Review Tecno Spark 10 Pro HP 2 jutaan Helio G88

Review Tecno Spark 10 Pro HP 2 jutaan yang sudah pakai chipset Helio G88. Sebuah smartphone yang menawarkan kamera glowing dan kapasitas storage yang besar.

Sangat cocok untuk kamu yang butuh HP harga terjangkau dengan kamera berkualitas tinggi. Tecno Spark 10 Pro memiliki kamera utama 50MP dan kamera selfie glowing 32MP.

Tidak hanya itu saja, Tecno juga telah membekali layar HP ini dengan refresh rate 90Hz serta OS terbaru yaitu Android 13.

Untuk kebutuhan gaming juga sudah bisa seperti Genshin Impact yang terkenal dengan grafik yang berat. Semua ini berkat adanya chipset Helio G88 yang punya performa kencang untuk HP kelas mid end.

Berikut ini review Tecno Spark 10 Pro HP 2 jutaan terbaik tahun ini yang menawarkan segudang fitur menarik terutama bagian kamera.

Review Tecno Spark 10 Pro HP 2 jutaan

Sekilas Tentang Tecno

Buat yang belum tahu, Tecno merupakan brand smartphone yang masih satu grup dibawah naungan Transsion Holdings.

Ini berarti masih satu grup dengan smartphone Itel, dan Infinix yang sudah secara resmi masuk ke tanah air.

Adapun semboyan dari Tecno yaitu stop at nothing yang berkomitmen selalu menghadirkan produk inovasi menarik. Dalam hal ini Tecno semakin gencar meluncurkan smartphone premium dengan harga yang bersaing.

Desain

Secara resmi Tecno menyebut desain ponsel terbarunya ini dengan nama spark your style karena penampilannya yang menarik.

Pada bagian belakang Tecno menyebutnya dengan nama hard wearing starry glass dengan konsep desain glossy smooth.

Secara keseluruhan tampilan dari ponsel Tecno Spark 10 Pro dapat memberikan kesan yang premium dan elegan. Mirip dengan brand smartphone flagship sebelah namun untuk yang satu ini dengan harga yang lebih terjangkau.

Pengguna tidak perlu khawatir ketika memegang permukaan HP ini karena sudah didesain agar tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari yang dapat merusak pemandangan.

Tecno Spark 10 Pro hadir secara resmi dalam dua varian warna yaitu pearl white, dan starry black. Perbedaan kedua warna yang kontras ini bisa menjadi pilihan menarik sesuai dengan selera pengguna.

Layar

Ukuran layar 6,78 inci dengan tipe panel IPS dan terdapat kamera depan yang menggunakan desain punch hole.

Bezel pada tiap sisi layarnya sudah terbilang tipis sehingga sama sekali bukan masalah bagi pengguna selama menggunakan layar HP ini.

Resolusi layarnya sebesar 2460 x 1080 px alias Fullhd plus yang tentunya sudah mampu menghasilkan visual detail halus merata.

Pengguna tentunya tidak akan melihat layar ini tampil kotak-kotak karena layar HP ini sudah punya pixel density tinggi yaitu 396 ppi.

Untuk refresh rate layar ini sudah support sampai 90Hz yang tentunya sudah termasuk bagus untuk HP saat ini seharga 2 jutaan saja.

Pada menu setting terdapat 3 pilihan refresh rate yang bisa kamu pilih yaitu 60Hz, 90Hz, dan auto switch.

Jika memilih auto switch maka refresh rate akan naik ke 90Hz saat ada aktivitas pada layar, dan akan menjadi 60Hz saat kondisi layar diam.

Spesifikasi

Tecno Spark 10 Pro mengandalkan dapur pacu dari Mediatek Helio G88 fabrikasi 12nm. SoC dari mediatek ini memiliki CPU dengan total octa core dan sudah punya performance cores.

Pada bagian prosesornya menggunakan konfigurasi 2x 2.0 GHz Cortex A75 dan 6x 1.8 GHz Cortex-A55. Ponsel ini juga sudah menggunakan OS terbaru yaitu Android 13, HIOS 12.6.

