Penjelasan Salah Satu Tipe Jaringan Komputer yang Umum Dijumpai

Ketika ditanya “salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah?” Maka bagi kamu yang bukan anak IT tentu akan sedikit bingung menjawabnya. Sebelumnya, kamu perlu mengenal terlebih dahulu jaringan komputer.

Secara umum, jaringan komputer bertujuan untuk memudahkanmu mengirim data melalui internet dan perangkat lainnya. 

Jaringan komputer ditujukan untuk mempermudah orang dalam mengakses data yang sudah diizinkan sebelumnya. Simak pembahasan salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai ini.

Salah Satu Tipe Jaringan Komputer yang Umum Dijumpai Adalah Ini

Penjelasan Salah Satu Tipe Jaringan Komputer yang Umum Dijumpai

Bicara tentang jaringan komputer, ada dua jenis jaringan komputer. Apa saja itu? Dua jaringan itu adalah jaringan client – server dan peer to peer. Apa kamu sudah pernah dengar sebelumnya tentang dua jaringan tersebut? Kalau belum, mari kita bahas satu persatu.

Tipe client-server biasanya membutuhkan sebuah file server dengan kekuatan tinggi agar bisa melaksanakan perintah dari klien atau anggota dalam sebuah jaringan. 

Sementara itu, jaringan peer to peer tidak melakukan pengenalan terhadap file di server terkait. Penggunaan jenis jaringan ini jauh lebih mudah karena dalam prosesnya seluruh anggota dalam jaringan akan dapat dianggap sebagai server.

Lalu, manakah yang paling umum dijumpai? Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah peer to peer.

Kelebihan yang dimiliki olehh jaringan komputer peer to peer diantaranya adalah:

  • Bisa membagi data dengan fasilitas seperti harddisk, drive, fax, printer, dan lainnya.
  • Jaringan bisa tetap berlanjut walaupun komputer atau peer-nya mati. Dengan kata lain, ia tidak bergantung pada server.
  • Biaya pengoperasiannya tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan tipe jaringan client-server.

Sementara itu, kekurangan yang dimiliki olehh jaringan komputer peer to peer diantaranya adalah:

  • Sistem keamanannya tidak terlalu maksimal. Hal ini dikarenakan sistem keamanannya diatur oleh setiap pengguna.
  • Harus membuat cadangan agar data jaringan tidak hilang. Hal ini dikarenakan data jaringan didistribusikan ke komputer masing-masing.
  • Performa lebih rendah dibandingkan tipe jaringan komputer client-server.

Jenis Jaringan Komputer

Penjelasan Salah Satu Tipe Jaringan Komputer yang Umum Dijumpai

Nah, setelah sebelumnya kamu sudah mendapat jawaban bila diminta untuk Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah, maka kali ini kita akan membahas 4 jenis jaringan komputer.

Berikut ini adalah 4 jenis jaringan komputer berdasarkan areanya:

  • Local Area Network (LAN)

Jaringan ini menghubungkan komputer di area yang sangat terbatas, seperti di rumah, sekolah, laboratorium, kantor, dan lainnya. LAN umumnya bergantung pada koneksi kabel untuk menjamin keamanan dan kecepatannya.

  • Metropolitan Area Network (MAN)

Jenis jaringan ini bisa menghubungkan pengguna dengan jarak geografis yang cukup jauh. Jaringan ini bisa juga menghubungkan beberapa LAN dan jaringan luas lainnya.

  • Wide Area Network (WAN)

Jenis jaringan ini digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat yang jauh secara geografis. Misalnya mengirim data pada komputer di negara lain yang jauh dari negaramu.

  • Personal Area Network (PAN)

Jenis jaringan ini digunakan ketika kamu ingin berkomunikasi dengan perangkat pribadi lainnya. PAN bisa digunakan untuk mengirim data antar perangkat pribadi seperti ponsel, tablet, dan lainnya.

Penutup

Nah, jadi itu tadi tipe jaringan yang sering dijumpai. Semuanya bisa kamu jumpai di banyak perangkat, namun salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah peer to peer. So, apabila kamu tertarik mendalaminya lagi, kamu bisa belajar mulai dari sekarang. Selamat mencoba dan berusaha!

Leave a Comment