelah menutupnya, perhatikan tenggat waktu yang diberikan.

Cara Menutup Akun IG Permanen

Cara Menutup Akun IG Permanen

Bagi pengguna Instagram yang sudah tidak ingin lagi menggunakan akun IG mereka, maka tutup akun IG selamanya adalah solusi terbaik. Biasanya, penutupan sepenuhnya ini dilakukan untuk akun orang yang sudah meninggal agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Namun, pengguna yang memang sudah tidak ingin menggunakan Instagram juga bisa menutup akunnya secara total. Tentu hal ini agar akun IG tersebut tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Inilah cara mudah yang bisa dilakukan untuk menutup akun IG Anda selamanya.

  • Pengguna Instagram harus membuka link situs instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ terlebih dahulu. Gunakan saja browser yang biasa digunakan.
  • Kemudian, masuklah ke laman profil Instagram seperti biasanya.
  • Jika sudah berhasil login ke profil Instagram, lakukan cara yang sama dengan penutupan akun IG sementara yang sudah kami jelaskan sebelumnya.
  • Lalu, tuliskan juga alasan penutupan akun tersebut.
  • Setelah diisi, silakan memasukkan kembali kata sandi Instagram.
  • Selanjutnya, pilih menu “hapus akun permanen.”

Dua cara yang kami jelaskan itu sudah bisa menjawab masalah pengguna Instagram terkait dengan tutup akun IG. Jadi, tidak usah bingung lagi. Terapkan saja penjelasan tersebut karena cara itu memang sangat mudah untuk dilakukan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment