bisnis terima pesanan kue
Ide Bisnis

Bisnis Terima Pesanan Aneka Kue, Bisnis Modal Kecil yang Tak Pernah Mati

Salah satu ladang bisnis dengan profit paling menguntungkan adalah bidang kuliner, termasuk di dalamnya usaha terima pesanan aneka kue. Menggeluti bisnis yang satu ini memang bisa dibilang gampang-gampang susah, tapi kalau kamu memulai dan menekuninya dengan metode yang tepat, maka dijamin usaha tersebut akan berjalan lancar.

Apa saja sih langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk merintis usaha kue ini?

Langkah Pertama Berbisnis Terima Pesanan Aneka Kue

Prinsip utama dalam memulai usaha, apa pun itu, adalah tidak terburu-buru. Langkah persiapan menjadi penentu dari kelangsungan serta kelancaran dari bisnis tersebut. Untuk usaha kuliner menerima pesanan kue yang ingin kamu rintis, berikut adalah tahap-tahap persiapan dalam memulainya :

  1. Siap modal. Di mana-mana, kalau ingin berbisnis, ketersediaan modal itu menjadi kunci utama. Begitu pula dengan usaha kue ini. Alokasikan dana yang cukup sebagai modal yang terpisah dari uang untuk kebutuhan harian. Untuk mengawali bisnis, rintis dari skala kecil saja dulu sehingga modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.
  2. Keterampilan berkreasi dan berinovasi. Berhubung pegiat usaha pesanan kue sudah menjamur, dengan kata lain banyak kompetitor, kalau kamu ingin usahamu berhasil, kamu harus membekali diri dengan kreatifitas tinggi serta konsisten berinovasi agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk kamu.
  3. Kualitas, bukan kuantitas. Jangan fokus bagaimana memproduksi banyak kue atau kuantitasnya, tetapi hasilkan produk kue yang berkualitas, terutama dari segi rasa dan bahan-bahan yang digunakan.
  4. Koneksi. Seperti bisnis lainnya, usaha terima pesanan aneka kue juga mengandalkan koneksi untuk keperluan promosi. Apalagi yang dimulai dari skala kecil, sangat memerlukan rekomendasi dari mulut ke mulut.
bisnis terima pesanan kue
bisnis terima pesanan kue

Cara Menjalankan dan Mengembangkan Bisnis Kue

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, untuk memulai bisnis yang minim risiko, maka awali dengan skala kecil terlebih dahulu. Kamu bisa memproduksi kue untuk kemudian dititipkan ke warung-warung sekitar rumah dengan sistem kongsi atau pembagian keuntungan. Pilihlah kedai yang ramai pengunjung seperti toko kelontong, rumah makan, atau warung kopi.

Baca Juga:   Peluang Usaha Warung Kopi Buka di Garasi, Bisnis Gak Harus di Gedung yang Mahal Kan?

Selain menitipkan ke warung dekat rumah, kamu juga bisa mempromosikan terima pesanan aneka kue di sosial media alias berjualan secara online. Tawarkan di grup-grup kuliner daerah tempat tinggal kamu agar cakupan konsumen tidak hanya di lingkungan dekat rumah kamu saja. Pakai sistem delivery order atau pesan antar. Untuk kurir, kamu bisa mengantarkannya sendiri atau menggunakan jasa kurir online yang saat ini mudah sekali diakses.

Jangan lupa pula bergabung dengan layanan food delivery yang ditawarkan aplikasi-aplikasi ojek online. Dengan begini, konsumen akan lebih mudah memesan karena hanya perlu melakukan order lewat aplikasi tanpa harus menghubungi kamu lebih dahulu. Tapi untuk sampai ke tahap ini, kamu harus memastikan dulu kesanggupanmu untuk memenuhi permintaan pemesan, karena di aplikasi biasanya disertakan rate untuk layanan usaha kamu juga alias review konsumen.

Alasan Menggeluti Usaha Pesanan Kue

Kalau masih ragu untuk menekuni bisnis kuliner yang satu ini meskipun niat sudah ada, maka ada beberapa alasan yang akan membuat kamu semakin mantap untuk memulainya, yaitu :

  • Pangsa pasar kuliner, terutama kue, itu bagus dan stabil. Karena kue banyak dibutuhkan, tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari namun juga untuk acara-acara penting seperti tasyakuran dan pesta ulang tahun.
  • Profit yang didapatkan dari usaha terima pesanan aneka kue cukup menjanjikan. Contohnya, untuk satu potong kue basah, laba yang didapat bisa mencapai 40% dari modal.

Temukan, ide-ide bisnis lain yang hanya butuh modal kurang dari 500 ribu di artikel ini. Sedangkan bisnis dengan modal Rp 1 juta, baca saja di artikel ini.