Deretan Cara Mengatasi Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi internet menjadi salah satu hal penting di era zaman sekarang. Di mana, Anda bisa terhubung dengan orang banyak dan mendapat banyak wawasan baru hanya dengan koneksi internet. Hanya saja, terkadang harus mencari tau bagaimana cara mengatasi koneksi internet tidak stabil. 

Sebab, memang ada beberapa kondisi yang membuat koneksi internet menjadi tidak stabil dan justru malah membuat Anda kelimpungan. Tentunya dengan mengetahui cara ini, sangat mudah bagi Anda untuk mengembalikan kestabilan dari koneksi internet tersebut.

Baca juga: cara atasi kipas laptop bising 

Beberapa Penyebab Mengapa Koneksi Internet Tidak Stabil 

Sebelum membahas tentang beberapa cara mengatasi koneksi internet, maka Anda harus mengetahui lebih dulu beberapa penyebab dari koneksi yang tidak stabil. Adapun beberapa penyebab yang dimaksud ialah: 

cara mengatasi koneksi internet tidak stabil

Cuaca 

Penyebab pertama ialah cuaca yang sedang tidak baik. Beberapa provider selalu bermasalah mengenai koneksi internet apabila sedang hujan lebat. Sehingga, jika masalahnya sudah seperti ini, maka tidak ada cara mengatasi koneksi internet tidak stabil yang bisa dilakukan. 

Jaringan Tidak Menjangkau Wilayah

Penyebab lainnya yang bisa saja terjadi ialah jaringan provider tidak menjangkau wilayah Anda. Hal ini nampaknya memang sering dirasakan oleh kebanyakan orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah mengganti provider yang memang sudah menjangkau wilayah Anda. 

Deretan Cara Mengatasi Koneksi Internet Tidak Stabil 

Menghindari Untuk Membuka Tab Terlalu Banyak 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan menghindari untuk membuka tab terlalu banyak. Kadang, karena memang memerlukan beberapa tab untuk dibuka bersamaan sampai tidak sadar bahwa sudah banyak tab yang dibuka. 

Baca Juga:  9 Rekomendasi Cara Edit Foto Background merah

Hal ini ternyata bisa mempengaruhi kinerja perangkat dan koneksi internet. Itu sebabnya, cara mengatasi koneksi internet tidak stabil salah satunya ialah dengan menghindari untuk membuka tab dalam jumlah banyak. Anda bisa memilih beberapa tab yang penting saja. 

Melakukan Restart 

Cara lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan restart atau muat ulang ponsel pintar. Perlu diketahui bahwa dengan melakukan restart, maka sistem pada ponsel yang mengalami masalah akan kembali pulih. Itu sebabnya, beberapa orang sering melakukan hal ini. 

Ketika melakukan restart, sudah pasti aplikasi yang awalnya berjalan akan langsung berhenti dan ketika ponselnya menyala kembali, maka akan lebih lancar, termasuk koneksi internet. Hal ini memang menjadi solusi tepat yang bisa Anda lakukan. 

Menghidupkan Mode Airplane 

Cara mengatasi koneksi internet lemot yang selanjutnya ialah dengan menghidupkan mode airplane atau mode pesawat. Cara ini akan membuat ponsel kembali mencari jaringan dan tentu saja bisa membuat koneksi internet kembali seperti biasanya. Menggunakan mode airplane sudah menjadi salah satu solusi yang memang sering dilakukan banyak orang. 

cara mengatasi koneksi internet tidak stabil

Memeriksa Ketersediaan Jumlah Kuota yang Dimiliki 

Sebelum melakukan beberapa cara di atas, sebenarnya cara awal yang harus Anda lakukan ialah dengan memeriksa ketersediaan jumlah kuota. Perlu diketahui, bahwa koneksi internet bisa menjadi sangat tidak stabil apabila kuota yang dimiliki sudah mulai menipis. 

Biasanya, beberapa provider memiliki kode dial up untuk melakukan pengecekan kuota. Bisa juga dengan mencari tau melalui aplikasi resmi provider-nya. Jika memang masalahnya ada pada jumlah kuota yang semakin menipis, maka Anda harus melakukan pengisian kuota terlebih dahulu. 

