Cara Rawat Laptop yang Tepat agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Sering punya laptop tapi mudah rusak? Biasanya usia laptop tergantung pada cara perawatan dari sang pemiliknya sendiri. Anda bisa menggunakan cara rawat laptop yang baik dan benar agar tidak mudah rusak maupun mati total.

Setiap orang dari berbagai kalangan usia tentu membutuhkan laptop untuk belajar, bekerja, atau kegiatan lainnya. Namun, saat laptop mengalami masalah pasti segala kegiatan belajar hingga pekerjaan kantor tidak bisa selesai tepat waktu.

Baca juga: cara agar baterai tahan lama

12 Cara Rawat Laptop secara Tepat

Perlu Anda ketahui, menggunakan dan merawat laptop dapat memperpanjang usia sehingga terhindar dari berbagai masalah. Pasalnya, laptop yang bermasalah memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya atau harus mengganti dengan perangkat baru. 

Mungkin jika Anda atau keluarga lainnya seorang yang ahli dalam memperbaiki laptop tidak perlu pusing-pusing lagi untuk mengeluarkan uang banyak. Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki seseorang yang ahli komputer perlu memperhatikan cara merapat laptop yang baik dan benar sebagai berikut:

Bersihkan Layar Laptop

cara rawat laptop

Penggunaan laptop untuk berbagai kegiatan setiap hari tentu memudahkan perangkat ini terkena debu dan kotoran. Cara rawat laptop sebenarnya sederhana dengan memperhatikan kebersihan perangkat dari debu dan kotoran yang bisa merusak komponen.

Seperti bagian layar yang kerap kotor karena tersentuh tangan atau lainnya sehingga tidak ada kotoran atau debu yang menempel. Selain itu, gunakan pelindung screen protektor untuk melindungi layar laptop dari goresan.

Baca Juga:  Tips Memilih Android TV Box Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Pembeli

Bersihkan Optical Drive

Tidak hanya layar yang rentan terhadap debu atau kotoran, tetapi juga bagian optical drive atau tempat DVD/CD. Mungkin Anda sering melihat atau menggunakan laptop yang memiliki DVD ROM untuk membaca data dari DVD atau CD.

Sebaiknya bersihkan DVD ROM dari debu secara rutin agar tidak mudah rusak akibat debu yang menempel. Bahkan saat memasukkan CD atau DVD sebaiknya juga berhati-hari karena lensa optik pada optical drive juga rentan rusak.

Hindari Penggunaan di Atas Kasur

Cara rawat laptop selanjutnya juga cukup sederhana tetapi sering kali orang-orang tidak perhatikan atau menganggap sepele. Yaitu menggunakan laptop di atas kasur yang tentunya tidak baik untuk menunjang performa laptop sehingga mudah rusak.

Tentunya banyak debu yang ada di atas kasur dapat menempel pada komponen-komponen penting dalam laptop. Bahkan penggunaan di atas kasur sering menyebabkan overheat hingga kerusakan pada motherboard.

Hindari Mengunduh Sembarang Software

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin canggih pula teknologi yang hadir untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Mulai dari perangkat canggih hingga aplikasi atau software yang memiliki beragam fitur canggih serta gratis.

Namun, tahukah Anda penggunaan software sembarang dapat menyebabkan kerusakan pada laptop hingga tidak bisa diperbaiki kembali. Pasalnya, mengunduh software dari internet secara sembarangan memudahkan virus menyerang perangkat.

Simpan dan Gunakan di Tempat Sejuk

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan laptop sehingga tidak awet dan membuat pengeluaran menjadi membengkak. Pastinya, Anda harus mengeluarkan biaya untuk membayar tukang servis hingga membeli laptop baru jika laptop lama sudah tidak terselamatkan.

Rawat laptop

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan cara rawat laptop yang tepat agar lebuh awet dan berfungsi dengan baik. Caranya dengan tidak meletakkan atau menggunakan laptop di bawah paparan sinar matahari langsung yang membuat komponen mudah panas.

