Pahami Pengertian Tanggung Jawab, Jenis, dan Contohnya

Salah satu sikap yang wajib untuk Anda miliki dan perlu dibentuk dari waktu kecil adalah tanggung jawab. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk membawa sikap tersebut sampai dewasa nantinya. Sebelum itu, pahami dahulu apa pengertian tanggung jawab.

Pengertian Tanggung Jawab

Jika diartikan secara harfiah, tanggung jawab merupakan sebuah kondisi dimana seseorang perlu menanggung sesuatu sendiri walaupun disalahkan oleh orang lain. Sedangkan pengertian menurut KBBI adalah sebuah keadaan dimana setiap orang mempunyai kewajiban untuk menanggung segala sesuatu sendirian.

Apabila mengartikannya secara umum, maka tanggung jawab merupakan kesadaran seseorang terhadap perbuatan ataupun perilaku yang sengaja/tidak sengaja memperlakukannya. Dalam hal ini, dapat dilakukan dalam keadaan seseorang sadar. Jika seseorang memiliki sikap tanggung jawab, maka termasuk pribadi yang jujur.

Sebaliknya, jika seseorang kehilangan sikap tanggung jawab, maka akan ada pihak lain memaksakan tanggung jawab tersebut. Tanggung jawab ini sendiri dapat dilihat dari dua sisi. Yaitu pihak yang suda diperbuat atau sisi kepentingan bagi pihak yang lainnya.

Jenis Tanggung Jawab dan Contohnya

Perlu Anda pahami, bahwa tanggung jawab ada beberapa jenisnya. Tentu sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis tersebut. Jika perlu sekaligus dengan contohnya agar nantinya lebih mudah dalam menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Di bawah ini selengkapnya:

  • Tanggung Jawab kepada Tuhan

Berdasarkan Pancasila tepatnya sila pertama, berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa”, maka setiap individu adalah seseorang yang diciptakan oleh Tuhan dan memiliki tanggung jawab kepada Tuhan. Tentu tidak boleh melewatkan tanggung jawab tersebut.

Adapun salah satu contoh dari tanggung jawab pada Tuhan adalah setiap orang yang beragama perlu mematuhi kewajibannya masing-masing sesuai aturan agamanya. Hal ini berarti tidak hanya soal beribadah saja. Akan tetapi juga bersikap baik dan bertoleransi kepada semua orang lainnya.

  • Tanggung Jawab kepada Keluarga

Merupakan salah satu jenis tanggung jawab yang perlu dipenuhi oleh seseorang kepada keluarganya. Tanggung jawab ini sendiri tidak hanya sebagai tulang punggung saja. Akan tetapi juga berupa seorang anak yang perlu menuntaskan pendidikannya hingga memberikan rasa bangga pada orang tua.

Terdapat salah satu contoh jenis tanggung jawab kepada keluarga, yakni seorang anak perlu hormat terhadap orang tua. Dengan begitu, mereka dapat menyayangi mereka sekaligus menghormatinya.

  • Tanggung Jawab kepada Diri Sendiri

Selain beberapa jenis tanggung jawab di atas, masih ada lagi yang lainnya. Yakni tanggung jawab kepada diri sendiri. Dalam hal ini, hanya diri sendiri yang akan memahami mengenai makna serta capaian tersebut. Agar nantinya dapat menyelesaikan tanggung jawabnya masing-masing.

Contoh dari tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah saat ingin lulus kuliah tepat waktu dan mendapatkan ipk memuaskan, maka tentu saja seseorang perlu belajar dengan tekun. Selain itu, perlu bertanggung jawab juga terhadap waktu yang dimilikinya.

  • Tanggung Jawab kepada Masyarakat

Setiap manusia tentu memerlukan bantuan dari orang lain. Tidak heran jika seseorang tentu memiliki tanggung jawab kepada masyarakat yang wajib untuk dipenuhi. Terutama di lingkungan yang Anda tinggali sekarang ini. Lantas, seperti apa contoh dari jenis tanggung jawab tersebut?

Contohnya saat seseorang yang tidak mau melaksanakan kerja bakti karena merasa malas. Tentu saja orang tersebut akan mendapatkan teguran dengan keras dari warga setempat ataupun kepala desa. Hal ini karena kerja bakti termasuk sebagai tanggung jawab kepada seluruh anggota masyarakat itu sendiri.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai pengertian tanggung jawab, jenis dan contohnya. Setelah mengetahuinya, maka tentu akan lebih mudah bagi Anda menerapkan rasa tanggung jawab tersebut di kehidupan dari sekarang.

Leave a Comment