Tips Baterai HP agar Tahan Lama digunakan

Baterai yang tahan lama tentunya akan sangat membuat anda menjadi lebih nyaman menggunakannya nih. Terlebih lagi bagi anda sebagai pengguna smartphone yang mempunyai banyak cara untuk dapat dilakukan untuk menjaga keamanan dari baterai hp anda sendiri. Olehnya itu ada beberapa tips baterai hp agar tahan lama yang dapat anda lakukan.

Anda pasti menyadari bahwa hampir setiap waktu meggunakan hp baik itu untuk keperluan pekerjaan atau juga untuk keperluan bermain game anda nih. Jadi tidak heran ya mengapa penggunaan baterai hp dapat menguras cukup banyak daya. Tidak jarang juga h panda menjadi sangat panas karena besarnya kapasitas yang anda gunakan.

Baca juga: cara rawat laptop 

Selain itu nih ada beberapa hal yang bisa menyebabkan baterai hp dapat dengan cepat mengalami penurunan. Sehingga anda perlu untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana apa yang menjadi penyebabnya untuk bisa lebih mudah langkah yang perlu anda lakukan untuk menjaga daya tahan baterai hp anda lebih lama. 

Alasan Baterai HP Mudah Habis 

tips baterai hp agar tahan lama

Terdapat beberapa alasan yang menjadi penyebab baterai hp cepat habis. Nah kondisi seperti ini tentunya akan membuat anda menjadi lebih cepat merasakan kejengkelan karena masih ingin menggunakan hp namun harus segera menghentikan karena daya sudah tidak mampu mendukung penggunaan anda. 

Perlu anda ketahui beberapa alasan daya tahan baterai h panda cepat habis sebelum menuju ke pembahasan tentang beberapa tips baterai hp agar tahan lama untuk anda ketahui. 

Baca Juga:  8 Tutorial Microsoft Power Point Bagi Pemula

Sinyal Buruk dan Akses GPS 

Alasan yang pertama adalah karena adanya kekuatan sinyal disekitar lokasi anda cukup buruk yang membuat hp anda menjadi terus bekerja keras untuk mencari pemancar sinyal yang lebih dekat. Namun hal itu akan terjadi apabila anda berada di daerah yang memang sangat susah untuk menjangkau sinyal dan akan lebih baik bagi anda mematikan data hp. 

Selanjutnya nih adalah akses GPS di aplikasi yang anda gunakan sebab di beberapa aplikasi yang meminta izin kepada para pengguna HP untuk mengaktifkan lokasi ketika akan mulai menggunakannya. Misalnya saj nih berupa Google Map, aplikasi ojek online dan beberapa aplikasi lainnya yang membuat baterai anda bekerja keras mencari sinyal lokasi anda. 

Fitur Sinkronisasi Aktif dan Notifikasi

Alasan terakhir yang menjadi penyebab baterai anda cepat habis adalah adanya fitur sinkronisasi yang aktif. Walaupun demikian nih bahwa fitur ini nyatanya cukup penting anda lakukan sebab data akan secara otomatis untuk membackup dengan cara mengunggahnya ke dalam aplikasi google drive. 

Selain itu aktifnya notifkasi yang cukup banyak nih secara tidak sadar akan membuat baterai anda akan cepat terkuras. Alasannya adalah karena dengan banyaknya notifikasi yang menumpuk tentu saja akan membuat baterai hp anda menjadi lebih banyak mengeluarkan daya. 

Hal yang seperti akan lama-lama bisa membuat baterai anda cepat rusak apabila di biarkan saja dan tidak memahami cara kerjanya. Adapun alasan logis lainnya nih yang menjadi alasan baterai anda kehabisan daya adalah mungkin saja pada kondisi tersebut, baterai hp dalam keadaan yang tidak baik atau rusak. 

Nah itulah beberapa alasan yang menjadi penyebab baterai hp anda menjadi cepat rusak atau kehabisan daya. Langsung saja nih beberapa tips agar baterai hp tahan lama tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan apapun itu. 

