10+ Contoh Poster Lingkungan Hidup Simple & Cara Membuatnya

Jika Anda sedang mengikuti lomba poster bertema lingkungan, melakukan kampanye untuk menjaga alam, dan kegiatan peduli lingkungan lainnya, Anda barang kali ingin membuat sebuah poster lingkungan hidup.

Untuk membantu Anda menghasilkan desain poster terbaik, kami sudah menyiapkan berbagai contoh poster bertema lingkungan dan tips bagaimana caranya membuat poster dengan tema ini.

Contoh Poster Lingkungan

Apabila Anda bingung bagaimana caranya untuk membuat poster bertema lingkungan yang baik, Anda dapat memperhatikan contoh-contoh poster berikut ini:

1. Poster yang Mudah Digambar

Poster yang Mudah Digambar

Poster yang Mudah Digambar 1

Kelima poster di atas merupakan poster-poster menjaga lingkungan buatan netizen yang mudah untuk digambar ulang. Intinya, supaya Anda mudah menggambar poster, jangan memikirkan ide yang rumit.

Anda dapat memikirkan satu ide sederhana saja, lalu gambarkan ide tersebut di dalam kertas atau canvas tempat Anda menggambar. Jangan memberi terlalu banyak ornamen supaya fokus pembaca tidak terpecah.

Gunakan satu visual besar (contohnya gambar 1 pohon, gambar sebuah planet yang gersang, dsb.) dan warna yang kontras supaya menarik orang untuk melihat poster. Selenjutnya, beri poster tersebut kalimat ajakan yang sederhana untuk mengajak orang lain menjaga kesehatan lingkungan.

2. Poster Untuk Lingkungan Sekolah

Berikut ini adalah contoh-contoh poster lingkungan sekolah yang mudah digambar:

Poster Untuk Lingkungan Sekolah

Poster Untuk Lingkungan Sekolah 1

Untuk menggambar sebuah poster untuk menjaga lingkungan sekolah, Anda harus mengetahui nilai apa yang ingin dibawa oleh sekolah. Misalnya sekolah ingin mengajak pelajar untuk hemat dalam penggunaan air di dalam kamar mandi.

Baca Juga:  Teks Ceramah: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri & Contoh

Untuk mendesain poster ajakan menghemat penggunaan air, Anda bisa menggambar edukasi untuk selalu menutup keran setiap selesai dimanfaatkan. Atau, Anda bisa membuat poster yang menggambarkan sebuah pohon yang akan mati ketika manusia tidak menghemat air.

Jangan lupa memberikan kata ajakan untuk menjagak audiens menghemat penggunaan air bersih. Tempelkan poster tersebut di tempat yang sesuai, seperti di dalam toilet atau di sebelah keran air untuk taman.

3. Poster Aesthetic

Poster Aesthetic

Poster Aesthetic 1

Jika Anda ingin menargetkan audiens dengan usia 15 hingga 30 tahun, Anda bisa memanfaatkan desain poster lingkungan yang aesthetic dan keren. Poster dengan gaya aesthetic memang cenderung lebih disukai oleh anak-anak muda generasi millenial dan generasi Z.

Untuk mendesain poster yang terlihat aesthetic, Anda bisa memanfaatkan warna-warna yang tidak terlalu mencolok. Yang mencolok dari poster yang Anda buat adalah typografi atau penggunaan kata-kata yang mengundang audiens untuk membaca poster.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan hasil foto pemandangan lingkungan yang rusak untuk memperkat nilai di poster yang Anda buat.

Cara Membuat Poster Lingkungan Hidup

Cara Membuat Poster Lingkungan Hidup

Supaya pesan untuk melestarikan lingkungan hidup dapat tersampaikan dengan baik, ada tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat poster. Tips-tips tersebut antara lain:

1. Mempelajari Nilai yang Ingin Disampaikan

Sebelum membuat sebuah poster bertema lingkungan hidup, Anda harus memahami apa nilai lingkungan yang ingin Anda sampaikan dari poster tersebut. Misalnya ingin mengajak untuk menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kualitas air, menjaga pola hidup sehat, dan lain sebagainya.

Dari nilai tersebut, Anda akan mengerti untuk menggambar apa, menuliskan apa, menempel poster di mana, menyebar poster ke mana saja, dan merumuskan keputusan-keputusan lainnya.

2. Terbaca Dari Jarak Jauh

Supaya menarik perhatian orang lain untuk melihat poster bertema lingkungan yang Anda buat, informasi utama dari poster harus mudah untuk dibaca dari jarak jauh.

