Ide dan Tips Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Berbisnis jajanan memanglah termasuk lapangan wirausaha yang menjanjikan, mengingat panganan adalah kebutuhan semua lapisan masyarakat. Apalagi, bila target Anda adalah anak kecil.

Siapa sih anak kecil yang tidak suka beli jajan? Di komplek rumah, pinggir jalan, dan tak ketinggalan di sekolah, anak kecil pasti berlomba-lomba mencari jajanan. Bila Anda berniat untuk memulai bisnis jajanan anak sekolah dasar, itu adalah ide yang cukup baik.

Tapi, sudah siapkah Anda dengan jajanan yang ingin dijual? Harus menjual jajanan apa? Apa yang diminati oleh anak-anak sekolah dasar? Apakah ada tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat bisnis lebih berkembang? Cek artikel ini untuk ide dan tips dagangan jajanan untuk anak sekolah dasar!

10 Ide Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar Paling Laris dan Digemari

Ide dan Tips Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Telur gulung

Jajanan tak lekang oleh waktu ini memanglah selalu menjadi favorit anak-anak sekolah dasar. Harganya yang murah dan rasanya yang gurih membuat tiap anak doyan menikmatinya pada jam sekolah maupun jam pulang.

Kelebihan jajanan ini untuk Anda adalah harga bahannya yang terjangkau dan cara membuatnya yang sangat mudah. Seperti namanya, hanya perlu digulung-gulung sampai ukuran yang cukup besar, dan jadi! Keuntungan sudah siap di tangan.

Jajanan cimol

Aci bulat-bulat dengan balutan berbagai macam bubuk rasa asal kota Bandung ini memang gurih-gurih nikmat, sehingga selalu digemari oleh anak SD. Bahkan, penggemarnya tidak hanya anak SD, sebab remaja hingga orang dewasa pun menggemarinya untuk cemilan.

Jajanan yang satu ini bahannya tidak sulit, cenderung murah, dan cara memasaknya pun sederhana. Terlebih lagi karena biasanya jajanan ini dijual per porsi, keuntungan yang bisa diraup pun lebih besar dan menjanjikan untuk para wirausahawan.

Kue crepes

Kue crepes merupakan salah satu jajanan yang digemari anak-anak karena rasa manisnya. Uniknya, rasa manis jajanan ini pun beragam mulai dari rasa coklat, keju, susu, hingga kacang yang membuat anak-anak kecil sangat menggemarinya.

Untuk menjadi pedagang kue satu ini memang memerlukan lebih banyak modal seperti menyewa gerobak, gas, kompor dan peralatan masak khusus. Namun, diyakini bahwa jajanan ini cukup mutakhir untuk segera mencapai BEP.

Permen gulali

Si manis yang klasik ini juga memiliki banyak sekali penggemar dari kalangan anak SD. Karena rasanya yang manis dan bentuknya yang warna-warni, anak-anak sekolah dasar senang membelinya. Apalagi bila Anda mampu berinovasi membuat permen gulali dengan beragam bentuk seperti Mickey Mouse, bentuk bebek, bentuk bunga, dan lain sebagainya.

Modal untuk menjual permen gulali pun cukup terjangkau. Bila dibandingkan dengan keuntungannya, cukup seimbang. Alat yang diperlukan pun walaupun khusus namun mudah ditemui di pasar dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Papeda telur

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan telur gulung, mulai dari bahan, cara pembuatan hingga peminatnya. Walaupun sebenarnya papeda merupakan makanan asli dari Papua, namun anak-anak SD menikmatinya sebagai jajanan murah yang nikmat rasanya.

Anda bisa menjual papeda berbahan dasar telur ini ditambah dengan beragam bumbu bubuk perasa, seperti bumbu pedas, asin, manis, dan balado. Umumnya anak-anak sekolah dasar senang sekali mencampur aduk rasanya.

Martabak mini

Jajanan martabak mini memang sulit-mudah untuk diperdagangkan. Karena bahannya yang cenderung lebih spesifik, pembuatan dan pengemasannya juga membutuhkan usaha yang lebih banyak. Bila semua dijumlahkan, maka modal Anda pun bisa terbilang lebih besar daripada jajanan yang lain.

