Pengertian Legenda, Ciri-ciri Dan Jenisnya

Pengertian legenda yakni cerita masa lampau yang dipercayai masyarakat, karena terdapat latar cerita yang berasal dari kisah nyata. Cerita tersebut bisa jadi memang benar-benar terjadi di masa lalu.

Banyak yang menganggap kisah legenda merupakan sejarah kolektif. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, legenda sering ternyata jauh dari kisah aslinya, karena memang ceritanya tidak tertulis.

Legenda adalah cerita tradisional yang menerangkan mengenai tokoh sejarah, makhluk supranatural, orang yang dianggap suci, mitologi, maupun mengenai fenomena alam yang berkaitan dengan hal yang dianggap keajaiban, keistimewaan, ataupun kesaktian dari tokoh di legenda tersebut.

Seringkali kisah legenda ini dibukukan, dijadikan film, ataupun diangkat menjadi drama di masa modern seperti sekarang. Berikut ini kami akan menerangkan Apa pengertian legenda, ciri-cirinya, serta serta apa saja jenisnya.

Pengertian Legenda

Pengertian legenda merupakan prosa rakyat, yang dipercayai menjadi sebuah cerita yang benar-benar ataupun pernah terjadi di masa lalu, serta bertempat atau lokasinya pada tempat yang sedang ditinggali oleh kita.

Legenda yang seringkali dianggap sebagai sejarah, punya hubungan erat dengan apa yang terjadi di masa lalu. Meskipun kebenarannya tidak memiliki sifat murni, seiring dengan berkembangnya zaman dan distorsi, cerita masa lalu yang jauh bisa saja berbeda dengan apa yang jadi kisah aslinya.

Alasannya, karena cerita legenda ini tidak tertulis. Maka, legenda ini dapat dikatakan juga sebagai sejarah semihistoris. Berikut adalah beberapa pengertian legenda dari para ahli :

Hooykaas

Menurut Hooykaas legenda merupakan dongeng yang menceritakan mengenai hal yang bersejarah, yang di dalamnya terkandung keajaiban yang disebabkan oleh tokoh yang ada didalamnya memiliki kesaktian.

William R.Bascom

Menurut William R.Bascom, pengertian legenda merupakan cerita yang hampir sama seperti halnya mitos. Meskipun ceritanya dianggap asli dan memang benar terjadi, namun cerita tersebut tidaklah dianggap suci.

Emies

Pengertian legenda menurut Emies merupakan cerita kuno, karena menceritakan tentang sejarah juga angan-angan ataupun imajinasi yang belum diketahui secara pasti tentang kebenarannya.

Pudentia

Legenda menurut Pudentia merupakan cerita yang dipercaya oleh masyarakatnya yang ada di sekitar tempat tersebut, dengan kejadian yang memang benar-benar ada namun tidak dianggap sebagai suatu hal yang suci atau sakral.

Buku Sari kata bahasa Indonesia

Pengertian legenda dari buku sari kata bahasa Indonesia adalah cerita rakyat yang terjadi di masa lalu, yang berkaitan dengan sejarah adanya sebuah tempat.

Ciri-Ciri Legenda

Seringkali, cerita legenda disamakan dengan mitos. Padahal mama keduanya mempunyai ciri yang cukup berbeda. Cerita dalam legenda punya ciri, salah satunya kisahnya dipercaya oleh masyarakat serta dianggap memang benar-benar terjadi.

Cerita dalam legenda juga punya ciri-ciri bersifat sekuler atau bisa dikatakan lebih bersifat keduniawian. Tokoh yang terdapat di dalamnya yaitu manusia, sejarahnya, bersifat kolektif serta berpindah-pindah dan mempunyai sifat siklus.

Sedangkan mitos, mempunyai ciri-ciri ceritanya sudah mengalami banyak perubahan, ceritanya sengaja dibuat dan berisi motivasi untuk orang yang membacakan.

Jenis-jenis Legenda

Setelah paham pengertian legenda dan ciri-cirinya, berikutnya pembahasan mengenai jenis-jenis legenda. Menurut Bruvand, jenis-jenis legenda terbagi jadi empat macam yaitu sebagai berikut:

Legenda Keagamaan

Legenda keagamaan merupakan legenda yang berisi cerita mengenai tokoh suci, misalnya Walisongo. Ceritanya diangkat dari kisah masa lalu yang mempunyai nilai religius. Pesan yang hendak disampaikan dalam cerita tersebut dapat mempengaruhi kehidupan khususnya di bidang agama pada suatu masyarakat.

Legenda Alam Ghaib

Legenda alam gaib merupakan legenda yang berisi cerita di masa lalu karena yang dialami oleh orang serta dianggap memang benar-benar terjadi. Dengan adanya cerita tersebut, masyarakat menjadi lebih percaya terhadap sebuah tahayul.

Legenda Perseorangan

Legenda perseorangan merupakan cerita yang mengisahkan tentang tokoh yang mempunyai kesaktian dan mampu membuat keajaiban di masa lampau. Tokoh ini dianggap sebagai tokoh bersejarah dan memang benar-benar ada.

Legenda Setempat

Legenda setempat ini punya hubungan dengan terjadinya suatu tempat, nama serta bentuk topografinya. Ini menceritakan juga mengenai asal usul sebuah tempat dan kisah tersebut dipercaya merupakan cerita asli.

Contoh Legenda

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis legenda yang hidup dan dipercayai hingga sekarang. Beberapa contoh legenda misalnya Tangkuban Parahu (Sangkuriang) yang berasal dari provinsi Jawa barat, kisah Mbah Gringsing, kisah Cungkir Emas Cacaban, misteri gugusan Delta waduk Cacaban, Goa Lawa, Kisah Timun Emas dan sebagainya.

Setiap provinsi di Indonesia pasti akan memiliki kisah legenda nya masing-masing yang cukup menarik untuk disimak. Pengertian legenda, ciri-ciri dan jenisnya yang telah kami uraikan di atas, harapannya semakin meningkatkan wawasan anda mengenai seluk beluk cerita rakyat ini.

Ke depannya, semoga Anda semakin tertarik untuk membaca legenda yang ada di Indonesia dan mengambil hikmah dari setiap kisahnya masing-masing.

Leave a Comment