Baca Juga:  20+ Kata-Kata Sedih Menyentuh Hati Wanita, Berpisah, dll

Ketika dari jarak yang jauh poster terlihat menarik, orang yang melihat akan datang semakin dekat untuk mengetahui isi selengkapnya dari poster.

3. Memiliki Desain yang Kontras

Minimal, orang akan melihat poster menjaga lingkungan yang Anda buat sebanyak satu kali pandangan. Anda harus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menarik perhatian orang yang melihat poster.

Salah satu hal terpenting yang dapat membantu Anda untuk memanfaatkan momen tersebut adalah pengguaan desain dengan cukup kontras antar tiap elemen. Jangan hanya menggunakan warna mainstream poster lingkungan yang kurang berani seperti kombinasi coklat dan hijau.

Anda harus mencoba untuk membuat kombinasi warna yang lebih berani. Anda juga dapat mengombinasikan tipografi yang anti-mainstream dengan warna yang sangat mencolok untuk menarik perhatian pembaca.

4. Lokasi dan Ukuran yang Tepat

Seperti kata pepatah yang terkenal di lingkungan sekolah, “lokasi menentukan prestasi”. Namun, dalam hal ini bukan menyontek pekerjaan milik teman sebangku, ya! Sebuah desain akan lebih hidup jika diletakkan di tempat yang tepat.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat poster yang akan ditempel di sebuha dinding berwarna hijau. Maka, Anda akan mencoba untuk menggunakan kombinasi warna yang mencolok agar tidak menyatu  dengan warna dinding yang hijau.

Mungkin Anda ingin menggunakan kombinasi warna hijau di dalam poster, namun memiliki ukuran yang cukup besar supaya sangat mencolok di dinding tersebut.

5. Buat Versi Mini

Anda dapat membuat versi mini dari poster lingkungan yang Anda desain. Ada banyak manfaat dari tindakan ini, seperti untuk si-share di berbagai platform media sosial, di taruh di ruang sempit, atau dibagikan melalui e-mail.

6. Memanfaatkan Satu Visual Besar

Ketika Anda mendesain sebuah poster lingkungan, Anda harus memikirkan secara hati-hati tentang visual besar yang ingin ditampilkan.

Contohnya Anda bisa memanfaatkan potongan wajah manusia, ilustrasi benda atau makhluk yang tunggal di dalam poster, atau pemandangan mainstream dengan satu bagian yang tidak wajar di dalamnya.

Baca Juga:  50+ Nama Kucing Laki-laki Lucu, Islami, dengan Arti, dll

Setelah itu gambar yang Anda buat harus menggunakan cukup kontras supaya dapat terbaca secara independen.

7. Menggunakan Banyak Ruang

Anda dapat memberikan detail di berbagai ruang ekstra yang tersebar di dalam poster. Tindakan ini bisa jadi akan menghasilkan suatu keajaiban dalam desain yang Anda buat. Anda dapat memberikan detail di antara huruf, objek, elemen terpenting, dan ruang kosong lainnya.

8. Memberikan Ajakan Untuk Bertindak

Tujuan dari poster lingkungan adalah memberikan sebuah informasi yang berkaitan dengan isu lingkungan kepada orang tertentu. Sebagian besar poster dengan tujuan ini dibuat untuk mengajak orang terlibat dalam menjaga kualitas lingkungan hidup.

Supaya bisa mengajak orang lain untuk bertindak, kalimat ajakan sangatlah penting untuk dimasukkan ke dalam poster.

9. Memanfaatkan Teknik Printing yang Keren

Apabila poster menjaga lingkungan yang Anda buat dicetak menggunakan mesin printer atau mesin pembuat banner, Anda bisa memanfaatkan berbagai teknik printing yang keren. Tindakan ini dapat membantu Anda untuk membuat orang lain tertarik untuk meihat poster yang Anda buat.

Di mana lokasi poster ditempel dan siapa saja audiens yang akan melihat poster bertemakan lingkungan buatan Anda akan berpengaruh terhadap teknik yang akan dipakai. Anda bisa memanfaatkan tenik printing seperti warna doff, screenprinting, lapisan UV, dan teknik keren lainnya.

10. Having Fun

Apabila Anda mendesain sebuah poster dengan bersenang-senang, isi hati Anda akan lebih mudah tersalurkan ke dalam poster. Poster yang gila, kreatif, seru, dan keren akan lebih mudah untuk muncul ketika dibuat dengan hati yang senang.

Dengan mengikuti contoh dan tips dalam membuat poster lingkungan di atas, Anda akan mampu mendesain poster yang menarik hati audiens untuk melihat. Setelah audiens melihat, harapannya mereka dapat terketuk hatinya untuk ikut melestarikan lingkungan hidup.

Leave a Comment