Sering Terjadi! Inilah Beberapa Cara untuk Mengatasi Layar Shadow di Ponsel Samsung

Anda pengguna ponsel Samsung dan mengalai layar shadow atau sering disebut juga Burn In? Nah, jika Anda mendapati situasi seperti ini maka jangan terlalu panik. Ikuti beberapa cara mengatasi layar shadow di ponsel Samsung yang akan kami informasikan pada kesempatan kali ini.

Burn In atau Layar Berbayang sendiri merupakan sebuah kasus yang sering terjadi pada layar ponsel AMOLED. Di mana layar akan mengalami perubahan di bagian-bagian tertentu yang dapat dilihat langsung oleh mata. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan pixel secara tidak teratur.

Baca juga: koneksi internet tidak stabil 

Layar shadow di ponsel Samsung sejatinya akan sangat menganggu bahkan bisa menurunkan harga jual parahnya lagi tidak ada yang berminat. Bahkan Burn In ini memiliki sifat menularkan, maksudnya yang semula hanya titik kecil lama-lama akan meluas bahkan hingga berada di titik terparah.

layar shadow di ponsel Samsung

Salah satu kasus terparah dari shadow ini adalah layar ponsel kedap-kedip atau layar berubah warna. Bahkan pada saat membuka aplikasi atau hal apapun yang terang atau background putih, layar akan berubah menjadi warna putih hingga orange kemerahan. Tentu saja situasi ini sangat menganggu, Anda tidak bisa melakukan banyak aktivitas berselancar pada ponsel.

Maka jika Anda mengalami situasi layar shadow di ponsel Samsung walaupun hanya setitik, segerala untuk memperbaikinnya. Sebelum membawa ke tempat service atau Anda tidak memiliki waktu, maka kami akan memberikan beberapa opsi untuk menyembuhkan layar tersebut. 

Berbagai Cara Mengatasi Layar Shadow pada Ponsel Samsung

Langkah atau cara yang akan kami jelaskan di bawah memang bersifat sementara, sehingga bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Nah berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika suatu hari mendapati layar shadow pada ponsel:

  • Layar Shadow pada Ponsel Samsung dapat dicegah dengan Menurunkan Kecerahan Cahaya

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika tiba-tiba layar shadow di ponsel Samsung muncul, adalah menggunakan kecerahan paling rendah. Apalagi jika Anda pengguna ponsel dengan layar AMOLED, sepertinya mengatur kecerahan layar ke paling rendah menjadi solusi terbaik.

Baca Juga:  Cara Transfer OVO ke Dana, Syarat, dan Biaya Adminnya

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Selain untuk layar shadow di ponsel Samsung ternyata bisa juga untuk mencegah pixel menyebar ke lainnya. Bahkan menurunkan kecerahan layar pun dapat menjaga kesehatan mata lho, jadi sebelum terjadi shadow perhatikanlah dengan bijak poin ini.

  • Menggunakan Wallpaper Hingga Tema Gelap pada Ponsel

Seperti yang telah disebutkan di atas, shadow akan muncul lebih parah jika Anda membuka sesuatu yang sangat terang atau berlayar putih. Maka kami menyarankan kepada Anda untuk menggunakan wallpaper, tema hingga berbagai aplikasi ke dalam mode gelap. Jika Anda tidak terlalu menyukai wallpaper gelap, maka bisa menggunakan yang memiliki satu warna saja.

  • Menggunakan Aplikasi Burn In Tool Kalibrasi atau Penghilang Layar Shadow

Cara terakhir untuk mengatasi layar shadow di ponsel Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi. Tujuan penggunaan aplikasi tersebut tentu saja untuk mengurangi bahkan menghentikan shadow pada ponsel seutuhnya. Aplikasi-aplikasi tersebut berusaha mengembalikan picel yang terbakar, untuk mengembalikan fungsinya seperti semula.

Ada begitu banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan, diantaranya seperti beberapa aplikasi di bawah ini:

layar shadow di ponsel Samsung

  • Aplikasi Penghilang Shadow Burnin Wiper

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan shadow adalah Burin Wiper. Aplikasi ini ternyata cukup efektif dalam menghilangkan shadow di layar ponsel Samsung. Meskipun begitu, keberhasilan tersebut akan bergantung kepada kondosi ponsel atau layar yang bermasalah tersebut.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot Anti Ribet

 

Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, Anda bisa memperolehnya dengan fara mengunduh di playstore. Setelah berhasil didownload, Anda bisa memilih mode yang tersedia di sana. Anda bisa mencoba beberapa menu seperti Color Rotation, Black or White, Animation, White Only dan lainnya.