Namun, jajanan ini tetap saja banyak penikmatnya. Bila anak-anak SD senang karena rasanya yang manis dan mengenyangkan dalam harga murah, biasanya para baby sitter dan orang tua yang menjemput anaknya sekolah pun senang dengan jajanan satu ini. Sehingga, tetap besar kemungkinan untuk balik modal.

Donat aneka rasa

Siapa yang tidak suka donat? Bahkan Anda sendiri pasti memiliki jenis dan rasa donat terfavorit. Nah, donat ini bisa menghasilkan pundi-pundi uang bila didagangkan ke anak SD loh!

Anda hanya perlu membuat donat berbahan dasar kentang dengan berbagai macam rasa, seperti gula halus, meses warna-warni, choco chips, atau serbuk oreo. Dijamin, anak-anak SD pasti menyukainya, apalagi jika harganya murah.

Pizza mini

Pizza umumnya merupakan makanan mahal yang hanya dibeli ketika bersama keluarga. Anak kecil sangat menyukai pizza, apalagi rasanya sangat menggugah selera. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendagangkan pizza dengan harga murah dan rasa yang nikmat.

Dengan trik berupa bentuk yang menarik dan harga yang murah, anak-anak SD pasti tertarik mencoba pizza jualan Anda. Apalagi karena seperti yang sudah disampaikan, pizza kedai bukan makanan yang bisa dimakan setiap hari. Sehingga, pizza mini akan sangat tampak menarik.

Makaroni asin pedas

Anak kecil umumnya senang menantang teman-teman bahkan dirinya sendiri untuk makan makanan pedas. Apalagi seperti makaroni kering. Anda bisa memanfaatkan kegemaran unik anak-anak satu itu untuk berbisnis. Jual makaroni dengan rasa asin pedas bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Namun, jajanan ini cukup berisiko membuat anak kecil sakit perut kemudian dilarang orang tuanya untuk jajan lagi. Jadi, sebaiknya berhati-hati dalam memberikan kadar kepedasan dalam jajanan ini agar pelanggan Anda tidak berkurang karena sakit perut kepedasan.

Es lilin

Terakhir adalah si legendaris es lilin. Es yang satu ini memang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Selalu saja ada penggemarnya, apalagi anak kecil. Rasanya yang manis, tidak mudah cair seperti es krim biasanya, dan kesegarannya membuat anak kecil sangat menyukai jajanan satu ini.

Tips Memulai Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Ide dan Tips Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Nah setelah menentukan ingin menjual apa, Anda bisa intip tips sederhana berikut sebelum memulai bisnis jajanan.

  • Lakukan observasi sederhana kemampuan jajan anak-anak di sekolah dasar yang Anda sasar. Berapa uang jajan mereka kebanyakan? Sanggupkah mereka membeli jajanan dengan harga yang Anda akan patok?
  • Pastikan tidak ada jajanan yang mirip dengan yang Anda jual. Menjadi satu-satunya akan membuat anak-anak SD akan terus mencari-cari Anda dan jajanan unik tersebut.
  • Tidak ada salahnya memberi nama unik untuk jualan Anda, karena nama unik dan lucu seperti, “Batagor Bang Koboy”, “Donat Mak Inyus”, dan “Pizza Bundar Topi Saya” akan melekat di pikiran anak SD dan membuat mereka tertarik dan teringat terus pada jajanan Anda.
  • Pastikan Anda memilih bahan-bahan yang cukup baik dan tidak membuat sakit perut. Anak SD masih sangat dikontrol orang tuanya. Biasanya, bila ketahuan mereka sakit perut karena jajanan yang kurang sehat, dijamin akan langsung dilarang untuk jajan lagi.
  • Bila Anda mengurus rumah atau memiliki pekerjaan tetap lainnya, titipkan saja jajanan Anda pada pemilik warung di sekolah. Anda tinggal memberi sedikit persenan untuk terima kasih, dan tidak perlu lelah-lelah menunggu jajanan laku.

Nah, itu dia 10 ide bisnis jajanan anak sekolah dasar dan juga tips yang bisa Anda gunakan.

Leave a Comment

fourteen − seven =