Jenis Layanan Hosting yang Menyewakan Satu Server untuk Satu Pelanggan Adalah Dedicated Server

Server ada banyak jenisnya dan digunakan untuk mengunjungi situs website milik seseorang. Jenis layanan hosting yang menyewakan satu server untuk satu pelanggan adalah dedicated server. Banyak dari perusahaan besar berbasis IT yang sering melakukan sewa terhadap dedicated server.

Sedangkan individu atau perseorangan lebih banyak yang menggunakan sistem server bersama karena memang harganya lebih murah. Kamu yang ingin lebih mengerti tentang jenis layanan hosting satu ini bisa membaca penjelasan ini hingga selesai.

Jenis Layanan Hosting yang Menyewakan Satu Server untuk Pelanggan Adalah Dedicated Server

Jenis Layanan Hosting yang Menyewakan Satu Server untuk Satu Pelanggan

Hampir sebagian besar masyarakat yang tidak berkecimpung di dunia informatika belum paham apa yang disebut dengan dedicated server. Server tersebut dibuat secara khusus untuk digunakan oleh satu client saja alias satu akun hosting. Perusahaan yang menyewa server sendiri biasanya sudah memiliki traffic tinggi atau setidaknya memiliki jumlah data penting yang besar.

Perusahaan yang menyewa dedicated server perlu menyediakan ruangan khusus untuk menempatkan server sekaligus sebagai tempat bekerja teknisi dalam mengelola server tersebut. Jadi tidak hanya biaya sewa yang mahal tetapi biaya total seperti operasionalnya juga mahal.

Namun perusahaan yang menggunakan server ini punya keuntungan tersendiri seperti memegang kendali penuh terhadap semua data yang disimpan.

Keunggulan lainnya adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibandingkan server jenis lainnya. Bahkan setiap memori penyimpanan tidak perlu berbagi dengan pengguna lain sehingga lebih fleksibel dalam memanfaatkan server.

Informasi Penting Lain Seputar Dedicated Server

Perusahaan yang memanfaatkan dedicated server memiliki keunggulan dibandingkan perusahaan yang tidak melakukan persewaan terhadap server ini. Dibalik keunggulan juga terdapat beberapa kekurangan dari dedicated server tersebut. Langsung saja simak seluruh informasinya tentang dedicated server ini:

1. Keunggulan Dedicated Server

Kamu sudah mengetahui bahwa dedicated server hanya ditujukan untuk satu klien saja. Dengan kata lain client yang melakukan sewa server jenis ini akan mendapatkan alamat IP yang spesial. Tak hanya mendapatkan IP yang khusus tetapi juga memiliki kuasa untuk melakukan pengelolaan server sepuasnya sesuai kebutuhan perusahaan.

Selain dapat dikelola secara luas, servernya juga menawarkan sistem keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan server sejenis lainnya. Alhasil website bisa menjadi lebih aman dari berbagai virus maupun malware. Apabila banyak orang mengakses website juga kecepatannya tetap stabil dibandingkan dengan hosting.

2. Kelemahan dari Dedicated server

Pahamilah bahwa biaya untuk menyewa dedicated server tidak main-main mahalnya. Tidak disarankan bagi para pemilik blog atau website pribadi untuk pakai dedicated server. Dalam sistem perawatan dan pengoperasian, dedicated server selalu membutuhkan tenaga ahli. Tidak mudah bagi orang awam untuk mengoperasikan mesin dari server tersebut.

Selain itu proses perawatan juga memerlukan ruangan khusus yang dilengkapi dengan mesin pendingin. Bagian mesin pendingin tidak boleh mati alias harus beroperasi selama 24 jam agar tidak terjadi over heating. Apabila mengalami error maka performa dari website dapat terganggu dan tentu akan mempengaruhi rangking dari websitenya.

Kelemahan yang terakhir adalah terkadang perlu jasa pengelolaan dari para penyedia server. Sayangnya menggunakan jasa tersebut membuat biaya yang dikeluarkan jadi semakin membengkak. Sangat tidak direkomendasikan bukan untuk digunakan secara perseorangan.

Kamu sekarang sudah memahami jenis layanan hosting yang menyewakan satu server untuk satu pelanggan adalah dedicated server. Ingat bahwa biaya untuk menyewa dan mengelola dari server jenis ini sangatlah mahal sehingga hanya digunakan oleh perusahaan besar saja.

FAQ

Jika dedicated server terlalu mahal untuk penggunaan blog individu, lalu apa yang harus saya gunakan?

Disarankan untuk menggunakan shared hosting.

Apakah dedicated server memang hanya ditujukan untuk penggunaan skala besar?

Dedicated server memang ditujukan untuk penggunaan skala besar saja.

Berapa kisaran harga sewa dedicated server?

Setiap perusahaan yang menyewakan dedicated server satu dengan lainnya berbeda-beda. Namun setidaknya terdapat berada di kisaran Rp 700.000 – Rp 1 juta per bulan.

Berapa kisaran kecepatan dedicated server?

Kisaran kecepatan dari dedicated server yang disediakan setiap perusahaan juga berbeda. Namun biasanya berada di kisaran 10 Mbps – 30 Mbps.