Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer Untuk Ini!

Ketika ditanya “teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk?” Maka bagi kamu yang awam tentang IT tentu akan sedikit bingung dalam menjawabnya.

Perkembangan teknologi saat ini memberikan dampak yang signifikan terhadap segala aspek di kehidupan. Dampak besar tersebut bisa dirasakan di dunia pendidikan maupun bisnis.

Sebagai contoh dari perkembangan teknologi di masa modern ini, orang bisa saling terhubung dengan mudah. Beda dengan 20 tahun lalu, dimana orang harus mengirim surat ke kantor pos agar bisa berkomunikasi.

Nah, luar biasa ya penemuan manusia di zaman modern? Simak artikel ini supaya kamu tahu bahwa teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk ini. 

Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer Untuk Ini

Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer Untuk Ini!

Intinya, teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk mengerjakan sistemnya secara optimal. Orang yang menggunakan komputer disebut sebagai operator atau brainware

Komputer sebenarnya termasuk ke dalam hardware (perangkat keras) yang merupakan bagian dari komponen teknologi informasi. Tanpa adanya komponen ini maka teknologi informasi tidak bisa berjalan dengan baik.

Hardware untuk teknologi informasi sendiri diantaranya adalah:

1. Processor

Processor merupakan suatu chip yang berfungsi menjadi pengolah utama serta pusat pengendalian bermacam fitur pc. Fungsi ini tentu tidak main-main, tanpanya fungsi teknologi informasi tidak optimal.

2. Memory card

Ini merupakan perlengkapan yang berperan mencerna informasi serta intruksi. Selain itu, di sini kamu bisa menaruh data yang ingin kamu simpan.  Pekerjaan dari memory card bergantung dari kapasitasnya. Makin besar kapasitas memory yang digunakan, makin banyak informasi ataupun perintah yang bisa disimpan.

3. CD (Compact Disk)

Ini termasuk dalam jenis input devices. CD merupakan fitur untuk menyimpan serta membaca informasi dengan sistem optik yang dibuat dari plastik.

4. Monitor

Monitor termasuk ke dalam output devices. Fungsi monitor adalah untuk menampilkan hasil pemrosesan komputer berbentuk data yang diperlukan.

Beberapa Komponen Teknologi Infromasi

Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer Untuk Ini!

Setelah mengetahui teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk mengerjakan sistemnya secara optimal, maka kamu juga perlu mengenal komponen lain yang membuat ia bekerja dengan baik.

Berikut beberapa komponen lain selain hardware yang membantu kinerja teknologi informasi:

1. Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak berfungsi untuk menghubungkan peralatan dan operator. Perangkat lunak ini bisa membantu mengoptimalkan fungsi hardware dengan menerjemahkan instruksi yang disediakan oleh operator. Perangkat lunak ini terdiri dari:

  • Software System

Software System dikenal juga dengan Operating System (OS). Dengan Software System, perangkat keras dapat menjalankan Software Application untuk pengguna atau operator. Contoh Software System ternama di dunia diantaranya adalah Windows, Linux, dan Unix.

  • Software Application

Ini adalah aplikasi pada sistem operasi untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Contoh aplikasi yang terkenal adalah Microsoft Office, Photoshop, dan Corel Draw.

 2. Infoware

Ini merupakan suatu dokumentasi informasi atau data yang ada di perangkat kamu. Nama ini mungkin lebih jarang kamu dengar dibandingkan software dan hardware.

3. Brainware (Pengguna)

Brainware boleh dibilang sebagai salah satu komponen terpenting dari teknologi informasi. Bila brainware tidak ada, komputermu juga tidak akan dapat bekerja. Hal ini dikarenakan fungsi TI sebenarnya adalah alat pendukung untuk pengguna.

Penutup

Nah, jadi itu pembahasan kita mengenai komponen dalam teknologi informasi. Dari sini kamu sudah mengetahui bahwa teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk mengerjakan sistemnya secara optimal.

So, apabila kamu tertarik mendalaminya lagi, kamu bisa mulai mempelajarinya. Selamat mencoba dan berusaha!

Leave a Comment

twelve + 1 =