Baca Juga:  Cara Edit PDF Melalui PC dan HP Online ataupun Offline

Melakukan Pemeriksaan Terhadap Jaringan 

Cara mengatasi koneksi internet tidak stabil lainnya ialah dengan memeriksa jaringan. Cara untuk memeriksa jaringan sendiri sangatlah mudah. Anda bisa keluar ruangan dan berpindah ke ruangan lain untuk mencari jaringan yang lebih kuat. 

Jika ternyata cara ini tidak memberikan pengaruh apa pun, maka Anda bisa menggunakan provider lain untuk mengecek jaringan. Hal ini dilakukan agar mengetahui apakah hanya provider Anda yang memiliki koneksi internet tidak stabil atau bukan. Sebenarnya, Anda bisa bertanya kepada keluarga sekitar yang memiliki provider lain untuk mengetahui apakah hanya Anda yang bermasalah atau tidak. 

Jika ternyata provider lain masih aman-aman saja, tandanya memang ada gangguan yang terjadi dengan provider Anda. Oleh sebab itu, tidak ada solusi lain jika sudah seperti ini. Cara satu-satunya ialah dengan mengganti provider saja. 

Menggunakan Akses Safe Mode 

Cara mengatasi koneksi internet tidak stabil yang selanjutnya ialah dengan menggunakan akses mode safe. Cara ini dinilai ampuh untuk mengembalikan koneksi internet yang tidak stabil. Caranya pun sangatlah mudah, di mana Anda hanya perlu menekan tombol off dengan lama. 

Kemudian, nantinya hanya perlu mengklik OK saja. Jika ponsel Anda sudah bisa berjalan dengan baik, maka artinya koneksi internet melambat karena memang adanya hambatan dari aplikasi pihak ketiga lainnya. 

Melakukan Pengecekan Situs yang Sedang Dibuka 

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengecek situs yang sedang dibuka. Di mana, kadang ada beberapa situs yang memang memerlukan waktu cukup lama untuk membukanya. Bahkan, ada kejadian kecepatan internet tiba-tiba melambat ketika sedang mengakses situs tersebut. 

cara mengatasi koneksi internet tidak stabil

Nah, di sini Anda bisa mencoba untuk membuka situs lain sebagai pembanding dari kecepatan internet yang sebenarnya terjadi. Jika ternyata situs lain baik-baik saja, bisa jadi situs yang Anda tuju sedang penuh atau overload, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengaksesnya. Nah, cara mengatasi koneksi internet tidak stabil di sini bisa dengan membiarkannya saja. 

Baca Juga:  Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA Tanpa harus Datang ke Bank

Melakukan Pemeriksaan Terhadap APN 

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan pemeriksaan terhadap APN. Akan lebih baik jika Anda menggunakan APN tanpa username atau password untuk provider yang digunakan. Nah, untuk APN dari setiap ponsel pun berbeda-beda, sehingga Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu. 

Untuk OS android sendiri, APN bisa ditemukan pada pengaturan di menu mobile network. Sementara, untuk iOS bisa menemukannya di menu cellular data network. Cara ini sudah pasti bisa diterapkan pada semua provider yang ada di Indonesia. Nantinya, setelah memeriksa APN, harus melakukan restart terlebih dahulu, baru bisa memakai kembali ponsel tersebut. 

Melakukan Restart Pengaturan Sistem 

Cara mengatasi koneksi internet tidak stabil lainnya ialah dengan restart pengaturan sistem. Biasanya, dengan cara seperti ini, maka koneksi internet akan kembali seperti semula. Namun, jika masih tidak berhasil, cobalah untuk melakukan flashing ulang firware smartphone. Cara ini akan membuat sistem menjadi berfungsi seperti semula. 

Melakukan Pemeriksaan Ke Service Center 

Jika semua cara sudah dilakukan, dan koneksi internet masih belum stabil juga, maka cara satu-satunya ialah dengan melakukan pemeriksaan langsung ke service center. Bisa saja, gangguan koneksi internet yang tidak stabil justru berasal dari adanya gangguan pada hardware ponsel Anda. 

Itulah beberapa cara mengatasi koneksi internet tidak stabil. Sebenarnya, sebelum mencari cara untuk mengatasi koneksi internet, sudah pasti haru mengetahui dulu penyebabnya apa. Setelah itu, akan mudah untuk memilih cara yang tepat untuk bisa mengatasinya dengan baik. 

Leave a Comment