Peralatan yang Digunakan untuk Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP Adalah

SIP adalah sebuah signalling protokol yang ada di layer aplikasi, yang dimana fungsinya adalah untuk membangun, mengakhiri, dan juga memodifikasi sesi multimedia.

Yang terkait dengan satu pengguna atau lebih dari satu pengguna. Perlu diketahui juga, di dalam prosedur instalasi server maka peralatan yang digunakan untuk instalasi server softswitch berbasis sip adalah PC Linux, koneksi internet, dan sambungan LAN. Dengan adanya tiga peralatan itu maka proses instalasi dapat dilakukan dengan mudah.

Sesi multimedia yang ada pada SIP mencakup banyak hal seperti video, audio, atau teks. SIP langsung menyiapkan pondasi yang bisa dipakai oleh protokol aplikasi yang lainnya dalam memberi layanan yang jauh lebih lengkap untuk pengguna. Contohnya dengan RTP yang dipakai untuk data transfer real time, dan juga SDP.

Peralatan yang Digunakan untuk Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP Adalah

Peralatan yang Digunakan untuk Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP Adalah

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa SIP tidak menyediakan layanannya langsung. Fungsi dari pemakaian SDP adalah untuk mendeskripsikan sesi multimedia dengan MEGACO, dan untuk berkomunikasi dengan PSTN. Walaupun begitu, fungsi dan juga operasi dasar SIP tidak bergantung dari protokol itu sendiri.

Sama halnya dengan SIP, yang juga tidak bergantung pada protokol layer transport yang dipakai saat itu. Maka peralatan yang digunakan untuk instalasi server softswitch berbasis sip adalah koneksi internet, PC Linux, dan sambungan LAN. Sebelum Anda mulai melakukan instalasi server softswitch sebaiknya persiapkan terlebih dulu peralatan yang dibutuhkan.

Mari kita bahas satu per satu mengenai SIP dan softswicth tersebut. Yang dimaksud dengan SIP adalah protokol persinyalan yang ada di layer aplikasi dan kegunaannya adalah, untuk mengontrol sesi multimedia yang melibatkan satu atau lebih pengguna.

Sedangkan pengertian dari softswitch adalah suatu switching yang basisnya software. Pada umumnya sistem softswitch ini menjadi sistem komunikasi yang memakai elemen jaringan yang bentuknya software. 

Prosedur Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP

Instalasi server softswitch yang berbasis SIP ini dilakukan oleh Asterisk. Yang dimaksud dengan Asterisk ini adalah jenis software IP PBX, yang dipakai untuk membuat sebuah sistem layanan komunikasi dari telepon yang melalui internet. Atau yang biasanya disebut dengan VolP.

Asterisk juga merupakan software open source yang beroperasi di Linux. Bahkan Asterisk ini memungkinkan komunikasi yang dilakukan antar penggunanya yaitu yang menggunakan telepon berbasis SIP dan telepon reguler biasa.

Tidak banyak yang harus dilakukan dalam prosedur instalasi yang basisnya SIP. Khususnya dalam menjalankan Asterisk secara minimal dan hanya memiliki beberapa fungsi seperti di bawah ini:

  • Autentikasi pengguna dengan menggunakan kata sandi dan nomor telepon.
  • Dial plan yang fungsinya adalah untuk mengatur beberapa hal yang harus dilakukan, dalam melakukan panggilan ke nomor tertentu.
  • ENUM, supaya Asterisk akan mengenali nomor yang diawali dengan kode +62 dan sebagainya.

Untuk itu, peralatan yang digunakan untuk instalasi server softswitch berbasis sip adalah sambungan LAN, koneksi internet, dan juga PC Linux. 

Pembangunan komunikasi multimedia yang dilakukan dengan SIP dilakukan pada beberapa tahapan, yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • User Location

Menentukan lokasi dari si pengguna yang melakukan suatu komunikasi.

  • User Availability

Menentukan tingkat keinginan dari pihak pengguna yang terlibat langsung ke dalam suatu komunikasi.

  • User Capability

Menentukan media atau parameter yang masih berkaitan dengan media, yang juga dipakai untuk melakukan komunikasi.

  • Session Setup

Pembentukan hubungan antara pihak yang melakukan call dengan pihak yang dipanggil.

Arsitektur yang berasal dari SIP memiliki dua buah komponen yaitu server dan juga user agent. User agent adalah end point yang berasal dari sistem, dan yang memuat dua buah sub sistem. Yaitu sub sistem yang berupa UAC dan UAS. UAC atau User Agent Client berfungsi untuk membangkitkan klien. Sedangkan UAS atau User Agent Server adalah user yang merespon request.

Pengertian dari SIP server yaitu suatu kesatuan dari fungsi logic yang tak harus memisahkan alatnya secara fisik. Fungsinya yaitu:

1. Proxy Server

Adalah host jaringan yang perannya yaitu sebagai perantara dengan tujuan untuk meminta request atas nama klien yang lainnya. Proxy juga harus berperan sebagai client dan juga server, mengarahkan SIP server pada UAS, dan mengarahkan SIP request pada UAC.

2. Redirect Server

Kesatuan logika yang mengarahkan satu klien di perangkat pengganti yang berasal dari URI’s dalam menyelesaikan tugas dari request.

3. Location Server

Menyediakan perbaikan untuk suatu database yang sifatnya abstrak, dan kegunaannya adalah untuk mentranslasikan alamat dengan menggunakan keterangan/kata yang terdapat pada domain jaringan.

4. Registrar Server

Berfungsi untuk menerima serta memproses pesan dalam hal pendaftaran yang memberi izin pada lokasi, suatu endpoint yang bisa diketahui lokasinya.

Sekarang Anda sudah paham dengan peralatan yang digunakan untuk instalasi server softswitch berbasis sip adalah, jawabannya tentu PC Linux, internet, dan LAN.