Baca Juga:  3 Cara Mengatasi HP Mati Total Tanpa Tombol Power Pasti Nyala Kembali

Jauhkan Minuman dari Laptop

Anda pasti sering membawa minuman di samping laptop agar tidak kehausan ketika sedang asyik atau konsentrasi. Padahal minuman tersebut bisa saja tumpah ke laptop hingga mengakibatkan kerusakan dan korsleting komponen dalam laptop. 

Pasalnya, air merupakan musuh besar dari perangkat elektronik termasuk laptop yang rentan mengalami kerusakan. Mungkin Anda menganggap hanya bagian luar yang basah, padahal air dapat menebus ke bagian komponen dalam sehingga ada baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop

Jauhkan dari Makanan

Tidak hanya minuman yang dapat mempengaruhi usia laptop yang sering Anda pergunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, makanan juga menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan pada laptop yang sering terjadi.

Pasalnya, tidak sedikit orang suka membawa makanan atau minuman sebagai teman bermain laptop sehingga bisa tumpah dan merusak komponen. Cara rawat laptop yang baik dengan menjauhkan terlebih dahulu dari makanan untuk menjaga kinerja keyboard.

Tidak Menimpa dengan Benda Berat

Cara meletakkan atau menyimpan laptop juga harus Anda perhatikan agar tetap aman dan tidak mengalami masalah. Hal yang sering kali orang-orang sepelekan adalah menaruh barang di atas laptop secara sembarangan.

Bahkan sering kali orang-orang meletakkan barang berat di atas laptop padahal bisa berakibat fatal. Dengan menaruh benda berat di atas laptop dapat berisiko kerusakan pada layar laptop hingga kerusakan komponen penting pada gawai satu ini.

Kurangi Bermain Game Berat

Berbagai faktor bisa mempengaruhi kinerja laptop hingga menyebabkan berbagai masalah yang fatal termasuk penggunaan konten dan data yang berat. Perlu Anda ketahui, meskipun memiliki spesifikasi bagus hingga ruang penyimpanan luas tetapi laptop tetap rentan rusak.

Seperti memasang dan sering memainkan game dengan ukuran besar bisa membuat performa laptop semakin berat. Ada baiknya untuk menggunakan game yang memiliki ukuran ringan atau jangan terlalu bermain game berat termasuk cara rawat laptop yang tepat.

Baca Juga:  Inilah 7 Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online!

Perhatikan Lama Penggunaan Laptop

Sebenarnya laptop sama seperti smartphone yang rentan mengalami masalah ringan hingga masalah berat sehingga membingungkan. Akan tetapi, penggunaan elektronik seperti laptop juga bisa awet jika memperhatikan cara merawatnya yang baik serta benar.

Mungkin sering kali Anda terbuai dengan keseruan saat bermain laptop hingga lupa waktu tanpa istirahat sehingga mengakibatkan overheat. Sebaiknya perhatikan lamanya bermain laptop dan beri waktu perangkat untuk istirahat agar performa tetap terjaga.

Perhatikan Suhu Laptop

Penggunaan laptop dalam waktu lama tanpa istirahat hingga pengisian daya sambil bermain bisa menyebabkan suhu perangkat cepat panas. Hal ini yang kerap membuat laptop mudah rusak karena sering mengalami overheat dan berakibat kerusakan komponen.

Sebaiknya perhatikan suhu laptop saat menggunakannya, berhenti sejenak ketika suhu mulai memanas. Atau Anda juga bisa menggunakan kipas khusus laptop agar suhu laptop tetap terjaga dan terhindar dari overheat.

 

Hindari dari Jangkauan Anak-Anak

Faktor lain yang mungkin Anda sudah sering temui adalah laptop rusak karena menjadi mainan anak-anak. Pasalnya, tidak semua anak-anak sudah paham tentang cara menggunakan dan merawat gawai dengan benar sehingga sering sembarangan.

Sering kali anak bermain tanpa batas waktu, menaruh benda berat di atas laptop, atau bahwa membanting laptop ketika bosan. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan laptop dari jangkauan anak-anak dan orang tuan harus memantau ketika anak bermain.

Sekian penjelasan tentang cara rawat laptop yang baik dan benar sehingga memiliki usia pemakaian yang lebih panjang. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi laptop bermasalah atau harus mengeluarkan uang untuk membeli laptop baru.

 

Leave a Comment