20 Ide dan Peluang Bisnis di Tahun 2023 yang Menjanjikan

Sudah berniat memasuki dunia bisnis? Jika ya, Mojokbisnis telah mengumpulkan beberapa ide bisnis yang menarik dan menjanjikan di tahun 2023 khusus untuk Anda.

Meskipun tidak terlalu jauh berbeda dari tren sejak pandemi Covid-19, namun pandemi tersebut telah mengubah kebiasaan yang telah terbangun selama beberapa dekade, termasuk dalam hal digitalisasi bisnis.

Contohnya, transaksi jual beli barang atau jasa sebelumnya banyak dilakukan secara konvensional, namun kini mulai beralih ke digital.

Dengan sentuhan ponsel saja, produk yang Anda beli dapat sampai di rumah, begitu juga sebaliknya. Sebagai calon pebisnis, Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut sebagai usaha.

Jika kamu bermimpi punya usaha tetapi masih kekurangan ide, simak beberapa ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2023 berikut ini!

20 Ide Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023

Influencer

Menjadi seorang influencer di media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan media sosial lainnya juga dapat menjadi ide bisnis di tahun 2023.

Influencer adalah publik figur yang memiliki jumlah pengikut yang banyak dan kerap menerima tawaran kerjasama dari brand untuk memasarkan produk.

Bisnis Katering Sehat

Bisnis katering sehat merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang tertarik dengan bisnis kuliner. Saat ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya hidup sehat terutama dalam mengatur pola makan.

Bisnis katering sehat menyediakan pilihan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi pelanggannya, seperti pelanggan yang sedang melakukan diet karbo yang membatasi asupan karbohidrat hariannya.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu memiliki pengetahuan yang mendalam di bidang kesehatan dan gizi makanan atau bekerjasama dengan ahlinya.

Dekorasi Rumah

Bisnis dekorasi gambar dengan kertas atau kain merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang senang dengan kerajinan tangan. Bisnis ini memadukan gambar dengan kertas atau kain untuk menciptakan seni tiga dimensi yang lebih menarik.

Desain kerajinan dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, seperti hadiah ulang tahun, kado pernikahan, kado wisuda, dan lainnya.

Desain Interior

Jasa desain interior saat ini sangat dicari karena banyak orang ingin memiliki hunian minimalis yang estetik. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu memiliki setidaknya satu orang desainer untuk merancang desain dan dua orang untuk mengeksekusi desain yang telah disepakati.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki laptop untuk mengerjakan desain dan mengoperasikan software desain interior, serta workshop sebagai tempat pengerjaan proyek.

Blogger

Apakah kamu memiliki minat dan bakat dalam menulis dan membuat konten menarik di media sosial atau blog? Jika iya, menjadi seorang blogger mungkin bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat untukmu.

Baca Juga:  Contoh Proposal Usaha kuliner, Cafe, Kerajinan, Warung Kopi Dll

Blogger tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan dari tulisan saja, tapi juga bisa mendapatkan uang melalui endorsement, afiliasi, dan lainnya.

Camilan Kreatif

Ingin mencoba bisnis yang unik dan menarik di tahun 2023? Mengapa tidak mencoba bisnis camilan yang inovatif?

Produk camilan yang unik dan anti mainstream bisa dihasilkan dengan melakukan inovasi terhadap makanan yang sudah ada.

Siapa tahu produk camilan yang kamu ciptakan akan menjadi populer di tahun depan.

Bisnis Barang Antik

Untuk memulai bisnis barang antik, pastikan kamu terlebih dahulu mengetahui barang antik apa saja yang biasa laku di pasaran.

Selain itu, membangun relasi dengan seseorang atau komunitas kolektor barang antik juga penting agar kamu bisa mengetahui kebutuhan pasar serta mencari koleksi barang untuk dijual.

Dengan demikian, bisnis barang antikmu akan lebih relevan di tahun 2023.

Konsultan Bisnis

Kalau kamu ingin menjadi penasihat bisnis, maka pastikan kamu memiliki gelar di bidang ekonomi, pemasaran, atau bisnis.

Selain itu, kamu juga harus memiliki keunggulan seperti pengalaman dalam berbisnis atau sebagai penasihat, serta wawasan dan koneksi yang luas.

Jika sudah menguasai hal-hal tersebut, maka kamu sudah bisa memulai usaha sebagai konsultan bisnis.

Paket Makanan Siap Masak

Sementara itu, jika kamu memiliki minat memasak atau memiliki banyak ide menu masakan, bisnis paket bahan makanan siap masak mungkin akan cocok untuk kamu.

Dengan begitu, pembeli hanya perlu memasak bahan yang telah disediakan menjadi hidangan yang lezat. Bisnis ini akan sangat menarik bagi orang-orang yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri, karena membeli makanan di luar terkadang lebih mahal daripada memasak sendiri.

Desain Grafis

Jika kamu memiliki keahlian dalam Desain Komunikasi Visual, bisnis yang tepat untuk dijalankan adalah desain grafis.

Bisnis ini akan membutuhkan beberapa software, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw.

Untuk meningkatkan daya jual jasa yang kamu tawarkan, cobalah membuat portofolio yang menarik yang berupa karya kamu sendiri. Sehingga orang bisa menilai seberapa bagus hasil kerja kamu.

Jastip

Meskipun sudah banyak orang yang membuka bisnis jasa titip, bisnis ini masih menjadi ide yang menjanjikan untuk tahun 2023.

Banyak orang tertarik dengan bisnis ini karena tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak dan jangkauan layanan yang luas karena pemasarannya dilakukan secara online.

Jasa titip biasanya dibuka karena banyak konsumen dari luar daerah yang ingin membeli produk dari brand tertentu yang tidak tersedia di tempat mereka.

Jika belum ada jasa titip di daerah Anda, ini bisa menjadi peluang besar karena tidak perlu berkompetisi dengan kompetitor untuk mendapatkan konsumen. Apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis jasa titip?

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memulai Bisnis Konstruksi dan Properti?

Produk Daur Ulang

Organisasi OBPCert dan beberapa sumber lain memperkirakan bahwa hanya sekitar 10% dari sampah plastik di dunia yang di daur ulang, meskipun 80% sampah di laut adalah sampah plastik.

Ini menunjukkan bahwa masalah limbah plastik sangat penting untuk diatasi, dan perlu ada upaya yang dilakukan untuk mengurangi jumlah limbah plastik.

Event Organizer (EO)

Bisnis event organizer kembali menjadi peluang usaha yang menarik dengan diberlakukannya pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Ide bisnis ini cocok bagi kamu yang suka merancang konsep acara, mulai dari pameran, MICE, hingga pesta pernikahan.

Jika kamu belum memiliki pengalaman di bidang ini, lebih baik untuk bergabung terlebih dahulu pada event organizer milik orang lain.

Tujuannya adalah untuk mempelajari secara praktik bagaimana merancang dan mengeksekusi acara. Setelah memiliki pengalaman dan ilmu yang cukup, kamu bisa mulai bisnis event organizer sendiri.

Untuk membantu dalam mengeksekusi proyek yang dijalankan, jangan lupa untuk merekrut tim yang akan membantu. Selain itu, jangan lupa untuk membangun relasi untuk memasarkan jasa event organizer yang kamu tawarkan.

Dropshipper

Dropshipper merupakan model penjualan di mana seseorang menjual produk dari supplier langsung kepada konsumen tanpa harus menyetok barang.

Supplier yang bertanggung jawab untuk mengirimkan barang kepada konsumen dengan atas nama bisnis dropship yang dimiliki oleh dropshipper.

Dropshipper dapat memperoleh keuntungan dengan menaikkan harga produk dari supplier. Bisnis model ini sangat cocok bagi seseorang yang tidak memiliki modal yang cukup untuk menyetok barang, karena hanya perlu mempromosikan produk dari supplier melalui website, media sosial, atau pemasaran lokal secara offline.

Reseller online

Reseller online adalah bisnis yang cocok bagi mereka yang tidak terlalu percaya diri untuk memproduksi barang sendiri. Mereka membeli produk dari supplier untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Ini membedakan reseller dan dropshipper. Sebelum memutuskan untuk menjadi reseller, pastikan untuk jeli dalam memilih supplier produk.

Hal ini penting agar konsumen puas dengan produk yang Anda jual. Menjadi reseller juga memiliki keuntungan tersendiri, yaitu tidak perlu memikirkan biaya sewa toko atau biaya operasional lainnya.

Cukup dengan modal smartphone, Anda sudah bisa menjual produk secara online tanpa harus keluar rumah.

Terarium

Ternyata, terarium merupakan tren baru dalam dunia agrobisnis di Indonesia. Terarium adalah wadah kaca tembus pandang yang diisi media tanam dan digunakan untuk menanam tanaman hias sehingga terlihat seperti taman.

Ada dua model terarium, yaitu terbuka dan tertutup, yang dipilih sesuai dengan jenis tumbuhan yang akan ditanam.

Terarium tertutup cocok untuk tanaman tropis karena kelembaban di dalam wadah akan menyimulasikan habitat asal tanaman. Sementara itu, terarium terbuka cocok untuk tanaman yang tumbuh di iklim kering, seperti kaktus.

Baca Juga:  7 Model Bisnis e Commerce di Indonesia dan Contohnya

Menjalankan bisnis terarium bisa menjadi peluang yang menarik dan menjanjikan di tahun 2023, terutama karena pandemi telah menyebabkan tren berkebun di rumah menjadi hobi bagi beberapa orang.

Selain itu, terarium dapat dikelola di dalam rumah dengan cukup sinar matahari, sehingga cocok bagi konsumen yang tinggal di apartemen dan tidak memiliki ruang yang cukup untuk mengelola tanaman secara konvensional.

Tertarik dengan ide bisnis ini?

Fotografi dan Videografi

Fotografi dan videografi merupakan bisnis yang tidak pernah mati. Di era saat ini, banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk keperluan seperti pembuatan video profil perusahaan, foto katalog, dokumentasi acara, iklan, dan lain sebagainya.

Kemunculan influencer di media sosial juga membantu menjaga relevansi bisnis fotografi dan videografi hingga sekarang. Apabila Anda ingin memulai bisnis ini dari nol, pastikan untuk mempelajari seluk beluk dunia fotografi dan videografi secara mendalam.

Anda juga bisa mengambil kursus di bidang ini baik secara online maupun offline. Selain ilmu di bidang tersebut, ilmu pemasaran juga sangat penting untuk dipelajari.

Salah satu cara terbaik untuk membangun kredibilitas dan memberikan referensi bagi calon klien adalah dengan membuat portofolio fotografi dan videografi.

Konveksi

Jika Anda memiliki keahlian dalam mendesain dan menjahit pakaian, bisnis konveksi mungkin cocok untuk Anda. Untuk menemukan model pakaian yang akan Anda produksi, Anda bisa mencari referensi di internet, seperti Pinterest atau majalah mode, sesuai dengan tren saat ini.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu besar. Cukup dengan mesin jahit, benang, kancing, dan hiasan lainnya, Anda sudah bisa mulai memproduksi pakaian sesuai dengan model yang diinginkan.

Selain pakaian, Anda juga bisa menawarkan produk lain seperti seprai dan gorden, dengan kemampuan menjahit yang Anda miliki.

Bakeri

Bakery merupakan bisnis yang sudah banyak ditemukan. Namun, dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menghasilkan roti yang tidak biasa.

Misalnya, roti ubi ungu kekinian yang berasal dari Korea Selatan. Tampilan roti tersebut mirip dengan ubi ungu biasa, padahal roti tersebut terbuat dari ubi yang diolah dengan cara khusus. Tunggu kreasi bakery unik dari Anda.

Laundry Kiloan

Laundry kiloan merupakan bisnis yang tepat untuk dijalankan di kota-kota besar. Kota-kota besar memiliki mobilitas yang tinggi dan aktivitas yang sibuk, sehingga banyak orang tidak sempat mencuci pakaian sendiri.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis laundry kiloan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini cukup terjangkau, hanya sekitar Rp10 juta.

Biaya jasa laundry bisa ditetapkan sesuai dengan standar laundry kiloan yang sudah ada di lokasi tersebut. Sebagai contoh, apabila Anda membuka bisnis ini di Jakarta, Anda bisa mulai menetapkan tarif laundry Rp8.000 per kg.

 

Leave a Comment