GPU bawaan Helio G88 dari ponsel ini menggunakan Mali G52 MC2 yang tentunya sudah sanggup menjalankan game berat dengan cukup lancar.

Ada dua opsi untuk kapasitas RAM dan storage dari Tecno Spark 10 Pro yaitu 8/128GB dan 8/256GB. Untuk kapasitas RAM 8GB juga masih memiliki fitur virtual RAM 8GB lagi yang totalnya menjadi 16GB.

Kamera

Bicara soal kamera dari HP Tecno Spark 10 Pro tentunya yang menjadi daya tarik utama atau yang menjadi daya jualnya.

Pada bagian depan terdapat kamera selfie model punch hole yang menggunakan resolusi 32MP fixed focus. Terdapat juga dual soft flash light yang sudah menjadi ciri khas dari HP Transsion Holdings grup.

Untuk perekaman video pada kamera depan sudah support resolusi hingga 2K 30FPS. Terdapat fitur menarik seperti slow motion yang dapat merekam di resolusi 720p 120FPS.

Pada bagian belakang terdapat kamera utama sebesar 50MP auto focus. Untuk perekaman video pada kamera utama sama dengan kamera selfie yaitu support di resolusi 2K 30FPS.

Kamera utama dari Tecno Spark 10 Pro sudah memiliki segudang fitur pendukung yang pastinya dapat memuaskan para penggunanya.

Sebut saja fitur menarik seperti slow motion yang dapat merekam di 720p dengan frame rate 240FPS. Begitu juga dengan fitur lain seperti AI Cam, Film, beauty, panorama, pro, short video dan masih banyak lagi.

Kapasitas Baterai

Kapasitas Baterai 5000 mAh yang memiliki daya tahan hingga 16 jam lamanya jika hanya dipakai untuk memutar video local resolusi 1080p.

Fitur fast charging HP ini dapat mengisi dari nol ke 50 persen hanya dalam waktu 41 menit saja. Sedangkan untuk mengisi baterai dari nol hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menitan.

Kelengkapan Sensor dan konektivitas

Tampak jelas kalau Tecno Spark 10 Pro sudah memiliki sensor yang cukup lengkap. Sebut saja fingerprint samping, accelerometer, light sensor, proximity, compass dan virtual gyro.

Untuk konektivitas baru support sampai jaringan 4G saja, sedangkan jaringan 5G belum support mengingat masih pakai chipset Helio G88.

Koneksi wireless pada HP ini sudah tersedia WiFi 5 dan bluetooth 5 serta ada juga fitur NFC yang bisa untuk cek saldo e-toll dan keperluan lainnya..

Keunggulan Tecno Spark 10 Pro

Keunggulan Tecno Spark 10 Pro dapat terlihat pada kelengkapan konektor seperti audio jack 3,5 mm yang masih disertakan dibagian bawah bodi HP.

Colokan charger sudah pakai USB type C yang tentunya dapat mempermudah pengguna agar bisa memasang secara bolak balik.

Smartphone seharga 2 jutaan rupiah ini sudah memiliki earpiece pada bagian atas layar, sehingga dapat mempermudah pengguna untuk mendengar suara ketika sedang menelepon.

Kekurangan Tecno Spark 10 Pro

Hanya ada satu speaker bawaan jadi jangan terlalu berharap banyak kalau suara yang dihasilkan bisa keras dan bertenaga.

Sangat disarankan untuk pakai audio jack 3,5mm atau TWS untuk mendapatkan suara terbaik dari ponsel Tecno Spark 10 Pro ini.

Kekurangan Tecno Spark 10 Pro juga terlihat pada storage yang meskipun punya kapasitas besar tapi masih menggunakan tipe eMMC yang cenderung lambat.

Jadi untuk transfer file dalam kapasitas yang besar hingga belasan giga atau bahkan puluhan gigabyte akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk bermain game berat seperti genshin impact memang sudah bisa berjalan lancar mengingat kapasitas RAM dan storage yang besar.

Namun soal FPS tentu tidak berharap banyak karena rata-rata hanya dapat di 22FPS hingga 30FPS saja pada settingan mentok kiri alias lowest.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment