Simak Cara Menggunakan Canva Bagi Anda Para Pemula!

Canva adalah alat desain grafis berbasis web yang kuat. Jika Anda belum pernah menggunakannya, Anda akan ketinggalan. Setelah Anda mengetahui cara menggunakan Canva dan berbagai fitur yang ada, gambar blog, postingan Instagram, thumbnail video, poster acara, dan presentasi Anda akan menjadi lebih baik dari sebelumnya! 

Canva Ini memungkinkan Anda membuat gambar yang sangat keren secara gratis. Sebagai manajer media sosial, Canva adalah cawan suci. Dan alat ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga membuat keterampilan desain Anda yang sedikit terlihat cukup bagus. Klien Anda akan sangat senang. Posting media sosial Anda juga bisa jadi tampak menawan.

Baca juga: smartphone jadi cctv 

Apa itu Canva?

Canva adalah alat desain grafis online yang dibuat untuk pemula untuk keperluan bisnis dan pribadi. Cara menggunakan Canva adalah untuk “memberdayakan semua orang di dunia untuk merancang apa saja dan menerbitkannya di mana saja”. 

Dan mereka aplikasi ini—memungkinkan Anda membuat gambar yang dapat dibagikan dengan mudah dari desktop atau dari aplikasi. 

cara menggunakan Canva

Diluncurkan pada tahun 2013, Canva terus menambahkan fitur bermanfaat, opsi berbagi, dan bahkan integrasi untuk membawa desain Anda ke tempat yang diinginkan—dan dalam format yang diperlukan—dengan sangat mudah. Dengan Canva, Anda dapat membuat desain untuk bisnis Anda seperti:

  • Posting media sosial
  • Presentasi
  • Poster
  • Kalender
  • Kartu nama
  • Logo

Mengapa Menggunakan Canva Untuk Bisnis Anda?

Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda ingin menggunakan Canva untuk bisnis Anda dan cara menggunakan Canva. Berikut adalah beberapa alasan teratas yang bisa Anda ketahui.

Baca Juga:  Cara Bersihkan Cache Chrome Dengan Praktis Dan Mudah

Gratis

Canva memang memiliki penawaran premium yang tidak gratis, tetapi Anda dapat memanfaatkan sebagian besar fungsinya secara gratis. 

Ini termasuk membuat gambar dari template siap pakai, membuat gambar dengan ukuran khusus, dan menggunakan beberapa elemen desain dan grafik yang ditawarkan Canva. Anda juga dapat mengunduh aset ini secara gratis dalam beberapa format file.

Cukup Mudah Digunakan

Canva dibuat agar mudah digunakan oleh kebanyakan orang. Dan itu benar-benar setelah Anda memahami cara menggunakannya (yang akan kami jelaskan dengan petunjuk langkah demi langkah dalam posting ini!).

 

cara menggunakan Canva

Seperti alat pemasaran lainnya, latihan menjadi sempurna. Dan setelah bermain-main sebentar di Canva, Anda dapat dengan mudah memahami elemen yang ditawarkannya untuk desain Anda.

Anda Dapat Menggunakan Gambar Dengan Cepat

Ada saat-saat terbaik untuk bekerja dengan seorang desainer grafis. Misalnya, Anda ingin berinvestasi dalam gambar berkualitas tinggi dan dirancang dengan baik untuk situs web Anda dan materi cetak seperti menu. 

Namun ada kalanya Anda mungkin memerlukan poster acara cepat atau postingan media sosial segera, dan itu adalah sesuatu yang dapat Anda buat jika Anda memiliki alat yang tepat. Inilah alat itu.

Selain itu, karena Canva sudah memiliki template siap pakai yang dapat Anda manfaatkan untuk setiap kasus penggunaan yang diuraikan, Anda dapat dengan mudah membuat gambar untuk digunakan untuk bisnis Anda dalam sekejap.

Serbaguna

Seperti yang disebutkan, Canva memberi Anda kesempatan untuk membuat banyak jenis desain. Keserbagunaan ini berguna saat mencari alat pemasaran untuk membantu kebutuhan desain Anda.

Anda tidak perlu khawatir melewatkan program yang berbeda atau masalah dengan kompatibilitas file—Anda tahu bahwa Anda dapat membuat hampir semua hal yang Anda perlukan dengan Canva (di desktop atau di aplikasi!).

Baca Juga:  Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh untuk Pemula

Cara Menggunakan Canva Bagi Anda Para Pemula

Canva adalah platform perencanaan realistis gratis untuk membuat sambutan, tata letak yang dirancang dengan ahli, postingan Instagram, kartu nama, fondasi zoom, contoh rancangan, dll. untuk memanfaatkan. Tertarik untuk mengetahui cara menggunakan Canva?

Adaptasi gratis ini sangat mirip dengan photoshop, meski tidak bisa dibandingkan. Blogger suka menggunakan Canva karena memungkinkan mereka membuat ilustrasi khusus yang halus yang dapat dirancang dengan mudah hanya dengan beberapa jepretan. Jika Anda baru mengenal grafis gerak, Anda bisa mulai dari sini.

Berikut adalah analisis menyeluruh cara menggunakan Canva yang paling berharga. Banyak desainer Canva berpengalaman yang tidak mengetahui hal ini, jadi dengan asumsi Anda mulai melakukan bahkan 50% informasi dalam daftar ini, rencana Canva Anda akan lebih menarik dan membutuhkan investasi yang jauh lebih sedikit.

Memulai dengan Canva 

Jika Anda baru memulai dengan Canva, tempat terbaik untuk memulai mungkin adalah dengan kumpulan tutorial video alat itu sendiri. Video ini akan memandu Anda melalui dasar-dasarnya. 

Satu-satunya masalah adalah bahwa tutorial ini banyak berfokus pada pengaturan tim dan pencetakan t-shirt, yang mungkin asing jika Anda hanya mencoba mencari cara membuat desain dasar untuk media sosial. Terlepas dari itu, Anda dapat memilih video mana yang relevan dengan apa yang perlu Anda pelajari.

Buat Akun Terlebih Dahulu

Langkah pertama sangat sederhana—hanya membuat akun Canva (kecuali jika Anda memilikinya—dalam hal ini, Anda dapat masuk). Untuk membuat akun Canva, buka Canva.com, klik “Daftar”, masukkan informasi Anda, dan selesai.

Secara teknis, Anda dapat menggunakan Canva tanpa membuat akun, tetapi kami menyarankan untuk membuatnya karena ini akan menyimpan semua desain Anda di satu tempat dan memungkinkan Anda masuk dari browser atau aplikasi yang berbeda untuk terus mengedit dan membuat desain.

Baca Juga:  Cukup Mengganggu! Ini dia 8 Cara Mengatasi Kipas Laptop Bising

Pilih Desain Yang Anda Inginkan

Sekarang, kesenangan dimulai! Untuk mulai menggunakan Canva, cukup klik tombol “Buat Desain”. Dari sini Anda memiliki tiga pilihan:

  • Pilih dari ukuran template yang disarankan (seperti kiriman Instagram, foto sampul Facebook, dan lainnya)
  • Buat dimensi kustom Anda sendiri
  • Unggah file atau foto untuk mulai mengedit

Lihat Template Yang Anda Buat

Salah satu manfaat terbesar Canva adalah Anda memiliki perpustakaan template desain di ujung jari Anda—bahkan saat Anda membuat desain menggunakan dimensi khusus. Hal ini mempermudah pembuatan desain baru, dan Anda dapat dengan mudah mengedit template agar selaras dengan identitas merek Anda.

Anda dapat menemukan template di sisi kiri halaman Anda. Anda dapat menelusuri opsi atau mencari beberapa template yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti:

  • Kutipan
  • Promosi
  • Acara
  • Kontes
  • Dan banyak lagi

Canva juga telah mengelompokkan templatnya ke dalam keranjang yang disarankan untuk memudahkan Anda menemukan yang tepat.

Pilih Template dan Mulai Mendesain

cara menggunakan Canva

Untuk memilih template, Anda cukup mengklik desain yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan Canva versi gratis, pastikan Anda memilih template gratis. Anda dapat melihat apakah sebuah template gratis dengan mengarahkan kursor ke desain dan mencari peruntukan GRATIS di pojok kanan bawah.

Jika Anda ingin menguji beberapa template, Anda dapat menambahkan halaman baru dengan mengklik “+ Tambahkan halaman” dan mengklik template berikutnya yang ingin Anda coba. Jika tidak ada templat yang Anda minati, Anda juga dapat memulai desain dari awal. 

Untuk pemula, disarankan memilih template yang memiliki beberapa elemen yang Anda sukai sehingga Anda bisa merasakan pilihan Anda. Ingat, Anda dapat mengedit apa pun dalam desain, termasuk font, semua warna, bentuk, dan lainnya. itulah ulasan mengenai cara menggunakan Canva yang bisa Anda ketahui. Semoga membantu!

Leave a Comment