Baca Juga:  Simak Dan Ketahui! 6 Cara Memperbaiki Layar Hp Tidak Merespon

Langkah Untuk Baterai HP Tahan Lama

Nah apabila anda telah mengetahui beberapa alasan yang menjadi penyebab baterai hp cepat habis, maka selanjutnya nih akan di bahas beberapa cara atau tips yang bisa anda lakukan agar baterai hp tahan lama saat digunakan 

Fitur Smart Stay OFF dan Aplikasi Bawaan

Tips agar baterai hp tahan lama yang pertama adalah dengan anda mematikan fitur smart stay yang kebanyakan ada di beberapa hp Samsung atau juga hp yang lainnya nih. Keberadaan fitur ini sendiri akan membuat smartphone anda dalam kondisi yang tetap menyala selama itu anda menatap pada layar hp anda.

Fitur stay off hp

Dengan kondisi tersebut akan membuat daya tahan baterai melemah yang mana apabila layar hp anda secara terus menerus menyala tanpa anda mematikannya, maka akan sangat besar kemungkinan membuat daya baterai hp cepat habis. 

Selain itu nih dalam beberapa kasus pada perusahaan hp akan menyelipkan sebuah aplikasi bawaan. Padahal ini hal tersebut dapat merugikan anda karena terkesan memaksa dan beberapa di antara anda mengetahuinya. Olehnya itu anda perlu untuk menonaktifkan aplikasi bawaan ini sebagai sebuah tips agar baterai hp tahan lama dengan masuk ke pengaturan, apps dan pilih disable. 

Mengurangi Penggunaan Aplikasi

Apabila hp anda mempunyai banyak aplikasi yang secara aktif bersamaan nih, maka hal tersebut sudah tidak diragukan lagi akan menjadi salah satu penyebab baterai hp menjadi lebih cepat habis dan tidak tahan lama. 

Nah salah satu tips agar baterai hp tahan lama adalah anda perlu untuk memperhatikan aplikasi apa saja yang pada saat itu sedang berjalan pada background dan untuk cara mengeceknya adalah dengan masuk pada menu pengaturan lalu pilih baterai kemudian anda pilih baterai usage untuk memastikan hal tersebut. 

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris 100% Ampuh

Hindari Pencahayaan HP Berlebih

Tips agar baterai hp tahan lama adalah dengan anda mengurangi pencahayaan pada hp yang anda gunakan atau biasa disebut dengan fitur auto brightness. Sebab dengan mengurangi hal tersebut akan mampu mengatasi daya tahan baterai anda menjadi lebih tahan lama untuk anda gunakan setiap waktu. 

Tampilan pada layar hp yang cukup terang akan selalu menjadi salah satu penyebab pada baterai hp anda akan cepat terkuras yang tanpa disadari apabila anda semakin menaikkan pencahayaan pada hp akan semakin besar pula daya baterai yang anda gunakan. 

Memakai Background Gelap dan Dark Mode

Tips agar baterai hp tahan lama selanjutnya adalah anda yang menggunakan background gelap akan bisa membuat baterai hp tidak tahan lama. Latar yang berwarna hitam pada kenyataannya nih bermanfaat untuk hp dengan panel AMOLED yang mana hal ini lemah terhadap warna cerah yang dapat berdampak pada baterai hp sehingga tahan lama digunakan. 

Fitur dark mode membuat mata merasa nyaman dan mengurangi tingkat kecerahan pada layar hp anda selain itu mampu untuk mengurangi konsumsi daya baterai sehingga anda bisa menggunakan hp dengan lebih lama. 

Gunakan Charge Asli

Gunakan charger asli

Tips agar baterai hp tahan lama yang terakhir adalah dengan anda menghindari untuk menggunakan charger yang KW atau palsu. Pastikan bahwa anda menggunakan charger yang asli sebab akan sangat berpengaruh besar pada lama daya tahan baterai anda nih. 

Demikian nih pembahasan artikel ini mengenai tips agar baterai hp tahan lama semoga membantu anda.

Leave a Comment