Aplikasi yang Bisa Membuat Smartphone Jadi CCTV Beserta Tutorialnya

Mengubah smartphone jadi CCTV merupakan salah satu solusi terbaik untuk keamanan lingkungan rumah atau kantor. Kenapa demikian? Ini dikarenakan untuk memudahkan Anda dalam memantau kondisi lingkungan dari mana saja dan kapan saja. 

Uniknya lagi Anda bisa memanfaatkan ponsel yang tidak terpakai namun masih berfungsi dengan baik. Lalu, apa saja aplikasi yang bisa mengubah perangkat gadget menjadi CCTV dan bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Baca juga: cara download story Instagram

2 Aplikasi Pengubah Smartphone Jadi CCTV yang Layak Dicoba

Sudah bukan hal yang baru memantau kondisi rumah atau kantor dari jarak jauh menggunakan kamera CCTV. Bagi yang ingin memasang CCTV namun terkendala budget, Anda bisa memanfaatkan smartphone sebagai kamera pengawas.

smartphone jadi CCTV

Cara mengubah smartphone jadi CCTV adalah dengan menambahkan aplikasi khusus dan memanfaatkan beberapa perangkat lainnya seperti charger dan jaringan internet minimal 3G. 

Dari sekian banyak aplikasi keamanan, ada dua yang diklaim sebagai aplikasi terbaik dan patut Anda miliki, yakni:

Alfred Camera

Aplikasi pertama yang bisa dimanfaatkan agar bisa memiliki kamera pengawas dari smartphone adalah Alfred Camera. Ini merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi keamanan yang layak untuk Anda coba.

Dengan aplikasi Alfred Camera ini, memungkinkan Anda untuk mengubah smartphone jadi CCTV yang memiliki beberapa fasilitas. Antara lain, streaming video langsung, akses jarak jauh, fungsi walkie-talkie, penyimpanan cloud gratis, zoom, dan lain sebagainya. 

Untuk beberapa fitur yang ada di aplikasi keamanan ini bisa dinikmati secara gratis. Namun, untuk bisa menggunakan fitur tambahan seperti perekaman HD, Anda harus berlangganan bulanan terlebih dahulu.  

Baca Juga:  Tahukah Anda Apa Itu Windows 10 Media Creation Tool? Keunggulan Serta Cara Menggunakannya

Ubah Smartphone Jadi CCTV dengan Aplikasi WardenCam

Aplikasi kedua yang bisa mengubah smartphone memiliki kemampuan sebagai kamera pengawas adalah WardenCam. 

Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa digunakan dimana saja dengan memanfaatkan jaringan mulai 3G, 4G, hingga Wi-Fi. Secara keseluruhan, aplikasi ini cukup mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang cukup lumayan. 

WardenCam menawarkan dukungan Google Drive dan Dropbox, pengaturan multi-kamera, dukungan audio dua arah, deteksi gerakan dan peringatan, serta dukungan pengembang di atas rata-rata. 

Cara Mengubah Smartphone Android Layak Pakai Jadi CCTV 

Dengan bantuan CCTV, Anda bisa memantau kondisi rumah, anak, kantor, gudang, kendaraan, atau apapun dari jarak jauh. Rekaman dari hasil CCTV Ini bisa digunakan sebagai bukti apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Alfred Camera dan WardenCam agar fungsi smartphone jadi CCTV bisa terwujud? Berikut penjelasannya. 

Alfred Camera

Bagi sebagian orang, CCTV mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Namun, dengan adanya CCTV Anda bisa memantau kondisi ruangan menjadi lebih aman. Jika Anda memilih untuk menggunakan aplikasi Alfred Camera, ada tahapan yang harus dilakukan, antara lain: 

Tahap Pertama 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan dua buah smartphone android atau iPhone. Smartphone pertama akan berfungsi sebagai kamera CCTV sedangkan yang kedua sebagai viewer.

smartphone jadi CCTV

Selain itu, siapkan pula charger agar ponsel CCTV bisa aktif selama 24 jam non-stop. Untuk hasil tangkapan dari kamera smartphone jadi CCTV yang lebih stabil, sebaiknya gunakan tripod dan letakkan di lokasi yang tinggi sehingga jangkauannya semakin luas. 

Satu hal lagi, pastikan jaringan internet juga stabil dan apabila memungkinkan, gunakanlah Wi-Fi karena aplikasi Alfred Camera sangat bergantung pada kestabilan internet. 

Tahap Kedua

Setelah semua peralatan yang dibutuhkan siap, tahap kedua adalah mengunduh dan install aplikasi Alfred Camera. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis atau melakukan upgrade ke versi premium. 

Baca Juga:  Monitor 24 inch murah terbaik harga 1 Jutaan

Tahap Ketiga 

Tahap berikutnya agar smartphone jadi CCTV adalah membuka aplikasi Alfred Camera. Terdapat dua pilihan yaitu:

Kamera = Ponsel yang difungsikan sebagai kamera CCTV.

Viewer = Ponsel yang berfungsi sebagai alat pemantau untuk menonton hasil rekaman pada ponsel yang dijadikan kamera secara real-time. 

Setelah menentukan fungsi dari kedua ponsel, Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google agar bisa terhubung satu sama lain. Selain itu, dengan akun Google tersebut Anda juga bisa mengakses kamera melalui komputer dengan cara masuk ke situs Alfred. 

Tahap Keempat 

Untuk tahap selanjutnya, letakkan ponsel yang berfungsi sebagai kamera di tempat yang diinginkan. Jangan khawatir, aplikasi Alfred Camera bisa tetap merekam walau kondisi layar mati. 

WardenCam

Cara menggunakan aplikasi WardenCam yang bisa mengubah fungsi smartphone jadi CCTV mirip dengan tahapan yang ada pada saat menggunakan aplikasi Alfred Camera, yaitu: 

– Menyiapkan dua buah ponsel baik yang berbasi Android maupun iOS.

– Mengunduh dan install aplikasi WardenCam pada kedua ponsel tersebut. 

– Masukkan akun Google yang sama di kedua ponsel dan meletakkan salah satu ponsel yang berfungsi sebagai kamera di tempat yang telah Anda tentukan sebelumnya. 

Aplikasi Lainnya

Selain kedua aplikasi tersebut, ada beberapa aplikasi lain yang bisa mengalihfungsikan smartphone sebagai CCTV yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu: 

AtHome Camera

Aplikasi keamanan untuk rumah, kantor dan lain-lain yang populer adalah aplikasi AtHome Camera. Salah satu keunggulan yang ada pada AtHome Camera adalah bisa digunakan di berbagai platform seperti Android, Mac, Windows, dan iOS. 

Aplikasi ini memiliki dua aplikasi yang terpisah. Aplikasi pertama adalah aplikasi kamera yang akan mengubah perangkat ponsel menjadi kamera. Sedangkan aplikasi kedua adalah aplikasi yang memudahkan Anda untuk melakukan pemantauan. 

Cctv dari smartphone

Beberapa fitur yang ada pada AtHome Camera diantaranya adalah multi view hingga 4 kamera, perekaman selang waktu, pengenalan wajah, dan pemantauan jarak jauh. 

Baca Juga:  Water cooling terbaik AIO 360 untuk PC gaming

IP Webcam

Aplikasi keamanan berikutnya untuk mengubah smartphone jadi CCTV yang patut diperhitungkan adalah IP Webcam yang bisa digunakan walau pada smartphone lama. 

Beberapa fitur menarik yang bisa digunakan secara gratis pada IP Webcam diantaranya adalah streaming video secara langsung, deteksi gerakan, dukungan obrolan video, dan pemutar VLC. 

Nest

Aplikasi keamanan berikut ini juga bisa digunakan pada ponsel lama sebagai CCTV. Namun, akan lebih baik apabila aplikasi yang bernama Nest ini dipasangkan dengan hardware-nya pada saat akan dioperasikan. 

Beberapa kelebihan yang bisa dirasakan apabila menggunakan hardware atau perangkat yang dirancang secara khusus untuk CCTV adalah: 

– Mampu memberikan kualitas yang tajam untuk video pada HD 1080p.

– Memungkinkan Anda untuk melihat kembali apa yang telah dilewatkan. 

– Mengidentifikasi wajah seseorang dengan menggunakan Nest Cam IQ dan histori video hingga 30 hari. 

Onvifer

Aplikasi keamanan berikutnya yang mengubah smartphone jadi CCTV dan layak untuk dicoba adalah Onvifer, walaupun kualitasnya tidak sehalus aplikasi lainnya. 

Antarmuka yang dimiliki Onvifer cukup sangat sederhana, tidak memakan banyak ruang, dan mudah dioperasikan 

Camy

Rekomendasi aplikasi keamanan yang terakhir adalah Camy yang bisa digunakan untuk mengawasi suatu lokasi dari mana saja asalkan memiliki akses internet. Beberapa fitur menarik yang ada pada aplikasi Camy diantaranya adalah: 

Streaming video Camy berkualitas tinggi.

– Dilengkapi dengan detektor gerak. 

– Mampu merekam video. 

– Hemat energi karena bisa mematikan layar dari jarak jauh.

– Bisa terhubung dengan beberapa kamera ponsel. 

– Bisa beralih antara kamera belakang dengan depan. 

Itulah berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau suatu lokasi dari mana saja. Bagaimana, sudah siap untuk memanfaatkan smartphone jadi CCTV demi keamanan lingkungan Anda? 

Leave a Comment