Proxy Server adalah Layanan Jaringan untuk Meningkatkan Keamanan Perangkat

Internet memberikan banyak manfaat jika digunakan secara positif. Tersedia banyak informasi yang bisa diakses para penggunanya. Sayang selain memberikan informasi yang diperlukan terkadang sejumlah website justru juga ditempeli dengan virus dan ditunggangi malware.

Penting untuk mengaktifkan proxy server guna meningkatkan keamanan perangkat dari para pengguna internet. Informasi lebih lanjut tentang proxy server adalah layanan jaringan untuk meningkatkan keamanan perangkat dapat kamu simak sebagai berikut.

Pengertian Proxy Server

Proxy Server adalah Layanan Jaringan untuk Meningkatkan Keamanan Perangkat

Banyak dari sekolah maupun perusahaan memanfaatkan produksi guna mengontrol dan mengawasi aktivitas para pengguna jaringan. Jadi gunanya tidak hanya sekedar melindungi pengguna jaringan dari serangan virus dan lain-lain. Mengenai definisi dari proxy server sendiri adalah gerbang penghubung pengguna dengan internet.

Setiap orang menggunakan proxy untuk menghubungkan pengguna dengan web server. Bisa dikatakan jika proxy server sama saja dengan perangkat komputer tambahan yang dipakai untuk berselancar internet dengan IP address masing-masing pengguna. Keberadaan IP sendiri tidak boleh diberitahukan kepada orang lain sehingga sifatnya sangat privasi.

Peranan Penting dari Proxy Server

Proxy server memberikan beberapa manfaat penting bagi user sehingga hampir setiap perangkat selalu memilikinya. Terlebih lagi dunia Internet rentang terhadap berbagai macam kegiatan hackers yang bisa mengancam data sensitif dari para pengguna internet. Langsung saja kita simak mengenai peranan penting dari proxy server.

1. Peningkat Keamanan

Proxy server adalah layanan jaringan untuk meningkatkan keamanan perangkat dari setiap pengguna yang berselancar di internet. Proxy akan bertindak mirip dengan firewall yang mana mampu membuat enkripsi website request.

Enkripsi pada website request tersebutlah yang bisa menjadi pelindung dari pengguna yang mengakses internet dari ancaman hackers maupun crackers. Kamu tentunya sudah tahu kalau hacker dan cracker itu sama-sama mampu mengakses data yang sifatnya privasi.

2. Penyediaan Privasi

Kita semua mengetahui bahwa proxy server memiliki andil dalam menyembunyikan IP address pengguna internet. Umumnya proxy server bisa membuat para pengguna internet bebas menjelajahi dengan mode anonim. Mode anonim memungkinkan para pengguna internet untuk melindungi data dirinya masing-masing sehingga tidak perlu takut data diri akan terekam oleh website server yang pengguna internet kunjungi.

3. Pengontrolan Penggunaan Internet yang Lebih Mudah

Tidak bisa dipungkiri bahwa proxy server memiliki peran yang penting guna mengontrol konten yang bisa pengguna internet akses.

Contohnya saja sekolahan yang memblokir situs bertentangan dengan nilai moral para pelajar maupun situs-situs yang dianggap berbahaya bagi para pelajar. Hal ini juga berlaku pada dunia perusahaan sehingga perusahaan seringkali memblokir situs yang dianggap tidak ada hubungannya dengan pekerjaan para karyawannya.

4. Efisiensi Sumber Daya

Peranan penting lainnya dari proxy server adalah dilengkapi dengan fitur caching. Berdasarkan website goldenfast fitur tersebut berguna untuk mengurangi penggunaan dari bandwidth suatu jaringan sehingga dapat meningkatkan kecepatan loading dari para penggunanya.

5. Punya Kesempatan Akses Konten yang Terhalang Geo-Restriction

Kegunaan lain dari proxy server adalah memudahkan pengguna internet untuk mengakses beberapa konten yang terhalang geo-restriction. Pengguna internet bisa menjadi lebih bebas untuk mengubah lokasi geografi guna menghindari adanya geo restriction dengan memanfaatkan 

Kamu sekarang pasti sudah lebih memahami tentang proxy server adalah layanan jaringan untuk mengamankan perangkat pengguna internet dari serangan hacker maupun cracker yang bisa mencuri data pribadi. Gunakan internet hanya untuk mengakses informasi di internet yang baik saja ya.

FAQ

Apakah proxy server berguna melindungi IP pengguna internet?

Iya karena proxy server akan menyamarkan IP asli dari perangkat dari orang-orang yang terhubung dan menggunakan proxy.

Apakah setelah perusahaan menggunakan proxy server jadi anti dihack?

Tidak juga jika menjadi anti dihack, karena pengguna internet tetap perlu waspada pada situs yang diakses. Jangan mengakses sembarang website. Selain itu, Anda juga perlu untuk 

Jika sudah menggunakan proxy apakah komputer tetap rentan terserang virus dan malware?

Meskipun sudah menggunakna proxy disarankan tetap memasang anti-virus dan anti malware.

Apakah aman jika tidak menggunakan proxy server?

Tidak aman, karena rentang diketahui IP address seseorang yang tidak memanfaatkan proxy server.