 

Anda bisa mengatur waktu yang digunaka untuk proses tersebut, setelah itu klik start dan ponsel pun akan menampilkan proses yang dipilih. Jika Shadow pasa ponsel Anda tidak terlalu parah, kemungkinan layar akan kembali normal dan Burn in pun akan hilang. 

  • Screen Colors atau Burn In Tools

Aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan adalah Screen Colors atau Burn In Tools. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan Shadow di semua tipe ponsel Samsung dengan mudah dan sederhana. Untuk mendapatkan aplikasinya Anda bisa mengunduhnya di playstore.

 

Setelah terunduh, Anda bisa membuka aplikasi tersebut hingga munculah beberapa pilihan menu seperti Test Screen, Repair Black and White, Repair Muticolor dan lainnya. Anda diperbolehkan untuk mencoba semua pilihan menu tersebut, jika sudah selesai tinggal mengecek apakah shadow di layar hilang atau tidak.

 

Jika tidak hilang, kemungkinan shadow pada layar ponsel Anda begitu parah dan sulit untuk diperbaiki.

  • Aplikasi Screen Burn Fixer

Aplikasi ketiga yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan shadow adalah Screen Burn Pixer. Sebab untuk menghilangkan shadow pada ponsel Samsung tidak bisa dilakukan sendiri dan membutuhkan pihak ketiga yakni aplikasi. Cara ini tentu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan membongkar ponsel dan mengganti LCD. 

 

Anda bisa mengunduh aplikasi ini di playstore secara gratis, dan sudah mendukung berbagai tipe ponsel Samsung. Cara menggunakannya pun sangat sederhana, Anda hanya perlu klik Start lalu secara otomatis akan langsung mengalami perbaikan. Proses ini akan berlangsung 5 hingga 10 menit, setelah selesai lihatlah perubahannya.

  • Apliksi Penghilang Shadow Burn-In Professional Fixer
Baca Juga:  Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh untuk Pemula

Selain ketiga aplikasi di atas, Anda juga bisa mencoba menghilangkan shadow dengan aplikasi Burn In Professional Fixer. Untuk memperoleh aplikasi ini, Anda bisa mendapatkannya di playstore. Setelah proses pengunduhan selesai dan aplikasi siap digunakan, nantinya Anda akan dihadapkan dengan beberapa opsi waktu perbaikan.

 

Semakin lama waktu yang Anda pilih, kemungkinan besar proses tersebut pun akan sukses dan shadow akan menghilang. Opsi waktu yang tersedia di aplikasi tersebut diantaranya 5 menit, 10 menit, 15 menit, 30 menit, 2 jam hingga 5 jam.

 

Jika Anda membaca review di Playstore, banyak yang menilai jika aplikasi ini 100% dapat berguna dengan baik. Namun keberhasilan itu dibalikan lagi kepada kondisi layar shadow di ponsel Anda, jika sangat parah kemungkinan tidak akan berhasil. 

  • Aplikasi Rekomendasi Penghilang Shadow Stuck Pixel Tool

Aplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan adalah Stuck Pixel Tool, yang terbukti cukup manjur untuk mengatasi shadow. Aplikasi ini bisa Anda download secara gratis di playstore dan kabar gembiranya sudah mendukung seluruh tipe ponsel Samsung.

 

Setelah terunduh dan bisa digunakan, silahkan buka aplikasi dan klik bagian Fix untuk memperbaiki layar shadow. Selain memperbaiki shadow, aplikasi ini pun bisa memperbaiki layar ghosting, pixel mati dan berbagai permasalahan layar ponsel lainnya.

Nah itu dia berbagai cara untuk mengatasi layar shadow pada ponsel Samsung yang bisa dilakukan seorang dori dan praktis pastinya. Namun jika shadow pada layar tidak membaik, sebaiknya pergilah ke tempat service ponsel untuk memperbaikinya. 

Leave a Comment